Minggu, Juni 19

Kewirausahan dan Lingkungan Global


Kewirausahan dan Lingkungan Global
oleh Prinabella Mutiara Danti

        Perubahan lingkungan bisnis akan terjadi setiap saat, umumnya berupa gerak perubahan dari salah satu atau gabungan faktor-faktor lingkungan di luar perusahaan,  baik pada skala nasional,regional,maupun global.
 Kegiatan operasional perusahaan,baik domestik maupun swasta asing di indonesia tidak dapat melepaskan diri dari kondisi dan perkembangan perekonomian global.

Kewirausahaan sebagai Pemicu Perekonomian Negara

   Keunggulan wirausaha dalam mendukung perekonomian  negara yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi,meningkatkan produktivitas,menciptakan teknologi,produk dan jasa baru,serta menciptakan perubahan dan kompetisi.
Permasalahan yang terjadi dalam menumkembangkan, yaitu : pembinaan UKM dan bagi-bagi modal belas kasihan, pribumisasi usahawan yang gagal,usaha-usaha kecil umumnya gagal menjadi usaha besar.

   Kebersamaan, Etika, dan Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan
Kebersamaan merupakan keselarasan hubungan dan komunikasi yang baik antara pihak pengusaha dengan pihak internal dan eksternal organisasi dengan prinsip saling mengutamakan.

Etika berkenaan dengan tindakan benar dan salah atau berkenaan dengan kewajiban moral seseorang pada masyarakat. Etika merupakan cara menyampaikan ungkapan-ungkapan yang menyangkut perilaku,perbuatan,dan sikap manusia terhadap peristiwa-peristiwa yang dianggap penting dalam hidupnya.


Tanggung jawab Sosial merupakan kewajiban perusahaan untuk merumuskan kebijakan, mengambil keputusan,dan melaksanakan tindakan yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar