Jumat, Juni 24

kewirausahaan dalam lingkungan

 kewirausahaan dalam lingkungan





Apakah sebetulnya kewirausahaan itu? Ini biasanya didefinisikan sebagai proses di dalam kelompok atau individu yang berupaya mengejar peluang untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui keunikan dan inovasi. Beberapa orang memiliki kesalahan konsep dimana pengusaha adalah penjudi dalam hal resiko dan investasi, dalam industri yang tidak memiliki record sukses. Namun, sebenarnya adalah para pengusaha ini mengambil resiko yang telah di perhitungkan yang akan memberikan pengembalian yang besar.
     Faktor-faktor kunci yang perlu anda ingat dalam kewirausahaan adalah peluang, inovasi, dan pertumbuhan. Seorang pengusaha melihat peluang didalam tren lingkungannya dan merubahnya dimana tidak seorangpun yang menyadarinya dan mengejar peluang ini dengan sumber yang dimilikinya. Yang kedua adalah inovasi yang melibatkan transformasi dan merubah produk atau jasa yang sudah ada untuk memenuhi lingkungan global yang sudah berubah. Ketiga adalah pertumbuhan, mencakup upaya pengusaha yang berkesinambungan untuk memperluas bisnisnya secara lokal dan internasional. Seorang pengusaha melihat secara konstan bagaimana menciptakan pendekatan baru agar bisnisnya berkembang dan sukses.
     Faktor-faktor kunci ini digunakan sebagai dasar usaha. Korporat terbesar yang anda temukan saat ini tidak langsung menjadi besar, tapi mereka memulainya dari usaha kecil. Anda bisa melihat dari sejarah beberapa bisnis yang sukses saat ini dimana para pendirinya mengambil langkah yang besar dengan keyakinan dan resiko besar agar bisa menjadi seperti sekarang ini.
     Jadi disadari atau tidak, pengusahalah yang mengendalikan lingkungan global saat ini. Mereka adalah orang-orang yang selalu mencari peluang dan mengambil resiko untuk memperbaiki dunia dan pada akhirnya mendapatkan keuntungan.
     Lingkungan bisnis dan bahkan kemajuan teknologi saat ini menjadi hal yang tidak mungkin jika para pengusaha ini tidak keluar dari zona nyamannya untuk berinvestasi dalam pengembangan bisnis ini. Seperti yang anda lihat, semangat kewirausahaan sangat diperlukan dalam bisnis untuk mencapai peningkatan dan memberikan produk dan jasa dengan lebih baik dan lebih cepat pada klien. Tidak mengherankan jika pengusaha banyak memperkerjakan individu yang masih muda dan dinamis, yang memiliki visi dan tidak takut mengambil resiko yang telah diperhitungkan untuk memastikan kelangsungan hidup bisnisnya di masa datang.
1.      Kewirausahaan dan Lingkungan Global
     Lingkungan bisnis akan terjadi setiap saat, umumnya berupa gerak perubahan dari salah satu atau gabungan faktor-faktor lingkungan perusahaan, baik dalam skala nasional, regional maupun global. Sebagai dampaknya ada peluang bisnis baru, tetapi tidak menutup kemungkinan akan menjadi ancaman bagi beberapa bisnis yang sudah ada. Sebagai contoh, kasus teknologi SMS dapat mengancam/menghancurkan perusahaan POS.
     Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wirausahawan, baik yang bergerak dalam aktivitas lokal maupun global adalah terjadinya berbagai perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi yang mencakup hal-hal sebagai berikut :
a.       Produk-produk baru yang dilempar ke pasar oleh pesaing,
b.      Perkembangan teknologi komputer dan informasi
c.       Perkembangan teknologi barang substitusi
d.      Berbagai penemuan baru
e.       Adaptasi teknologi yang siap pakai
f.       Strategi perkembangan teknologi nasional
g.      Pengeluaran biaya R&D oleh perusahaan pesaing atau perusahaan-perusahaan di dalam satu industri
h.      Siklus hidup suatu produk (product life cycle)
i.        Terobosan-terobosan yang dapat meningkatkan produktivitas yang lebih baik di bidang input, pengolahan dan pemasaran.
2.      Kewirausahaan sebagai pemicu perekonomian Negara
     Keunggulan wirausaha dalam mendukung perekonomian Negara yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, menciptakan teknologi, produk dan jasa baru, serta menciptakan perubahan dan kompetisi.
     Dalam upaya memicu pertunbuhan ekonomi sekaligus mempengaruhi kehidupan social ekonomi masyarakat, wirausahawan melakukan berbagai kegiatan sebagai berikut :
a.       Menciptakan lapangan pekerjaan.
b.      Meningkatkan kualitas hidup.
c.       Meningkatkan pemerataan pendapatan.
d.      Memanfaatkan dan memobilisasi sumber daya untuk meningkatkan produktivitas nasional.
e.       Meningkatkan penerimaan pemerintah melalui pajak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar