Jumat, Juni 3

STRATEGI PEMASARAN


Pengertian Pemasaran Menurut American Marketing Association:
Pemasaran adalah proses perencanaan dan melaksanakan konsep, promosi, harga serta distribusi beberapa ide, barang atau jasa guna menghasilkan pertukaran yang bisa memuaskan tujiuan individu dan organisasi.
Ada beberapa proses pemasaran sebagai berikut :
a. Pengenalan Pasar yaitu pemasar mengetahui potensi pembeli dan mengetahui akan kebutuhannya.

b. Strategi Pemasaran yaitu kelanjutan dari pengenalan pasar yang menyangkut strategi yang akan         digunakan dalam memasarkan barang atau jasa agar dapat diterima oleh pasar.
      Strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
     1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
     2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
     3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
     4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.

c. Bauran Pemasaran yaitu alat yang akan digunakan dalam menjalankan strategi yang telah dipilih        (baik produk, harga ,lokasi atau tempat, maupun promosi).
   berikut ada beberapa contoh kajian kasus :
         Promosi Penjualan Yang Dilakukan PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) Untuk              Bersaing Dengan Para Pesaing Bisnisnya.
     Promosi Diskon

Ini merupakan salah satu strategi yang umum digunakan oleh perusahaan dalam menarik konsumen sebanyak-banyaknya salah satunya dalah smartfren. Saat peluncuran produk baru smartfren yang belum familiar di masyarakat, smartfren melakukan pendekatan ini agar produknya bisa lebih dikenal masyarakat. Ketika masyarakat telah mengakui keunggulan produk smartfren tersebut, maka promo diskon akan ditiadakan. Selain sebagai ajang pengenalan, strategi ini juga digunakan manakala produk-produk yang ditawarkan kurang laku di pasaran. Sehingga untuk mengurangi kerugian, maka promo diskon (potongan harga) atau pun promo bonus merupakan pilihan yang terbaik. Contohnya potongan harga di berikan pada setiap pembelian Anromax V yang tadinya 2,5 juta menjadi Rp 1.990.000,- hal itu dilakukan oleh smartfren karena mungkin di anggap Andromax V tidak begitu terkenal sehingga tidak banyak yang minta karena tidak paham.
    
d. Evaluasi Pemasaran yaitu dilakukan untuk melihat keberhasilan usaha-usaha pemasaran yang telah     dilakukan, perlukah dilakukan perbaikan-perbaikan atau koreksi-koreksi.


SEMOGA BERMANFAAT


DAFTAR PUSTAKA

Suharyadi, dkk. 2007. Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta : Salemba Empat

B.Gunarto. 2013. Strategi Pemasaran.  http://bieliegunarto.blogspot.co.id/2013/06/strategi-pemasaran.html

Eka Nicho. 2015. Manajemen Pemasaran, Ini Menurut Para Ahli. http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/02/manajemen-pemasaran.html

Sinaudisik. 2013. Promosi Penjualan Study Kasus PT SMARTFREN TELECOM TBK (SMARTFREN). http://sinaudisik.blogspot.co.id/2013/12/promosi-penjualan-study-kasus-pt.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.