Kamis, Juni 16

PERENCANAAN DAN OPERASIONALISASI USAHA

Perencanaan Usaha
Perencanaan yang detail juga akan membuat kita lebih siap dalam menghadapi resiko. Kerena segala sisi dari usaha telah diperhitungkan dengan baik. Perencanaan yang baik akan mendorong rasa percaya diri yang tinggu dan rasa optimis untuk sukses dari usaha yang kelolanya.
Perencanaan yang baik untuk sebuah usaha baru perlu dirumuskan, dan untuk itu berpikir dengan SMART, yang dapat diuraikan sebagai berikut :

1.       Specific, mengandung arti bahwa perencanaan yang dibuat tidak akan bermakna ganda, sehingga pencapaian tujuan akan lebih terarah karena dalam perencanaan tersebut lebih terfokus dan sangat jelas mengenai apa yang diinginkan.
2.       Measurable, perencanaan yang dibuat harus dapat terukur, sehingga kita akan tahu kapan perencanaan tersebut telah tercapai.
3.       Achievable, bahwa perencanaan yang telah dibuat tersebut harus dapat dicapai, jangan terlalu jauh memikirkan hal-hal yang besar, kita harus memecahnya menjadi lebih kecil.
4.       Reasonable, dimana perencanaan yang baik perlu memenuhi persyaratan factual dan realistis.
5.       Timely, setiap perencanaan yang telah dibuat dalam pencapaian tujuan usaha,     harus dapat dilacak untuk mengetahui setiap kemajuan.
Penentuan Lokasi dan Fasilitas Pendukung (layout)
Lokasi sangat menentukan keberhasilan suatu usaha, tanpa pertimbangan dengan baik dalam menetukan lokasi, maka akan berakibat pada sepinya pengunjung atau tidak dapatnya perusahaan melakukan perluasan. Untuk memilih lokasi perlu dipertimbangkan sesuai keperluannya, yaitu antara lain :

1.    Lokasi kantor, yaitu diperuntukan sebagai tempat pengendalaian kegiatan operasional unit dibawahnya
2.    Lokasi pabrik, yaitu lokasi yang digunakan untuk melakukan proses produksi barang atau jasa.
3.    Lokasi Gudang, merupakan tempat penyimpangan barang milik perusahaan baik barang yang masuk maupun barang yang keluar.
4.    Lokasi Cabang, yaitu lokasi kegiatan usaha perusahaan dalam melayani konsumen langsung pada wilayah-wilayah tertentu.

Pengorganisasian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia
Yang menjalankan usaha adalah manusia, semua factor produksi berupa tanah, mesin, dan bangunan tidak akan berarti tanpa adanya manusia. Organisasi diperlukan untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi menggambarkan kerja sama dalam mencapai tujuan yang efisien.


Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta  (Universitas Mercu Buana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar