Sabtu, Agustus 20

Munculnya Si kreatif dan Si inovatif

Kali ini gua bakal ngebahas soal dari mana sih kreatifitas dan inovasi itu bisa tercipta. Karna seseorang pengusaha akan akan membutuhkan hal tersebut.
Dan berikut hal yang bisa gua bagi kepada para pembaca dari hasil kreatifitas dan inovasi gua malam ini. hehehe

Pertama, jika orang ingin berfikir bagaimana kreatifitas dan inovasi muncul ia lah dengan mempelajarinya. Yaaa banyak-banyaknya lah belajar tentang dua kreatif dan inovasi-inovasi yang telah ada. Dari situ akan terbiasa denngan ide-ide yang kreatif dan baru.

Kedua, biasanya orang yang telash menerapkan gagasannya namun salah/gagal. Dari kegagalan itulah ia akan berfikir lebih matang. Dia tidak akan mengulangi kesalahannya dan akan muncul kreatifitas dan ide-ide baru dari situ.

Dan yang terakhir dari gua, kreatifitas dan inovasi seseorang akan muncul bisa jadi karna bawaan lahir seseorang. Yaa jika memang orang tersebut di takdirkan menjadi orang yang kreatif dan inovatif. Berarti beruntunglah dirinya....

Itulah hal-hal yang bisa membuat kreatifitas dan inovasi orang tercipta menurut versi gua sendiri.

Dan gua juga mau sedikit share dari beberapa sumber dan artikel tetangga sebelah nih. Hehehe

CARA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN INOVASI
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas. Berikut ini adalah hal yang dapat membantu mengembangkan kemampuan pribadi dalam program peningkatan kreativitas sebagaimana dikemukakan oleh James L.Adams (1986).
1.      Mengenali hubungan
Banyak penemuan dan inovasi lahir sebagai cara pandang terhadap suatu hubungan yang baru dan berbeda antar obyek, proses, bahan, teknologi dan orang. Seperti mencampurkan aroma bunga melati dengan air the kemudian dibotolkan menjadi the botol yang harum dan segar rasanya.
Untuk membantu meningkatkan kreativitas, kita dapat melakukan cara pandang kita yang statis terhadap hubungan orang dan lingkungan yang telah ada. Di sini kita coba melihat mereka dengan cara pandang yang baru dan berbeda. Orang yang kreatif akan memiliki hubungan intuisi tertentu untuk dapat mengembangkan dan mengenali hubungan yang baru dan berbeda dari fenomena tersebut. Hubungan ini nantinya dapat memperlihatkan ide produk dan jasa yang baru. Sebagai contoh kita melakukan latihan dengan melihat hubungan antara kue coklat dan es krim vanili, atlet dan pelatih serta manajer dengan buruh.

2.      Mengembangkan perspektif fungsional.
Jika dikembangkan lebih lanjut, kita dapat melihat adanya suatu perspektif yang fungsional dari benda dan orang.
Seorang yang kreatif akan dapat melihat orang lain sebagai alat untuk memenuhi keinginannya dan membantu menyelesaikan suatu pekerjaan. Misalnya sering secara tidak sadar kita menggunakan pisau dapur untuk memasang baut gara-gara palu yang kita cari tidak ditemukan. Cara lain kita harus memulainya dari cara pandang yang non konvenional dan dari perspektif yang berbeda. Sebagai contoh: cobalah sebutkan fungsi lain dari sebuah kursi, buku yang kita pegang dan lain-lain.

3.      Gunakan akal
Penelitian terhadap penggunaan fungsi otak pada bagian yang terpisah antara kiri dan kanan telah dilakukan sejak tahun 1950-an dan tahun 1960-an.
Otak bagian kanan dipakai untuk hal seperti analogi, imajinasi dan lain-lain. Sedangkan otak bagian kiri dipakai untuk kerja seperti analisis, melakukan pendekatan yang rasional terhadap pemecahan masalah dan lain-lain. Meski secara fungsi ia berbeda, tetapi dalam pekerjaannya ia harus saling berhubungan. Proses kreativitas meliputi pemikiran logis dan analitis terhadap pengetahuan, evaluasi dan tahap implementasi. Jadi bila kita ingin lebih kreatif, kita harus melatih dan mengembangkan kemampuan kedua otak kita tersebut. Contoh latihan dapat kita buat sesuai dengan fungsi belahan otak.

4.      Hapus perasaan ragu-ragu
Banyak kebiaaan mental yang membatasi dan menghambat pemikiran kreatif. Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa hanya menggunakan 2-10 persen potensi kreativitas yang dimilikinya. Contoh : banyak orang memiliki kecenderungan membuat penilaian yang cepat terhadap sesuatu orang ataupun ide-ide.

Demikian artikel yang bisa tulis dan share kali ini...
Semoga bermanfaat yaaa guys....
Sumber:

http://juniarwibisana.blogspot.co.id/2015/05/contoh-makalah-.html kreatifitas-dan-inovasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.