Selasa, Agustus 9

ANGKRINGAN, Bisnis yang tak pernah hilang di telan zaman


Hallo sobat blogger kewirausahaan123.com kembali lagi dengan saya Dedy Siswadi (jangan bosen yah blogger, hehehe..). Berbicara soal makanan pasti blogger tau bukan.. dengan jajanan khas jawa yaitu "ANGKRINGAN", makanan yang disajikan dengan sederhana ditaruh di atas grobak sederhana (hehehe..). Menu - menu yang disajikan seperti
sate telur puyuh, sate usus, sate ceker, gorengan dan tentu saja nasi kucing yang legendaris (hahaha.. Mantab bro). Menu minuman yang di sajikan seperti wedang jahe, susu jahe, teh manis, air jeruk, kopi, dan lain - lain. 


Harga yang bersahabat dikantong membuat angkringan selalu ada tempat di hati masyarakat, apalagi ciri khas angkringan yang hanya berjualan di malam hari dan menggunakan lampu templok (hahaha..), seperti tampak unsur romantisme di dalammya (hehehe..). Angkringan juga salah satu tempat terasik buat nongkrong anak - anak muda (pas di kantong harganya blogger, hehehe..)

Berbisnis angkringan cukup dibilang menjanjikan kenapa saya bilang seperti itu kalau tidak menjanjikan kenapa banyak angkringan - angkringan bermunculan (hehehe..). Contoh angkringan yang legendaris yaitu "ANGKRINGAN LEK MAN (jogya)" yang sampai saat ini masih tetap eksis dalam berbisnis. Disini saya sedikit menyajikan cara berbisnis angkringan yang saya dapat dari beberapa sumber, semoga ada manfaatnya untuk saya pribadi khusunya, dan untuk teman - teman blogger semuanya.

Berikut tips membuat usaha angkringan :

1. Tentukan target pasar yang anda tuju.
    Angkringan biasanya lebih ke target kalangan menengah ke bawah, mahasiswa, tapi kita juga bisa membuat bisnis angkringan ke arah menengah ke atas dengan sedikit berinovasi dalam konsep tempat, pelayanan, serta makanan dan minuman. Pastikan sesuai modal yah blogger.

2. Pilih lokasi sesuai target yang anda tuju. 
   Pemilihan lokasi tergantung target yang akan kalian tentukan, kalau kalian memilih target menengah ke bawah bisa di alun - alun kota, tempat nongkrong anak - anak muda, yang penting gratis blogger ( hahaha.. paling bayar uang preman, jangan lupa bersihkan tempatnya sebelum pulang berdagang yah blogger). Kalau kalian memilih kelas menengah ke atas kalian bisa memilih tempat yang bernuansa cantik, nyaman, strategis dan pastikan memiliki tempat parkir yah blogger (hehehe..).

3. Pilih karyawan yang tepat
  Carilah karyawan yang memiliki sifat sopan, sabar, serta supel yah blogger. Kalau target anda menengah ke bawah memiliki karyawan yang supel sangat menguntungkan, karena enak saat diajak ngobrol dengan pembeli, pembeli pun akan merasa betah.

4. Perhatikan infrastuktur
   Kalau blogger memilih target kalang menengah kebawah pastikan ada akses listrik yah blogger jangan di tempat yang gelap nanti di kira tempat begitu - begituan lagi (hahaha.. bercanda blogger), serta akses air juga jangan lupa yah blogger, karena memiliki tempat dengan akses air yang baik memudah kita untuk bersih - bersih gelas dan piring ( jangan sampai pralatan makan, gelas yang anda miliki bau amis dan bau gak jelas yah blogger, gara - gara akses air yang kurang mendukung. hahaha... nantin pelanggan pada kapok lagi. OK blogger).

5. Lengkapi hidangan yang anda sajikan
  Menu yang lengkap adalah kunci daya tarik pelanggan untuk datang ke angkringan anda, buat mereka bingung memilih menu yang mana, secara tidak langsung hasrat untuk nyobain semua menu akan muncul di benak pelanggan kita. (hahaha..)


Berbisinis angkringan bisa kita bangun melalui kemitraan, kita tinggal menyiapkan modal (rupiah) dan semua alat, grobak, baner dan lain - lain dari rekan mitra kita, seperti yang ditawarkan angkringan "Nasi Kucing 78 " sang pemilik bayu.

link Nasi kucing 78 : (siapa tau ada yang mau bermitra dengan pak bayu)


Kelebihan dan kekurangan dalam bermitra :

Kelebihannya : 
  • Bisa langsung menggunakan nama angkringan yang telah populer karena umumnya sudah banyak yang tahu.
  • Di bantu dalam penyedian alat, baner, resep dan lain - lainya 
Kekuranganya :
  • Tidak bisa berkreasi dengan nama dan menunya
  • Kalau sudah terkenal maka tidak bisa menjadi angkringan atas nama anda.
Itulah sedikit tips cara memulai berbisnis angkringan, anda bisa memilih antara bermitra atau membuatnya sendiri. tapi yang pasti blogger dalam melakukan bisnis pasti ada kendalanya pastikan anda memiliki mental yang kuat dalam melakukan sebuah bisnis. semoga artikel ini ada manfaatnya untuk penikmat kewirausahaan123.com


Link Menu makanan angkringan :








#kalo bermanfaat tolong di share dan like yah blogger, hehehe..


Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.