Kamis, Agustus 4

INTERNET DAN TEKNOLOGI MENJADI LADANG BISNIS



Salah satu kelemahan para pengusaha muda dan sarjana di Indonesia adalah keterampilan dalam bidang softskill. Pendidikan pada saat ini masih didominasi oleh penguasaan teori atau keteramilan teknis. Untuk mejadi pengusahan muda yang sukses diperukan beberapa keterampilan softskill yang harus dikuasai, yaitu :


a.      Menjaga repurtasi
Reputasi yang baik merupakan modal utama  bagi seorang pengusaha muda. Reputasi yang baik aka memudahkan  dalam membuat jaringan dan memperkenalkan usaha baru. Keterampilan membangun reputasi perlu ditingkatkan dengan merencanakan dan melaksanakan perbuatan yang memebawa citra diri yang positif.

b.      Kemampuan membangun jaringan
Kemampuan seorang pengusahsa dalam bergaul dengan orang lain harus diats rata-rata. Oleh karena itu keterampilan membangun jaringan sangat  diperlukan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mebangun jaringan, yaitu :
1.      Menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat
2.      Menjadi anak gaul
3.      Buat kartu nama yang menarik denga spesifik serta berikan kepada teman baru.
4.      Tawarkan persahabatan yang tulus.
Orang yang bekerja pada suatu perusahaan pasti mempunyai banyak partner kerja. Apalagi dengan orang yang mempunyai pekerjaan bertemu dengan klien atau bertemu dengan orang lain setiap harinya menjadikan kita mempunyai banyak teman sehingga dapat membangun jaringan yang dapat memudahkan kita dalam melakukan penjualan. Kita dapat menjual barang yang miliki pada teman kantor atau pada klien kita.
Selain itu kita juga bisa menjual barang kita pada teman teman kantor ataupun teman kuliah. Bisa dari mulut ke mulut. Hal tersebut berguna apabila kita mempunyai kemampuan dalam membangun sebuah jaringan dan pertemenan yang baik. Tidak perlu lagi adanya promosi dan iklan cukup dengan menawarkan pada teman kita. Jika teman kita berbaik hati bisa jadi mereka dpat menewarkan barang kita pada kenalan mereka.

c.       Naluri mengenali peluang usaha
Mengenali peluang meruapakan hal yang sangat penting. Peluang tidak harus menajadi hal yang pertama, karena yang kedua bisamenjasi kebih baik tau yang ketiga justru tampil beda. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatka keterampilan naluri mengeali peluang usaha adalah
1.      Mementukan arah usaha dan minat.
2.      Menumbuhkan kepekaan lingkungan dan kondisi sekitar.
3.      Menerapkan manajemen informasi

Internet sekarang sangat memudahkan kita untuk melakukan beragai aktifitas contohnya adalah berbisnis online. Seorang entrepreneur yang cermat dapat mengambi peuang dari teknologi yang ada. Berbisnis online menjadi solusi untuk seorang yang tidak memiliki banyak waktu seperti para mahasiswa kelas karyawan ini. Selain bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja modal yang dikeluaran juga tidak terlalu besar. Kita tidak perlu membeli atau menyewa tempat untuk usaha karena bisa dilakukan di rumah atau di tempat kos. Bisa dilakukan sepulang bekerja atau berkuliah dan bisa sambil melakkukan aktifitas lain seperti tiduran, menonton televisi. Hanya dengan bermodal kuota internet dan smartphone kita dapat berwirausaha.
Membuat Blog yang menarik. Ini adalah hobi yang bisa menghasilkan uang. Hanya dari menulis mengenai hobi dan kisah hidup yang bermanfaat bagi orang lain, atau tulisan dengan tema tertentu, Anda bisa menambah penghasilan bulanan. Ada banyak cara supaya blog yang dibuat bisa menghasilkan, di antaranya komisi dari afiliasi dengan pihak atau produsen lain saat menjual produk. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan iklan di dalam blog Anda. Tapi untuk hal yang satu ini, tentu diperlukan traffic yang tinggi agar orang mau memasang iklan pada blog Anda. Menulis review tentang produk lain yang akan dibayar oleh si empunya produk. Atau bisa juga Anda membuat blog khusus untuk produk yang Anda jual. Satu lagi, menggunakan sistem Pay Per Click (PPC) di mana Anda akan dibayar per klik. Blog yang baik adalah memiliki konten SEO dan menyajikan sesuatu yang menarik dan informatif.
Kisah Sukses Mahasiswa Berbisnis Online
Aulia Rahmadhani, wanita muda yg berusia 20 tahun ini mulai mengenal bisnis ketika masa remaja, dan semakin mencintai bisnis nya ketika dia duduk di bangku perkuliahan di usia 17 tahun. Memang tidaklah mudah menjalani bisnis dan kuliah pada waktu yang bersamaan. Namun tuntutan orang tua untuk menyelesaikan kuliah nya membuat dia bertahan, walaupun merasa “passion” yang dia cari bukanlah di bidang kuliah yang saat itu ia tekuni karena baginya membahagiakan orang tua adalah prioritas utamanya.
Saat ini dia mulai menjalankan bisnis online di bidang hijab dan stylish hijab. Dan sekarang dia semakin menekuni bisnis tersebut yang sedang on progress brand hijab dia untuk launching yaitu Zahira Hijab.

