Jumat, Juni 24

CARA TEMUKAN IDE BISNIS DAN CIRI CIRINYA

Cara menemukan ide bisnis dan peluang usaha.Ketika terpikir untuk berwiraswasta, maka pertanyaan pertama yang muncul adalah jenis usaha apa yang harus dibuat? Langkah awal ini sangat penting untuk kelanjutan rencana Anda, yakni menemukan ide bisnis dan atau peluang usaha.

Ide bisnis ada di sekitar kita. Ide bisnis berasal dari analisis yang cermat terhadap tren pasar dan kebutuhan konsumen, meskipun ada juga ide bisnis yang diperoleh secara kebetulan. Jika Anda tertarik untuk memulai suatu usaha, tetapi tidak tahu apa produk atau jasa yang akan Anda jual, maka anda perlu mengeksplorasi cara-cara untuk mendapatkan ide bisnis atau peluang usaha.

ini dia caranya :

1. Pilihlah Produk Yang Di butuhkan Oleh Anda
Maksudnya disini adalah ketika anda memilih peluang usaha penjualan entah itu penjualan barang fisik maupun nonfisik, maka pilihlah barang - barang yang sekiranya andapun membutuhkannya. Anggaplah anda menjual barang semisal barang kecantikan sementara anda seorang pria. Maka ketika barang yang anda jual tidak laku, tidak mungkin anda akan menggunakan semua produk kecantikan tersebut untuk anda. Berbeda dengan ketika anda menjual produk semisal tabung gas, pulsa dan sejenisnya. Kalaupun tidak laku, anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan anda sendiri. Sehingga kerugian anda tidak besar, paling cuma untuk transport dan inipun sebenarnya bisa anda akali.

2. Pilihlah model Dropship
Model Dropship menjadi sangat baik ketika anda tidak memiliki modal untuk membeli atau memproduksi barang. Secara sederhana model dropshipping adalah menjualkan barang orang lain dan tanpa membelinya terlebih dahulu. 

Selain model Dropshipping, ada juga model reseller dimana anda boleh mengambil barang atau produk terlebih dahulu, kemudian pembayaran dilakukan setelah terjadi penjualan. Jadi anda boleh mengambil barang untuk anda jual kemudian anda baru membayarkannya setelah ada produk yang terjual sejumlah barang yang laku. Dengan model reseller seperti ini, maka anda akan terbebas dari kerugian finansial yang besar.


3. Menjual Kebutuhan Bukan Keinginan

Ada dua hal prinsip sebenarnya dalam kehidupan manusia yaitu kebutuhan dan keinginan. Orang sering tertukar mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Jika anda mengerti mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan maka cobalah untuk mencari produk kebutuhan seperti sembako, pendidikan dan sebagainya. Ini akan lebih berpotensi laku daripada produk keinginan seperti fashion, gaya hidup dll. 

Dalam bisnis secara sederhana sebenarnya memberikan hal - hal yang dibutuhkan oleh orang. Maka agar usaha tidak rugi, carilah produk yang sekiranya "di butuhkan" bukan " Di inginkan". 


Selain itu, anda mungkin bisa memilih peluang usaha yang berkaitan dengan jasa, seperti jasa pendidikan, atau jasa lain yang anda sendiri memiliki kemampuan di bidang tersebut. Sekarang banyak bimbingan belajar yang tumbuh dan berkembang serta menguntungkan. Ini adalah contoh dari peluang usaha yang menawarkan jasa dan memang di butuhkan oleh orang - orang khususnya mereka para murid. 


Peluang yang berasal dari sebuah ide usaha yang diperoleh dari inspirasi usaha, harus merupakan peluang yang potensial, sehingga dapat dikategorikan sebagai peluang usaha yang baik.

Ciri-ciri usaha yang potensial adalah sebagai berikut :
a. Usaha itu memiliki nilai jual yang tinggi
b. Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, tetapi sifatnya nyata
c. Usaha itu mempunyai waktu yang bertahan lama di pasar
d. Tidak akan menghabiskan modal yang terlalu besar
e. Tidak bersifat momentum atau bersifat musiman (seasonal)
f. Bisa ditingkatkan skalanya menjadi skala industri


SUMBER :

http://ridhawijaya.heck.in/ciri-ciri-peluang-usaha-yang-baik.xhtml
http://www.tipsmu-tipsku.com/2012/09/cara-menemukan-peluang-usaha.html
https://studentpreneur.co/blog/ini-dia-nicholas-kurniawan-pemenang-wirausaha-muda-mandiri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar