Kamis, September 29

PT MEDCO ENERGY INTERNASIONAL Tbk

Akuisisi Conoco Phillips, Medco Energi Dongkrak Produksi 35 Persen
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan minyak dan gas nasional (migas) PT Medco Energi Internasional Tbk menandatangani perjanjian jual beli untuk mengakuisisi ConocoPhillips Indonesia Inc. Ltd. (CIIL) dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte. Ltd. (CSOP), di mana keduanya merupakan anak perusahaan ConocoPhillips (COP). Akuisisi ini disebutkan bakal memberikan tambahan cadangan migas dan peningkatan produksi tahunan hingga 35 persen.

CEO Medco Energi Internasional Loberto Lorato menjelaskan, akuisisi ini menjadikan kepemilikan sebesar 40 persen dari CIIL yang bertindak sebagai Operator dari PSC South Natuna Sea Block B PSC (SNSB) sekaligus merupakan Operator dari West Natuna Transportation System (WNTS) resmi ada di pihak Medco. Di sisi lain, CSOP mengoperasikan Onshore Receiving Facility (ORF) di Singapura. Loberto menjelaskan, infrastruktur WNTS beserta jaringan pipa gas Malaysia memiliki peran penting dalam mengkomersialisasikan temuan-temuan minyak dan gas yang ada dan aktivitas eksplorasi yang sedang berlangsung di kawasan Natuna. Proses akuisisi ini ditargetkan akan rampung pada kuartal keempat 2016.

"Dengan arus kas yang kuat di kala kondisi harga minyak rendah, transaksi ini secara langsung dapat memberikan peningkatan pendapatan. Hal penting lainnya, kami mengakui SNSB memiliki infrastruktur dan skala operasional yang bertaraf dunia. Kami berharap dapat mengintegrasikan aset-aset penting ini ke dalam portofolio hulu MedcoEnergi," ujar Loberto, dalam siaran persnya, Senin (19/9).

Sementara itu, Direktur Utama Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro menambahkan bahwa keputusan untuk mengakuisisi ini merupakan langkah perusahaan untuk menggenjot kontribusi perusahaan terhadap perekonomian nasional. Transaksi ini, menurutnya, akan memperkuat kehadiran MedcoEnergi di Indonesia dan meningkatkan kemampuan hulu minyak dan gas Perseroan melalui integrasi operasi lepas pantai kelas dunia.

"Kami terus mencari kesempatan untuk terus meningkatkan kontribusi MedcoEnergi terhadap perekonomian Indonesia," katanya.

Profil PT Medco Energi Internasional
PT Medco Energi Internasional Tbk atau biasa dikenal dengan MedcoEnergi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang eksploitasi dan pengeboran minyak dan gas pertama di Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu unit bisnis dari Medco Group yang membawahi bidang energi. Medco Group sendiri merupakan perusahaan yang telah menaungi beberapa unit usaha yakni bidang agribisnis dengan PT API METRA PALMA, bidang konstruksi dengan PT MULTI FABRINDO GEMILANG, bidang keuangan dengan PT HIMPUNAN BANK SAUDARA 1906 serta dalam bidang energi dengan PT Medco Energi Internasional Tbk.

Perkembangan MedcoEnergi hingga saat ini tidak terlepas dari usaha yang dirintis pertama kali oleh sang pendiri MedcoEnergi. MedcoEnergi didirikan pada tanggal 9 Juni 1980 oleh pengusaha muda bernama Arifin Panigoro. Bekerjasama dengan rekannya bernama  Hertriono Kartowisastro (sekarang menjadi Direktur Utama PT Apexindo Pratama Duta Tbk.), dia mulai menggeluti usaha jasa pengeboran minyak dan gas. Eksplorasi serta produksi minyak dan gas mulai dilakukan ketika perusahaan mengakuisisi Tesoro yang berbasis di Kalimantan Timur pada tahun 1992. Selain itu perusahaan juga mengakuisisi 100% saham  PT Stanvac Indonesia dari Exxon dan Mobil Oil pada tahun 1995. Selanjutnya perusahaan berhasil melakukan penawaran umum perdana pada tahun 1994 untuk memperluas bisnis perusahaan hingga merambah industri kimia. Sejak tahun 1997 perusahaan juga berhasil menjalin kerjasama dengan Pertamina. Dalam kerjasama tersebut dihasilkan sebuah Perjanjian Manajemen Operasi Bersama yang di tanda tangani bersama dengan kesepakatan pengoperasian pabrik methanol milik Pertamina yang ada di Pulau Bunyu, Kalimantan Timur.

MedcoEnergi terus berupaya menciptakan inovasi-inovasi terbaru dalam mengembangkan bisnis-nya. Pada tahun 2004, MedcoEnergi semakin memperluas kegiatan hulu minyak dan gas perusahaan dengan mengakuisisi 100% saham milik perusahaan minyak dan gas Australia yang telah beroperasi di Amerika Serikat, Timur Tengah dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia yakni Novus Petroleum Ltd. Di tahun yang sama, MedcoEnergi juga mulai mengoperasikan pabrik LPG. Saat ini perusahaan telah menjelma menjadi perusahaan energi ter-integritas di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan keterlibatan perusahaan dalam bisnis eksplorasi dan produksi minyak dan gas, jasa pengeboran, produksi metanol dan LPG serta yang terbaru yaitu pembangkit tenaga listrik. Perusahaan juga dibantu dengan lebih dari 6.000 personel yang menangani berbagai aktivitas operasional di seluruh dunia, yakni Indonesia, Amerika Serikat, Libia, Yaman, Kamboja, Oman dan Tunisia. Selain itu anak perusahaan telah mengoperasikan  8 anjungan pengeboran darat dan 7 anjungan pengeboran lepas pantai serta 2 anjungan perairan dalam dari jenis jack-up. Dengan tekad dan semangat yang keras, ke depan-nya perusahaan ingin selalu menjadi perusahaan energi terkemuka di kawasan Asia Pasifik. 

Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

Marketing Mix Perusahaan
  1. Produk
PT Medco Energi international Tbk bergerak dalam bidang eksplorasi sumber daya alam yang berupa eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi hingga ke industri methanol, LPG dan pembangkit listrik, bahkan jasa-jasa penunjang lainnya, seperti pengeboran, penyewaan dan pengoperasian rig, investasi dan distribusi. Walaupun produk yang dihasilkan oleh perusahaan tidak secara langsung dapat dipergunakan oleh konsumen atau masyarakat luas, atau dapat juga disebut sebagai produk antara, tetapi sebenarnya sangat dibutuhkan oleh masyrakat luas dalam memenuhi kebutuhan nya sehari-hari. Yaitu listrik yang dipergunakan untuk penerangan di malam hari atau LPG yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak.
  1. Price
Harga dari produk perusahaan ini di tentukan melalui tender yang dibuat dengan pemerintah. Karena merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang sumber daya energi, dan sebagian besar produknya menguasai hajat hidup orang banyak maka pemerintah juga turut andil dalam penetapannya, yang telah diatur oleh undang-undang.
Kenaikan harga minyak dunia menguntungkan PT. Medco Energi Internasional Tbk. Setiap perubahan harga munyak 1 Dolar AS akan mempengaruhi aliran dana tunai (cash flow) 2,3 juta dolar AS sampai 3 juta dollar AS. Dalam menyusun anggaran, asumsi diambil dari patokan harga terendah organisasi penghasil minyak dunia (OPEC).
  1. Place
Karena merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang sumber daya energi maka tentu saja lokasi perusahaan berada di daerah tempat sumber daya energi tersebut berada. Karena banyak tempat eksplorasi yang ditangani oleh PT Medco Energi international Tbk maka cabang perusahaan tersebar di berbagai daerah. Akan tetapi untu memudahkan pengontrolan maka ditempatkan perusahaan atau kantor pusat yang berada di Jakarta yang merupakan Ibukota Negara Indonesia, sehingga akan memudahkan bagi perusahaan untuk mengontrol sekian cabang perusahaan selain itu juga memudahkan bagi calon konsumen yang ingin bertransaksi atu mengadakan kerja sama dengan perusahaan karena kantor pusat lebih mudah diakses.
  1. Promosi
Karena produk yang dihasilkan oleh PT Medco Energi International Tbk bukan merupakan produk jadi yang dapat secara langsung dipergunakan oleh konsumen, maka tentu saja cara promosi yang digunakan juga beda dengan perusahaan lain yang memproduksi barang jadi yang secara langsung dapat digunakan oleh konsumen. Konsumen dari PT Medco Energi international Tbk umumnya merupakan perusahaan lain yang membutuhkan minyak, LPG atau methanol dalam jumlah besar yang digunkan untuk produksi perusahaan mereka atau dapat juga perusahaan lain yang membutuhkan bantuan pengeboran atau peminjaman alat-alat berat yang belum dimiliki oleh suatu perusahaan tertentu dikarenakan mungkin hanya akan digunakan sekali sehingga lebih memilih menyewa daripada membeli peraltan tersebut. Oleh karena itu bentuk promosi yang dilakukan oleh PT Medco Energi international Tbk berupa megikuti lelang yang diadakan oleh suatu perusahaan untuk mendapatkan atau memenangkan suatu proyek/tender tertentu dengan mengadakan komunikasi atau negoisasi.

Visi dan Misi
Visi
Menjadi perusahaan energi pilihan bagi seluruh pemangku kepentingan.
Misi
Memastikan setiap proyek terlaksana tepat waktu sesuai standar tertinggi tata kelola perusahaan yang baik dan keselamatan. Di samping itu, kami berdedikasi terhadap perlindungan dan pelestarian lingkungan serta implementasi program tanggung jawab sosial perusahaan yang efektif dan berkesinambungan.

Strategi Korporasi baru MedcoEnergi Group:
Terus memperkuat portofolio aset produksi, termasuk melalui akuisisi;
Meningkatkan indeks jangka waktu cadangan melalui aktivitas eksplorasi berkualitas tinggi;
Merampungkan seluruh Proyek Utama sesuai rencana;
Mempercepat pertumbuhan aset energi terkait lainnya melalui kemitraan.

Daftar pustaka :
http://profil.merdeka.com/indonesia/m/medco-energi-internasional/
aturipanama.staff.telkomuniversity.ac.id
http://www.medcoenergi.com/id/page/view/22
http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/16/09/19/odr32c382-akuisisi-conoco-phillips-medco-energi-dongkrak-produksi-35-persen

http://ulilstronghold.blogspot.co.id/2008/10/analisis-swot-pt-medco-energy.html

2 komentar:

  1. @A46-AINI

    Menurut saya, artikel ini sudah cukup lengkap dan bagus. Saran saya tulisan di mind map nya lebih besar lagi agar mudah dibaca.

    BalasHapus
  2. @B28-REYNALDI
    artikel cukup bagus tapi saran saya buat neraca penjualan yang spesifik jika ingin membuat usaha .

    BalasHapus