Jumat, Juni 17

Kiat Mengelola Keuangan Usaha

Ketika kita telah memiliki sebuah usaha, sering kal kebiasaan buruknya adalah mencampur keuangan pribadi dengan perusahaan atau usaha, ini yang seringkali menyebabkan keuangan perusahaan yang buruk. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan agar keuangan perusahaan tetap berjalan dengan baik sehingga perusahaan dapat berjalan dengan lancar bahkan berkembang. Berikut ini kiat-kiat mengelola keuangan yang bisa kita terapkan:


  1. Memisahkan keuangan pribadi dan perusahaan, seberapa kecil pun usaha yang kita miliki tetaplah diperlukan pemisahan keuangan antara pribadi dan perusahaan. Ini dilakukan agar keuangan belanja pribadi tidak menggerogoti kantong perusahaan kita. Jika perlu, dibuatkan dua tabungan yang berbeda untuk kedunya.  Diperlukan komitmen serta disiplin keuangan terhadap hal ini.
  2. Rencana Penggunaan Uang (RPU), Lucy Wiryono, pemilik restoran steak Holycow, pernah memberikan satu tips penting dalam menjalan keuangan usaha, yaitu tidak menggunakan keuangan perusahaan yang didapatkan untuk belanja banyak, sering kali kita terbuai dengan pendapatan yang banyak dan membelajakannya, tetapi sebaiknya hasil tersebut disimpan terlebih dahulu untuk mengembangkan perusahaan ke depannya. menahan pengeluaran ini bisa saja disebut investasi untuk benefit yang lebih baik di masa mendatang.
  3.  Buat buku pencatatan keuangan, selain merencakan keuangan hal penting lainnya adalah memiliki catatan keuangan yang lengkap dan detil, seperti pengeluaran dan pemasukan, hutang-piutang, transaksi, dsb. Ini dilakukan untuk menghindari kesalahan penghitungan yang bisa menyebabkan rugi, serta analisis untuk ke depannya, juga sebagai pengingat.
  4. Hitung keuntungan dengan benar. Menghitung keuangan yang benar sama pentingnya dengan menghasilkan keuntungan itu sendiri, dengan penghitungan yang benar, ini akan membantu kita untuk menyisihkan pengeluaran-pengeluaran di masa mendatang, atau dengan kata lain menelaah rencana keuangan perusahaan.
  5. Kurangi resiko berhutang, kita perlu benar-benar dengan tepat menghitung dan mengelola pendapatan atau modal sehingga mengurangi kemungkinan-kemungkinan hutang yang dapat beresiko tinggi terhadap usaha yang kita miliki.
http://sekolahumarusman.com/7-tips-rahasia-sukses-mengelola-keuangan-untuk-ukm/
https://lucywiryono.com/category/wirausaha/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar