Kamis, September 29

Sang Distributor Healthcare Terbesar di Indonesia









PT. Enseval Putra Megatrading, Tbk merupakan perusahaan farmasi multinasional yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Dikarenakan meningkatnya permintaan dari konsumen terhadap produk farmasi mendorong perusahaan untuk menyediakan infrastruktur distribusi dan layanan yang modern serta dapat diandalkan pada tahun 1973. Tidak hanya dalam produk farmasi, PT. Enseval menyediakan berbagai macam produk konsumen dan peralatan medis, bahkan berperan sebagai agen dan distributor bahan baku kimia untuk industri farmasi, kosmetik, dan makanan industri, disamping itu PT Enseval juga melakukan diversifikasi ke beberapa jenis usaha di luar bidang perdagangan dan distribusi.


Pada tanggal 6 Agustus 1993 PT Arya Gupta Cempaka, sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1988 berubah nama menjadi PT Enseval Putera Megatrading. Pada tanggal 1 Agustus 1994, PT Enseval Putera Megatrading tercatat di Bursa Efek Jakarta sebagai PT Enseval Putera Megatrading Tbk. Kegiatan PT Enseval Putera Megatrading Tbk difokuskan pada jasa distribusi dan perdagangan.

Sampai saat ini, Perseroan telah memiliki 42 cabang di seluruh Indonesia yang dimana beroperasi penuh. Cabang-cabang T Enseval Putera Megatrading Tbk membentang dari Banda Aceh hingga Jayapura. Saat ini, Perusahaan memiliki lebih dari 100 pemasok (Prinsipal) dan lebih dari 200.000 outlet di seluruh Indonesia. Pada akhir tahun 2008, Perseroan memiliki 5 anak perusahaan:




PT Tri Sapta Jaya
PT Millenia Dharma Insani
PT Enseval Medika Prima
PT Global Chemindo Megatrading
PT Renalmed Tiara Utama
PT. Tri Sapta Jaya





Penghargaan PT Enseval Putera Megatrading Tbk :



20 Agustus 2014, kategori Distributor Farmasi " The Best in Building and Managing Corporate Image "
13 Oktober 2014, Distributor Obat Hewan Terbaik ke-2 se Provinsi Jawa Timur
13 November 2014, The Best Pharmaceutical Distributor 2014
11 Juni 2015, kategori The Best in Building “Pharmaceutical Distributor & Medical Equipment Distributor”
11 Juni 2015, kategori Managing Corporate Image “Pharmaceutical Distributor & Medical Equipment Distributor”


Tonggak perjalanan yang menunjukkan kemajuan yang luar biasa dari PT Enseval Putra Megatrading Tbk :

1973 – Pendirian PT Enseval yang dikarenakan meningkatnya permintaan dari konsumen terhadap produk farmasi mendorong perusahaan untuk menyediakan infrastruktur distribusi dan layanan yang modern serta dapat diandalkan.
1988 – Pendirian PT Arya Gupta Cempaka.
1993 – Pengembalian semua kegiatan usaha perdagangan dan distribusi ke PT Arya Gupta Cempaka.
1994 – PT Enseval Putera Megatrading Tbk melakukan penawaran umum perdana dan mendapat dukungan yang antusias dari pasar.
2003 – PT Millenia Dharma Insani didirikan yang bertujuan untuk memberikan layanan fasilitas kesehatan yang ekonomis dan terintegrasi meliputi layanan klinik, apotek, laboratorium dan mini market serta hemodialisis.
2004 – PT Enseval Medika Prima memulai bisnisnya dengan fokus pada pemasaran produk dan alatalat kesehatan serta diagnosa.
2008 – Sertifikasi ISO. Perusahaan mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 untuk pergudangan dan distribusi, bahan baku dan produk kesehatan konsumen.
2009 – Sertifikasi ISO. Perusahaan mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 untuk pergudangan dan distribusi farmasi, kosmetik, produk kesehatan dan produk konsumen. Pusat Distribusi Regional Jakarta dan Surabaya juga menerima penghargaan Good Distribution Practice (GDP) oleh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).
2010 – Sertifiasi OHSAS. Perusahaan Memperoleh sertifikasi OHSAS 18001:2007 untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.
2011 – Penawaran Saham Baru. Perusahaan menerbitkan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu untuk mengeluarkan 428.640.000 saham baru dengan nilai nominal Rp50 per lembar saham.
2012 – Sertifikasi ISO. Enseval cabang Bogor Mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 untuk pergudangan dan distribusi farmasi, kosmetik, produk kesehatan dan produk konsumen.
2013 – Sertifikasi ISO. Enseval cabang Makassar, Bandung dan Bekasi menerima sertifikasi Good Distribution Practices (GDP) yang diberikan oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).
2014 – Sertifikasi ISO. Perusahaan menerima Sertifikasi Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) yang diberikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) untuk cabang Jakarta 1, Kupang, Palu, Balikpapan, Bogor, Jember, RDC Jakarta & RDC Surabaya, Palembang, Jakarta 2, Padang, Pematang Siantar, Tangerang dan Yogyakarta.





























Sumber :

http://www.enseval.com/beritakegiatan/

http://www.enseval.com/tentang-kami/sekilas-enseval/sejarah/

http://www.enseval.com/bisnis-kami/distribusi/

http://www.enseval.com/partner-kami/obat-resep/

http://profil.merdeka.com/indonesia/e/enseval-putra-megatrading/

6 komentar:

  1. @B29-SELFIANA
    Artikel yang bagus dan lengkap dan mind map yang jelas sehingga pembaca mengerti isi dari artikel ini

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. @B02-RAUDA
    Mind map nya sudah cukup bagus dan menarik namun kurang lengkap tidak diinformasikan siapa pendiri perusahaan ini.

    BalasHapus
  4. @B11-NINGSIH
    dalam pembuatan mind mepp-nya sudah bagus dan menarik. tapi kurang penjelasan tentang strateginya.

    BalasHapus
  5. @B08-PUSPITA
    mind mapping yang dibuat sudah cukup bagus dan menarik dan alangkah lebih baik cantumkan pula kiat sukses dari perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  6. Artikel ini mungkin bisa ditambahkan untuk strategi pemasaran, dan produk dari obat-obatannya sapa saja. Mindmap nya sudah cukup menarik. @B03-Elfira

    BalasHapus