Sabtu, Juni 4

Tips Mengelola Usaha

Dalam berwirausaha, tidak jauh dari kata uang. Entah itu modal, pengeluaran, pemasukan, dan lain lain. Sekecil apapun usaha yang kita punya, kita harus tetap mengelola keuangan agar jika usaha tersebut menjadi besar, kita sudah terbiasa. Selain itu, pengelolaan keuangan juga di perlukan untuk mengevaluasi kinerja kita dan untuk mengukur target kita kedepannya.

Pada prinsipnya, dalam menjalankan usaha terdapat tiga jenis modal yang diperlukan, yaitu modal investasi awal, modal kerja, dan modal operasional. Dalam melakukan pengelolaan keuangan, kita perlu punya buku-buku khusus untuk menghitung keluar amsuknya uang. Kita juga perlu kas bon untuk tanda bukti keluar masuknya uang setiap harinya.

Berikut adalah tips-tips dalam mengelola keuangan :
1.      Pisahkan uang pribadi dan uang usaha
Dalam berwirausaha kita perlu memisahkan buku keuangan pribadi dan keuangan usaha supaya tidak adanya kesalahan penghitungan dan tidak adanya kesalahan pengeluaran dan pemasukan.

2.      Rencakan penggunaan uang
Rencanakan uang yang akan di gunakan untuk berwirausaha. Berusaha untuk sedikit melebihkan modal dan terus memutarnya supaya pemasukan tetap efektif.

3.      Gunakan software atau microsoft office untuk mencatat
Selain buku, microsoft office adalah alternatif lain untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran supaya lebih rapih.

4.      Hitung keuntungan dan kerugian dengan benar
Hitung keuntungan dan kerugian pada tempatnya masing-masing. Jangan sampai tertukar atau kurang.

5.      Awasi harta, hutang dan modal
Awasi ketiga hal di atas supaya tidak hilang ataupun tertukar-tukar karena ketiganya adalah hal yang sangat berbeda tetapi sama-sama penting.

Sekian artikel yang saya buat, semoga bermanfaat.

Sumber pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar