Jumat, Juni 3

Merancang Strategi Pemasaran

     
Bagaimana atau apa saja yang termasuk bagian dari strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan untuk terus mempertahankan upaya marketing kreatif Anda? berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi Anda yang mempunyai bidang usaha yang relatif masih kecil.
1.      Promosi
     Promosi merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk bisnis kepada konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tau menjadi tau. Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha bisnis yang masih kecil, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini. Lakukan upaya promosi kapan saja dan dimana saja. Dengan cara-cara kreatif tentunya upaya promosi yang Anda lakukan secara terus menerus tak akan membuat orang lain jengah.
2.      Kreativitas cara marketing
     Kreativitas cara marketing menyangkut upaya dan strategi pemasaran agar lebih terkesan unik, beda dan menemukan cara-cara baru untuk mengupayakan kegiatan marketing agar bisa berjalan dengan maksimal. Ada banyak cara kreatif yang dilakukan orang saat ini, diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet yang mendunia untuk memasarkan produk usaha.
     Internet marketing merupakan strategi yang terbukti mampu meningkatkan upaya penjualan secara lebih maksimal. Dengan memanfaatkan internet, Anda juga bisa melakukan kreativitas bentuk-bentuk marketing. Misalnya untuk mereka para pengusaha buku, biasanya memanfaatkan situs jejaring sosial untuk menjual buku-buku mereka dengan cara-cara yang unik seperti mengadakan perlombaan, memasang berbagai foto bergaya bersama buku dan sebagainya. Kreativitas dalam strategi pemasaran sangat dibutuhkan.
3.      Konsistensi
     Dengan adanya konsistensi terhadap semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
4.      Anggaran
     Menghitung anggaran marketing merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari anggaran yang dibuat, dapat dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya usaha kecil membuat anggaran dengan tidak terlalu akurat, sehingga terjadi pemborosan.
5.      Branding
     Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha kecil selalu melupakan kebutuhan brand atau pengenalan gambar, logo, bahkan produk yang usaha kecil hasilkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.