Kamis, Juni 2

KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN




1.       PENGERTIAN KERWIRAUSAHAAN
Kewirausahaan yaitu kemampuan mengubah sesuatu menjadi lebih  baik atau menciptakan sesuatu yang benar benar baru, atau berjiwa kreatif dan inovatif. Jadi pengusaha atau wirausahaan (entrepreneur) adalah seseorang yang menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang dihadapakan dengan dengan resiko dan ketidak pastian untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan KEUNTUNGAN MENJADI WIRAUSAHAWAN Wirausaha adalah sebuah permainan dimana kita harus tahu betul aturan main, lalu menjalankan usaha secara cerdik ,dan akhirnya menikmati keuntungan. Oleh karena itu keuntungan menjadi wirausahawan adalah mempunyai keuntungan dalam mengatur waktu sehingga tidak bergantung pada ketentuan jam kerja kantor , dapat mengatur kondisi usaha sendiri,menentukan aturanmain dalam usaha sendiri dengan sangat hati hati dan sesuia dengan karakter diri dan pekerjaan, serta mengalami masa masa berhasil dan gagal
A.      Waktu Untuk Keluarga Lebih Banyak
Menjadi wirausaha, Anda akan memiliki waktu yang fleksibel. Berbeda dengan jam kantor yang sudah menetapkan standar  jam kerja setiap harinya. Anda juga tak perlu repot-repot lembur di kantor. Tentu saja ini akan menguntungkan Anda dan keluarga. Waktu untuk berkumpul bersama menjadi lebih  banyak, dan lebih mudah mengawasi anak-anak setiap hari.
B.      Membuka Kesempatan Kerja
Apabila bisnis yang dijalani mulai berkembang, Anda bisa membuka kesempatan kerja bagi siapa saja. Selain dapat membantu menjalani usaha yang diterapkan, ini dapat menciptakan peluang karir untuk orang lain.
C.      Memiliki Pendapatan Sendiri
Membuka usaha tentunya bisa membantu Anda memiliki  pendapatan sendiri. Dengan begitu, Anda juga bisa membantu suami untuk memenuhi pengeluaran keluarga dan menambah tabungan masa depan bersama-sama. Laba yang didapat malah  bisa lebih besar dari gaji karyawan kantoran yang sudah ditentukan
D.      Relasi Semakin Luas
Menjadi wirausaha memberikan peluang untuk Anda bertemu dengan orang banyak. Ini juga bisa membantu Anda untuk menambah relasi. Semakin banyak network yang didapatkan  justru bisa membuat usaha yang dijalankan semakin sukses.



E.       Wawasan Bertambah
Tak hanya relasi saja yang bertambah, wawasan Anda juga akan berkembang. Misalnya wawasan seputar perkembangan ekonomi dan sosial, atau wawasan yang berhubungan dengan  bisnis. Hal tersebut juga bisa Anda dapatkan dari orang-orang atau relasi yang ditemui.
F.       Hobi Tersalurkan
Umumnya para wanita yang berwirausaha berawal dari hobi. Misalnya memiliki hobi menari, hobi memasak, atau bahkan hobi menjahit. Selain hobi tersalurkan, usaha yang dijalankan  pun terasa lebih ringan. Dari hobi Anda bisa mendapatkan  penghasilan.
2.       CIRI DAN SIKAP WIRAUSAWAN 1. Percaya Diri
·         Seorang pengusaha harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi
·         Berorientasi pada Tugas dan Hasil
·         Seorang wirausahawan harus fokus pada tugas dan hasil
·         Berani Mengambil Risiko
Setiap proses bisnis harus memiliki risikonya masing-masing, dan apabila anda ingin memperoleh keuntungan, maka anda harus mau mengeluarkan  biaya sekecil apapun biaya itu
·         Kepemimpinan
Wirausahawan yang berhasil, ditentukan pula oleh kemampuan dalam memimpin atau yang kita sering sebut dengan kepemimipinan.
·         Keorisinilan
Nilai keorisinilan dari semua yang dihasilkan oleh wirausahawan akan sangat menentukan keberhasilan mereka dalam mencapai keunggulan bersaing.

SUMBER: http://www.academia.edu/6695158/KONSEP_DASAR_KEWIRAUSAHAAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar