Minggu, Agustus 21

SEPEDA MENEMBUS MASA

Kawan, masih sukakah dengan kegiatan bersepeda? Jika suka, tentunya merek United Bike sudah tidak asing lagi. Di dunia persepedaan, nama United Bike sudah melekat dengan konsumen sepeda. Namun tahukah kawan, bahwa United Bike itu ternyata hasil karya dari anak bangsa ini.
Menggunakan nama berbahasa asing banyak yang menganggap United Bike merupakan sepeda dari luar negeri. Nyatanya, sepeda United Bike murni buatan lokal.


Tan Min Kong dan Tan Tjo Ing, pasangan suami istri ini awalnya tidak terpikir mengenai merek dagangan mereka, awalnya mereka membeli aneka spare part sepeda dan becak lalu di jual kembali. Pasangan suami istri tersebut akhirnya membuka kios pertamanya pada tahun 1963 di lokasi Jembatan Lima. Bisnis ini merupakan bisnis keluarga dimana seluruh anggota ikut terlibat termasuk buah hati mereka bernama Stephen Mulyadi, Andrew Mulyadi dan Henry Mulyadi. Meskipun ketiganya tidak diminta oleh orang tua untuk ikut terlibat, namun keinginan membantu datang dari ketiganya, pada tahun 1970-an merek United Bike mulai dipakai yang bermula dari membeli sepeda dari Taiwan dan mereka memberi merek sendiri dengan United Bike. Dari tahun ke tahun, bisnis sepeda ini terus berkembang hingga berdirilah perusahaan dengan nama PT Terang Dunia Internusa di tahun 1991. Anak pertama yakni Stephen yang memiliki andil besar dalam usaha yang bermula dari sebuah toko hingga mendirikan pabrik United Bike, tak hanya itu Arifin Tedja putra dari Stephen Mulyadi memiliki gairah yang sama di bidang ini, Beliau merupakan ahli khusus untuk teknologi sepeda dan design dari United Bike hingga merek ini diakui oleh pasar luar negeri termasuk Eropa meyakini bahwa merek ini sudah memiliki kualitas berstandar internasional bahkan perusahaan ini aktif di bidang kegiatan bersepeda yang sudah diselenggarakan ketujuh kalinya dengan bertajuk “Asia Pacific Downhill Challenge” dan diikuti oleh 21 negara.

Era modern membuat perusahaan ini terus berinovasi dalam design dan kualitas, seperti baru-baru ini design sepeda terbaru mereka diklaim dengan harga lebih dari Rp. 100jt, hal yang sangat luar biasa tentunya kualitas bahan pun lebih mahal.

Dari usaha ini kita dapat memetik pelajaran bahwa dengan kegigihan dan kejujuran serta tekad untuk terus mengikuti perkembangan zaman dengan terus berinovasi dan berkarya maka usaha akan terus berkembang bahkan menembus pasar internasional.


Sumber:
Majalah BCA Prioritas edisi 69
https://unitedbike.com/bikes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.