Jumat, Juni 24

Kisah Pembisnis Muda Yang Sangat Inspiratif

1. Theresia Deka Putri





    Sebuah bisnis yang sebenarnya sudah banyak orang atau pihak yang melakukannya, yaitu menjual kopi.
Bisnis tersebut dijalankan oleh wanita muda yang bernama Theresia Deka Putri. Wanita yang akrab dipanggil Putri ini pada mulanya tidak menyangka jika ide kreatifnya bisa dijadikan bisnis dengan pendapatan yang menggiurkan. Pasalnya, Putri hanya coba-coba dengan melakukan eksperimen kecil terkait produksi kopi Luwak. Jenis kopi yang dianggap terbaik di seluruh Indonesia hingga harganya melambung tinggi dan bersifat eksklusif. Putri menjual kopi Luwak Lanang. Kisah sukses dirinya dimulai dari rasa penasaran terhadap kepopuleran dari kopi Luwak hingga ke mancanegara. Namun demikian, Putri tidak ingin meniru bisnis penjualan kopi Luwak yang sama seperti orang lain. Dia ingin menjual kopi Luwak dengan jenis sama tetapi produksi yang berbeda. Pasalnya, kopi Luwak yang dihasilkannya hanya didapat dari jenis jantan saja.


     Memang benar, Putri memproduksi kopi dari binatang Luwak jantan saja. Dia tidak memakai Luwak betina. Hal itu dikarenakan sistem metabolisme pada Luwak jantan lebih cepat terjadi. Selain itu, Luwak jantan juga beresiko kecil terkena penyakit, dibanding Luwak betina. Bahkan, biji kopi yang nanti dimakan Luwak dipilih dengan kualitas terbaik. Perpaduan dari biji kopi pilihan dengan cara berproduksi dari Luwak jantan menghasilkan kualitas istimewa dari kopi Luwak Lanang.Dengan ide kreatif dan daya inovasi tinggi, Putri dapat membuktikan dirinya mampu menjalankan dan mengelola sebuah bisnis yang menguntungkan. Keuntungan yang didapatkan puluhan hingga ratusan juta per bulan karena sudah diekspor ke mancanegara.Sekarang, Putri tinggal menikmati kesuksesannya saja. Keberhasilan Putri berbisnis kopi Luwak Lanang sangat pantas untuk dijadikan kisah sukses.


2. Nicholas Kurniawan



     Yang kedua, kisah sukses dari Nicholas kurniawan. Turning point hidup Nicho terjadi saat ia berusia 17 tahun, ketika duduk di kelas 2 SMA Kolese Kanisius. Seorang teman memberi Nicho sepaket ikan Garra Rufa yang biasa bermanfaat untuk terapi. Karena merasa tidak membutuhkan ikan tersebut, Nicho mencoba menjualnya di Forum Jual-Beli Kaskus. Saat itu ia belum familiar dengan kegiatan jual-beli online. Tanpa disangka, dalam waktu singkat banyak yang berminat membeli. Kejadian itulah yang bagi Nicho bagaikan “musim semi setelah musim dingin yang panjang”. Nicho pun mempelajari seluk-beluk ikan Garra Rufa, dan mulai menghasilkan 2-3 juta rupiah setiap bulan, sebelum kemudian mulai menjual berbagai jenis ikan hias.

     Dalam menjalankan sebuah bisnis, ia menekankan bahwa ia selalu memgang nilai perseverance atau kegigihan. Tanpa itu, rasanya sangat sulit untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis. Dalam perjalanan sebuah bisnis, pasti ada kalanya musibah datang. Ia sendiri pernah bercerita bahwa pernah ditipu oleh rekannya sendiri senilai 30 juta pada saat mengembangkan bisnisnya. Namun dengan kegigihan yang ia miliki, ia mampu bangkit dan bahkan kini memiliki aset yang lebih besar.

3. Hamzah Izzulhaq


     Hamzah Izzulhaq masih berusia 20 tahun. Tapi ia telah menjadi salah satu pengusaha muda yang cukup sukses.Yang tidak kalah mencengangkan adalah dari pemuda berusia 19 tahun bernama Hamzah Izzulhaq yang telah sukses berbisnis bimbel dan furniture. Hamzah yang terbilang masih sangat muda ini telah merasakan sepahit-pahitnya proses menjadi pengusaha sukses. Gagal dan kekecewaan telah diicipnya, namun semua itu tidak menyurutkan semangatnya hingga seperti sekarang ini. Setelah sukses dengan bisnis bimbel, Hamzah Izzulhaq melirik bisnis sofabed. Bisnis itu pun cukup sukses dijalankannya dengan mengantongi omset 160 juta per bulan.Gagal itu hal yang biasa. Kita tidak akan tau akan berhasil atau tidak jika tidak pernah mencoba. Banyaklah mencoba, apalagi di usia muda dimana kita masih belum begitu banyak beban hidup. Gagal itu hal yang biasa. Kita tidak akan tau akan berhasil atau tidak jika tidak pernah mencoba. Banyaklah mencoba, apalagi di usia muda dimana kita masih belum begitu banyak beban hidup.

     Demikian bebrapa kisah sukses dan kiat menjadi pengusaha sukses diusia muda. Berdasarkan penjelasan diatas saya menyimpulkan bahwa agar kita dapat menjadi pengusaha yang sukse, kita harus dapat melihat peluang usaha yang ada dan juga mau untuk bekerja keras tanpa pantang menyerah sehingga semua usaha yang dijalani dapat dilakukan dengan sepenuh hati tanpa adanya paksaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.