Teknologi Digital dan Bisnis
Teknologi digital erat kaitannya dengan internet dan pemanfaatannya yang luas. Bagi Anda yang memiliki jiwa enterpreneur, banyak celah bisnis yang menjanjikan dalam bidang digital. Sudah pasti, jika Anda jeli mencari ide peluang usaha dan bekerja cukup keras, Anda akan mendapatkan penghasilan yang banyak.
Nah, sebelumnya kita harus memahami jenis-jenis bisnis digital. Masih banyak pengusaha startup yang belum memahami perbedaan jenisnya. Secara umum, bisnis digital terbagi menjadi empat bagian. Bisnis digital murni, versi digital dari bisnis nondigital, fasilitator digital dari bisnis nondigital, dan hybrid.
Digital murni adalah bisnis yang menawarkan produk dengan komponen “bits and bytes”, seperti pembuatansoftware secara luas. Misalnya software pendidikan, software khusus bisnis, dan lain-lain.
Peluang usaha dalam bidang digital :
1.      Web Development
2.      Membuat Starup
3.      Membuat dan menjual produk informasi digital
4.      Menyediakan jasa desain grafis
5.      Menjual plugin dan template Wordpress
6.      Menjadi penulis artikel SEO (Search Engine Optimization)
7.      Membuat aplikasi mobile
8.      Membuat software
9.      Menjadi jasa internet marketing
10.  Media sosial
11.  Be a Youtuber
Perusahaan sukses dalam bidang Digital
Acquire Media adalah perusahan yang telah 13 tahun bergerak di bidang distribution and delivery. Dengan membangun kepercayaan bahwa setiap produk teknologi digitalnya seimbang, memiliki ketersediaan yang tinggi, volume yang banyak dan memiliki tingkat kegagalan yang rendah, perusahaan ini menyediakan serverberita yang telah teruji. Perusahaan media terkemuka telah mengenali keunggulan Acquire Media dengan baik. Itulah sebabnya perangkat lunak pengiriman berita ini dikirimkan ke banyak penerbitan digital terkemuka, termasuk The Financial Times, McClatchy, Tribune, Advance, Fairfax, Inggris Bisnis Media, The Press Association (UK), Washington Post/Bloomberg News Service, dan lain-lain.


Daftar Pustaka
Suharyadi, Arissetyanto Nugroho, Purwanto S.K dan Maman Faturohman. 2012. Kewirausahaan “Membangun Usaha Sukses Sejak Muda”. Jakarta. Salemba Empat.




1 komentar:

  1. Artikel menarik... Sharing is Caring.

    dan Menangkan Jackpot Ratusan Juta bersama kami :

    - Bonus Member Baru 30% (Rp. 100.000)
    - Bonus Depo Harian 15% (Rp. 50.000)
    - Bonus Referral Tak Terbatas 15% (Puluhan Juta Setiap Minggu)
    - Bonus Turnover Mingguan 0.5%


    Salam Poker Indonesia,
    Poker Indonesia dan Poker Online Terpercaya

    https://MEDALPOKER.fun

    BalasHapus