Jumat, Juni 24

Kewirausahaan dan Lingkungan

KISAH SUKSES PENGUSAHA MUSLIM MUDA DI KANADA
Haroon Mirza seorang pemuda berusia 29 tahun yang telah menjadi milioner di Toronto Candan. Mirza dan dua partnernya menjual perusahaannya kepada intel sebuah perusahaan Informasi teknologi terkemuka tahun lalu. Berkat kerja kerasnya dia merasakan manisnya sebuah kesuksesan.Mirza berasal dari keluarga imigran yang datang ke Kanada pada saat ia berumur 13 tahun, bersama keluarganyanya yang berasal dari Pakistan, namun keluarga ini sempat tinggal di Arab Saudi dan Inggris.
“Pada saat hidup keluargamu susah untuk bertahan di Negara orang lain, maka kamu akan lebih termotivasi untuk menjadi sukses” Mirza menjelaskan.
“Pada saat saya muda, saya tidak tahu apa yang saya inginkan dan bagaimana meraih cita-cita, tapi apapun itu, saya memiliki tekad yang kuat untuk meraih apapun cita-cita yang saya ingin capai dengan sekuat tenaga” tuturnya. Dia juga berkata bahwa imigran biasanya sudah memiliki karakter sebagai seorang wirausaha sukses yang sudah melekat pada diri mereka. Hal ini dikarenakan mereka telah memiliki keberanian pada saat mereka pindah ke Negara lain dan mereka juga memiliki harapan yang besar untuk mewujudkan cita-cita baru mereka.
“Pada umumnya, bukanlah orang biasa yang tinggal di Negara asal yang pindah ke luar negeri, tapi justru orang-orang yang terbaiklah yang biasanya pindah ke luar negeri” Dia mengatakan. “Karakter seseorang yang berani untuk pindah ke tempat baru dan mengambil resiko yang kemungkinan menyebabkan mereka sukses di bisnis

Dari hasil kisah sukses diatas maka bisa kita ambil kesimpulan yaitu :
1. Seseorang yang ingin sukses dalam dunia karirnya harus melakukan suatu mobilitas. Seperti yang dilakukan Mirza, ia sudah melakukan mobilitas dari Pakistan ke Kanada.Karena ada dorongan dari keluarga yang hidup susah di negara orang lain, maka Mirza menemukan gagasan untuk memulai karirnya bersama dengan temannya yang sekarang mereka hidup sukses.
2. Banyaknya para investor yang berdatangan dari satu perusahaan yang bebas menaruh saham usahanya dimana saja.Contohnya : Mirza dan temannya bertemu dengan Suresh Mada, wakil presiden eksekutif dan manager portofolio di perusahaan Exclibur Manajemen, dimana ia biasa mengatur portofolio untuk perusahaan-perusahaan baru yang mengajak mereka bekerjasama.
3. Teknologi informasi yang memungkinkan transaksi dimana saja. Contohnya Mirza menguasai elektronik mengenai iklan
4. Swastanisasi yakni perusahaan yang dijalani tidak dijalani berdasarkan naungan dari pemerintah tetapi usaha sendiri yang sukses mampu dijadikan suatu perekonomian suatu negara.

Selain komponen kewirausahaan berdasarkan lingkungan global seperti diatas, ada beberpa kunci kesuksesan seorang wirausahawan saat membuka usahanya agar sukses dengan lingkungan disekitarnya, seperti :
1. Adanya kebersamaan yakni keselarasan hubungan dan komunikasi yang baik antara pihak pengusaha dengan pihak internal dan eksternal organisasi dengan prinsip saling menguntungkan.
2. Adanya kebersamaan dan etika bisnis yakni kebersamaan secara total maka kegiatan usaha akan mendapatkna dukungan dan keterlibatan berbagai pihak yang terkait, yang pada akhirnya mempermudah target usaha. 
4. Adanya tanggung jawab sosial kewirausahan.



Daftar isi:

1. Pengusaha Sukses, 2013 Cerita Sukses Pengusaha Muslim Muda di Kanada, http://pengusahamuslim.com/3573-cerita-sukses-pengusaha-muslim-muda-1821.html

2. Riasang Jamin, 2013 Kewirausahaan dan Lingkungan, https://riasangjamin.wordpress.com/2013/01/14/kewirausahaan-dan-lingkungan/

3. Suharyadi,dkk. 2007. Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta : Salemba Empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.