Rabu, Agustus 3

Berwirausaha Dengan Cara Membantu Teman



“Kewirausahaan”, apa itu kewirausahaan? Di artikel ini saya akan membahas tentang kewirausahaan dan pengalaman saya tentang wirausaha. Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha adalah perbuatan amal, bekerja, dan berbuat sesuatu. adi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Ada beberapa arti dari kewirausahaan dan salah satu artinya adalah menurut “Menurut Inpres no. 4 tahun 1995 (GNMMK)” yaitu, Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah kepada upaya cara kerja teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar.
Saya akan menceritakan tentang pengalaman saya satu tahun yang lalu ketika saya bekerja di perusahaan swasta yang berada di Jakarta Barat sebetulnya ini bukan wirausaha, tetapi lebih mendekati kearah wirausaha. Jadi saya membantu teman saya untuk menjual barang-barang jualannya. Di kantor saya, karena saya lumayan mengerti tentang hardware komputer jadi teman saya banyak bertanya masalah harga dan tipe-tipe hardware komputer. Terkadang ada teman saya yang ingin membeli hardware dan bertanya kesaya, nah karena saya punya teman yang juga menjual hardware yang dicari maka saya langsung mengarahkan teman kantor saya, ke tempat teman saya yang menjual hardware computer. Harga dari teman saya yang menjual ke saya ke teman kantor saya, saya beri selisih agar saya juga mendapat untung.
Dari pengalaman saya di atas, menurut saya itu bisa dibilang wirausahawan karena definisi wirausahawan adalah seseorang yang memiliki pandangan yang tidak lazim,yaitu orang yang dapat mengenali potensi atas barang dan jasa. Saya mengambil peluang mendapatkan untung dari teman-teman kantor saya yang membutuhkan dan ingin membeli hardware komputer, dan saya mempunyai teman yang menjual hardware-hardware komputer dengan harga miring. Meskipun belum punya usaha sendiri, tetapi saya bisa membantu teman saya menjual barang, membeli barang dan saya juga bisa mendapat untung dari jual beli itu dan teman saya sama-sama merasa puas.
Untuk kedepannya sebenarnya saya sudah ada keinginan untuk membuka usaha dan menjadi wirausahaan. Untuk sekarang saya harus mengumpulkan modal dahulu. Dan saya akan mempelajari tentang wirausaha seperti yang terdapat dalam buku Kewirausahaan “Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda” di buku tersebut saya bisa mempelajari tentang keuntungan berwirausaha seperti :
-        Mempunyai kebebasan mencapai tujuan yang dikehendaki.
-        Mempunyai kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan potensi diri secara penuh.
-        Memperoleh manfaat dan laba yang maksimal.
-        Tebuka kesempatan untuk melakukan perubahan.
-        Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dalam menciptakan kesempatan kerja.
-        Terbuka peluang untuk berperan dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usaha mereka.
Dan juga dalam buku tersebut saya juga bisa mempelajari tentang ciri yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi wirausahawan sukses. Geoffrey G. Meredith (1996) mengemukakan ciri-ciri wirausahaan sebagai berikut :
-        Percaya diri.
-        Berorientasi pada tugas dan hasil.
-        Berani mengambil resiko.
-        Keorisinilan.
-        Berorientasi pada masa depan.
Berdasarkan ciri-ciri wirausahawan di atas, dapat kita identifikasi sikap seorang wirausahawan yang dapat dilihat dari kegiatannya sehari-hari sebagai berikut:
-        Disiplin.
-        Komitmen tinggi.
-        Jujur.
-        Kreatif dan inovatif.
-        Mandiri.
-        Realistis.
Dengan mempelajari dasar-dasar kewirusahaan seperti di atas, untuk kedepannya saat saya memulai usaha sendiri saya akan menerapkan ciri dan sikap sebagai wirausahawan.



https://books.google.co.id/books?id=yOrtZwRWzcoC&pg=PA23&lpg=PA23&dq=membangun+usaha+sukses+di+usia+muda&source=bl&ots=zSL5I8MXE5&sig=G3TZ4Q4NwqDyfuUxqB95P9wsxZA&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=membangun%20usaha%20sukses%20di%20usia%20muda&f=false

Tugas Kewirausahaan 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar