Kamis, Juni 9

Kewirausahaan & Lingkungan Ciri Wirausaha



Seseorang dikatakan wirausaha sudah tentu memenuhi definisi wirausaha itu sendiri, untuk lebih jelasnya silahkan dibaca  ciri ciri wirausaha dibawah ini:
1. Memiliki keberanian mempunyai daya kreasi
Seorang wirausaha haruslah memiliki keberanian dalam memiliki daya kreasi atau tidak takut untuk bermimpi dan merencanakan. Segala ketakutan akan sia sia dalam bermimpi dan berencana haruslah dihilangkan. Setidaknya harus diingat STOP (Stop "berhenti, Think "berpikir", Observation "Observasi" dan Plan "rencana") apabila terjadi hal hal yang membuat ide tersebut tertunda atau mandek.
2. Berani mengambil risiko
Seseorang dikatakan wirausaha apabila memiliki sifat berani mengambil risiko, hal ini tentu saja harus sejalan dengan perencanaan yang sebelumnya telah dilakukan serta pengamatan yang dilakukannya terhadap ide yang dimilikinya.
3. Memiliki semangat dan kemauan keras
Seorang dapat dikatakan wirausaha selain berani mengambil risiko haruslah memiliki semangat dan kemauan yang keras untuk sukses
4. Memiliki analisis yang tepat
Seseorang dapat dikatakan wirausaha apabila memiliki pengetahuan yang tepat untuk membuat analisis yang tepat, diusahakan mendekati 100 % benar
5. Tidak konsumtif
Ini adalah penyakit untuk masa sekarang. Seorang wirausaha haruslah tidak konsumtif atau setidaknya, konsumsinya jauh lebih sedikit dari penghasilannya
6. Memiliki jiwa pemimpin
Jiwa pemimpin harus dimiliki seorang wirausaha. Dengan ini, mereka mampu mengembangkan usaha mereka menjadi lebih maju.
7. Berorientasi pada masa depan
Sudah jelas, bila anda seorang wirausaha yang inovatif dan kreatif dan memiliki ciri ciri wirausaha yang lain maka anda akan memiliki kemampuan ini
Faktor -faktor kunci yang perlu Anda ingat dalam kewirausahaan adalah peluang, inovasi, dan pertumbuhan. Seorang pengusaha melihat peluang didalam tren lingkungannya dan merubahnya dimana tidak seorangpun yang menyadarinya dan mengejar peluang ini dengan sumber yang dimilikinya. Yang kedua adalah inovasi yang melibatkan transformasi dan merubah produk atau jasa yang sudah ada untuk memenuhi lingkungan global yang sudah berubah. Ketiga adalah pertumbuhan ; mencakup upaya pengusaha yang berkesinambungan untuk memperluas bisnisnya secara lokal dan internasional. Seorang pengusaha melihat secara konstan bagaimana menciptakan pendekatan baru agar bisnisnya berkembang dan sukses.

Faktor-faktor kunci ini digunakan sebagai dasar usaha. Korporat terbesar yang Anda temukan saat ini tidak langsung menjadi besar, tapi mereka memulainya dari usaha kecil. Anda bisa melihat dari sejarah beberapa bisnis yang sukses saat ini dimana para pendirinya mengambil langkah yang besar dengan keyakinan dan resiko besar agar bisa menjadi seperti sekarang ini.

Jadi disadari atau tidak, pengusahalah yang mengendalikan lingkungan global saat ini. Mereka adalah orang-orang yang selalu mencari peluang dan mengambil resiko untuk memperbaiki dunia dan pada akhirnya mendapatkan keuntungan. Perkembangan teknologi juga mengubah cara perusahaan dalam melakukan promosi dan memasarkan produk mereka kepada masyrakat. Jika dulu promosi hanya dilakukan melalui media cetak dan elektronik, kini dilakukan dengan memanfaatkan internet dengan dengan cara yang lebih efektif.

Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar