Jumat, Oktober 14

@B28-REYNALDI TUGAS KB03 (Artikel pegadaian)

Artikel Tentang Pegadaian (@B28=REYNALDI TUGAS KB03)




PT Pegadaian
 adalah sebuah BUMN di Indonesia yang usaha intinya adalah bidang jasa penyaluran kredit kepada masyarakat atas dasar hukum gadai.
Tentang Pegadaian

Pegadaian merupakan sebuah lembaga BUMN yang bergerak dibidang jasa perkreditan atas dasar hukum gadai. Menurut sejarah berdirinya, Pegadaian didirikan oleh Pemerintah Hindia-Belanda pada tanggal 1 April 1901 dengan ditandai didirikannya Pegadaian cabang Sukabumi. Sampai sekarang setiap tanggal 1 April diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Pegadaian.
Sampai saat ini Pegadaian merupakan satu-satunya BUMN yang bergerak dibidang jasa gadai, oleh karena itu pemerintah memberikan hak monopoli kepada Pegadaian untuk mengelola jasa perkreditan atas dasar hukum gadai.
Seiring dengan perubahan waktu, kebijakan politik ekonomi dan semakin kompleksnya kondisi sosial masyarakat serta pengaruh lingkungan eksternal lainnya, mendorong pemerintah untuk lebih mengukuhkan eksistensi Pegadaian dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 1990 tanggal 10 April 1990 tentang pengalihan bentuk dari Perusahaan Jawatan (Perjan) menjadi Perusahaan Umum (Perum).
Perum Pegadaian memiliki cabang-cabang yang tersebar di seluruh nusantara. Salah satunya yang terbesar adalah Cabang Perum Pegadaian Kebayoran Baru yang terletak di Jalan     Wijaya IX No.17 Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Setiap kantor cabang Pegadaian memiliki kebijaksanaan sendiri untuk menentukan barang agunan yang dapat diterima. Khusus untuk Cabang Perum Pegadaian Kebayoran Baru barang agunan yang dapat diterima adalah perhiasan berupa emas dan berlian, barang gudang berupa kendaraan bermotor (sepeda motor), handphone, dan laptop.
Syarat untuk menggadaikan pun sangat mudah, cukup datang ke kantor cabang kami dengan membawa barang agunan dan fotokopi identitas diri (KTP/SIM), kemudian mengisi Formulir Permintaan Kredit (FPK) dan kemudian menyerahkannya kepada Petugas kami. Dalam waktu ± 15 menit kredit telah cair, dengan besar pinjaman sesuai dengan nilai barang agunan yang ditaksir oleh Petugas kami.

Visi Dan Misi

VISI
Sebagai solusi bisnis terpadu terutama berbasis gadai yang selalu menjadi market leader dan mikro berbasis fidusia selalu menjadi yang terbaik untuk masyarakat menengah kebawah.
MISI

   Memberikan pembiayaan yang tercepat, termudah, aman dan selalu memberikan pembinaan terhadap usaha golongan menengah kebawah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

    Memastikan pemerataan pelayanan dan infrastruktur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan di seluruh Pegadaian dalam mempersiapkan diri menjadi pemain regional dan tetap menjadi pilihan utama masyarakat.

    Membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah kebawah dan melaksanakan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya perusahaan.



Sumber link :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pegadaian
http://ulgs.tripod.com/aboutme.htm
http://www.pegadaian.co.id/pegadaianbumn
https://id.wikipedia.org/wiki/Pegadaian_(perusahaan)
http://putrinazha.blogspot.co.id/2013/05/makalah-pegadaian_1.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.