Jumat, Juni 24

Perencanaan Awal Usaha Kecil

Pada kesempatan menulis artikel pada hari ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara merencakan sebuah usaha kecil.Tidak ada tujuan yang pasti untuk strategi pertumbuhan usaha kecil. Setiap bisnis merumuskan tujuan tersendiri yang memiliki potensi untuk bekerja untuk bisnis tertentu. Tidak peduli tujuan mana yang Anda pilih, komponen penting dari rencana strategi tetap sama. Komponen-komponen ini meliputi:
·        Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis menjelaskan seluruh ide mengapa bisnis itu ada. Hal ini juga kadang-kadang disebut ‘misi bisnis. “Tidak perlu harus rumit dan hanya harus fokus pada tujuan akhir dari bisnis Anda.
·        Tujuan Organisasi
Tujuan organisasi adalah tujuan akhir di mana semua upaya organisasi ditargetkan. Ini adalah tujuan yang membantu Anda untuk mencapai misi bisnis. Tetapkan tujuan yang praktis dicapai dalam jangka waktu yang ditetapkan.
·        Strategi Perencanaan untuk Setiap Tujuan
Strategi adalah pendekatan dimana Anda akan cenderung untuk mengadopsi, untuk mencapai setiap tujuan. Ada kemungkinan bahwa strategi tertentu mungkin tidak bekerja untuk tujuan tertentu pada suatu titik waktu tertentu, maka membuat ketentuan untuk checkpoint, yang akan memungkinkan Anda untuk memastikan apakah strategi tersebut berhasil atau tidak. Menyusun alternatif rencana cadangan untuk setiap strategi, dalam kasus ini justru mendatangkan kerugian.
·        Rencana Aksi
Ini adalah kegiatan yang sebenarnya yang akan dilaksanakan sesuai rencana strategi. Rencana aksi adalah serangkaian semua kegiatan yang pada akhirnya berfokus pada mencapai titik tujuan. Jika beberapa departemen yang terlibat dan masing-masing departemen telah menetapkan sendiri tujuan, maka penting bahwa rencana aksi untuk semua departemen bekerja sinkron dengan satu sama lain.
·        Pelaksanaan Monitoring Rencana Strategi
Kebanyakan bisnis menyusun rencana strategi cerdas, tetapi gagal untuk memantau efektivitas. Seluruh tujuan dari perencanaan strategis akan kalah jika Anda tidak dapat menginvestasikan waktu untuk memantau pelaksanaannya. Dengan memantau pelaksanaan rencana strategis secara berkala dan merevisinya, jika perlu.

Meskipun perencanaan strategis bisnis bukan merupakan esensi bisnis, pasti merupakan bagian integral dari itu dan dapat membawa Anda jauh dalam bisnis Anda ketika digabungkan dengan taktik cerdas. Mengutip apa yang dikatakan Sun Tzu “Strategi tanpa taktik adalah rute paling lambat menuju kemenangan. Taktik tanpa strategi adalah suara sebelum kekalahan.”

oleh: Andhiyah Tsabitah (dhiyahT) - Psikologi Mercu Buana 2015

1 komentar: