Kamis, Juni 2

Mengelola Keuangan Usaha


JENIS-JENIS MODAL USAHA 


Modal merupakan sejumlah dana yang menjadi dasar untuk mendirikan suatu perusahaan, perusahaan menggunakan dana ini untuk membelanjai aktivitas perusahaan dalam menghasilkan produk barang dan jasa.
Pada prinsipnya, dalam menjalankan usaha terdapat tiga jenis modal yang diperlukan, yaitu modal investasi awal, modal kerja, dan modal operasional.
a. Modal Investasi Awal
   Modal yang diperlukan di awal usaha, biasanya dipakai untuk jangka panjang. Contoh dari modal ini adalah bangunan, peralatan seperti computer, kendaraan, perabotan kantor dan barang-barang lain yang digunakan untuk jangka panjang. Biasanya modal ini nilainya cukup besar karena dipakai untuk jangka panjang. Tetapi nilai dari modal investasi awal ini akan meyusut dari tahun ke tahun bahkan bisa dari bulan ke bulan. 

b.Modal Kerja
   Modal kerja adalah modal yang harus kiota keluarkan untuk membeli atau membuat barang dan jasa yang kita hasilkan. Modal kerja bisa dikeluarkan setiap bulan, atau setiap datang permintaan.
Penggunaan Modal Kerja

       Penggunaan modal kerja akan mengakibatkan perubahan bentuk maupun penurunan jumlah aktiva lancar yang dimiliki oleh perusahaan, tetapi penggunaan aktiva lancar tidak selalu diikuti dengan berubahnya atau turunnya jumlah modal kerja yang dimiliki oleh perusahaan.
Penggunaan yang mengakibatkan turunnya modal kerja adalah sebagai berikut :
1. Pembayaran biaya atau ongkos-ongkos operasi perusahaan.

2. Kerugian-kerugian yang diderita oleh perusahaan

3. Adanya pembentukan dana atau pemisahan aktiva lancar untuk tujuan tertentu dalam jangka panjang.

4. Adanya penambahan atau pembelian aktiva tetap, investasi jangka panjang atau aktiva lancar lainnya yang mengakibatkan berkurangnya aktiva lancar atau timbulnya hutang lancar yang berakibat berkurangnya modal kerja.

5. Pembayaran hutang-hutang jangka panjang yang meliputi hutang hipotik, hutang obligasi maupun bentuk hutang lainnya, serta penarikan atau pembelian kembali saham perusahaan yang beredar, atau adanya penurunan hutang jangka panjang diimbangi dengan berkurangnya aktiva lancar.

6. Pengambilan uang atau barang dagangan oleh pemilik perusahaan untuk kepentingan pribadinya. Dengan kata lain adanya penurunan sektor modal yang diimbangi dengan berkurangnya aktiva lancar atau bertambahnya hutang lancar dalam jumlah yang sama.

c. Modal Operasional
   modal operasional adalah modal yang harus kita keluarkan untuk membayar biaya operasional bulanan dari usaha kita. Contohnya, biaya untuk pembayaran gaji pegawai, telepon bulanan, listrik, air, bahkan retribusi.



Daftar Pustaka
1. Suharyadi,dkk. 2007. Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta : Salemba Empat

2. Wizi. 2012. Modal Kerja. http://wizii.blogspot.co.id/2012/03/modal-kerja.html

3. Febrian Anugrah. 2013. Pengertian Modal. http://www.kompasiana.com/anugrah_febrian/pengertian-modal_5529bce1f17e61c01fd623ac

4. http://top-studies.blogspot.co.id/2014/11/jenis-jenis-modal-usaha.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar