Jumat, Juni 17

Pengaruh Lingkungan Terhadap Usaha



Perubahan lingkungan bisnis akan terjadi setiap saat, umumnya berupa gerak perubahan dari salah satu atau gabungan factor-faktor lingkungan diluar perusahaan, baik pada skala nasional, regional maupun  global. Kegiatan operasional perusahaan di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari kondisi dan perkembangan perekonomian global.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wirausahawan Indonesia, baik yang bergerak dalam aktivitas local maupun global, adalah terjadinya berbagai perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi yang mencakup hal-hal sebagai berikut:
1.            Produk-produk baru yang dilempar ke pasar oleh pesaing.
2.            Perkembangan teknologi da informasi.
3.            Perkembangan teknologi barang substitusi.

Lingkungan ini sangat dahsyat pengaruhnya bagi seorang enterprenur , dan sering terlewatkan oleh para pakar wirausaha atau para motivator2 yang memotivasi para usahawan baru dalam memulai usaha atau mengembangkan usaha selain faktor2 lainya . Karena darisinilah api semangat kewirausahaan ini berasal dalam menghadapi tantangan2 berat lainnya dimasa depan , atau bahkan dari sinilah awal dari sumber permasalahan dimasa depan.Sebagaimana halnya tanaman kalau kita salah tanam ditempat atau lingkungan yang kurang tepat maka hasilnya pun kurang memuaskan.
Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh wirausahawan adalah perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknoogi yang mencakup hal-hal sebagai berikut:
1.      Produk-produk baru yang didistribusikan ke pasar oleh pesaing
2.      Perkembangan teknologi komputer dan informasi
3.      Perkembangan teknologi barang subtitusi: daging ayam sebagaai ganti daging sapi(contoh sederhana)
4.      Berbagai penemuan baru

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar