Jumat, Juni 10

Merancang Strategi Pemasaran

Hasil gambar untuk merancang strategi pemasaranPemasaran tidak hanya mengenai penjualan, iklan, atau promosi saja. Pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa yang tepat, dengan harga, waktu, dan lokasi yang tepat. Pemasaran bertitik tolak pada kebutuhan dan keinginan pembeli, upaya pemasaran ditujukan untuk memberikan kepuasan sehingga pembeli melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan produk ke orang lain. Proses pemasaran terdiri atas : pengenalan pasar, strategi pemasaran, bauran pemasaran, dan evaluasi pemasaran.

Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik, dan sifat sebuah pasar, adapun teknik melakukan pengenalan pasar :
·         Hal terpenting dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa pembeli dan apa yang mereka butuhkan.
·         Semua barang atau jasa memiliki siklus hidupnya masing-masing, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kematangan, dan tahap penurunan.
·         Analisis SWOT dapat dilakukan untuk mengetahui posisi usaha yang dijalankan dan posisi usaha pesaing.
Menentukan Strategi Pemasaran :             
·         Strategi menembus pasar untuk menjangkau sasaran pembeli yang belum tercapai.
·         Strategi pengembangan produk mencakup perubahan barang atau jasa dengan tetap menggunakan cara produksi yang lama.
·         Strategi diversifikasi dilakukan dengan cara mengembangkan produk baru yang berkaitan dengan produk lama.
·         Stretegi biaya murah didasarkan pada biaya input yang rendah.
·         Strategi fokus pada pasar dilakukan dengan memberikan pelayanan khusus kepada pembeli yang dapat membedakan dengan pelayanan yang diberikan para pesaing.
·         Strategi diferensial berkonsentrasi pada penciptaan barang dan jasa baru yang sangat berbeda.

Menentukan Alat pemasaran yaitu bauran pemasaran ditambah distribusi, pelayanan, dan kekuasaan, bauran pemasaran yang dimaksud bukan hanya sekedar yang kita kenal dengan 4P yaitu product, price, place, dan promotion. Namun ditambah dengan distribusi, pelayanan, dan kekuasaan.

Sumber :
Suryahadi,2008. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat
http://bogellkoplak.blogspot.co.id/2013/01/merancang-strategi-pemasaran.html

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.