Jumat, Oktober 14

@B32-Dian

Barito Pasifik untuk Indonesia lebih Baik
PT. Barito Pacifik adalah peusahaan yang bergerak dalam industry kayu namun tetap menjaga kelestarian lingkungan (ramah lingkungan). PT Barito Pasifik Tbk merupakan perusahaan pertama dan salah satu perusahaan yang berhasil mempertahankan HTI ( Hutan Taman Industri ). Perseroan merupakan salah satu pionir di bidang pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI), yang menerapkan cara pengolahan hutan berkelanjutan. Dengan cara pengelolaan hutan yang berkelanjutan ini, Perseroan membangun reputasinya sebagai salah satu pelopor perusahaan kehutanan ramah lingkungan yang muncul dari Asia. Kini produk dari PT.Barito Pacifik mengembangkan usahanya di bidang kehutanan, petrokimia, property, perkebunan, tambang, dan energy. Banyak pabrik PT. Barito Pacifik berlokasi di Banjarmasin, dan mempunyai kantor di Jakarta.
Dengan semakin berkembangnya usaha dari PT.Barito Pasifik, kini PT. Barito pasifik mempunyai 3 anak perusahaan. Yaitu :
  1. PT. Chandra Asri
  2. Tri Polita
  3. PT. Styrindo Mono Indonesi
PT. Chandra Asri bergerak dalam bidang olefin, minyak bumi etilena dan propilena. PT Styrindo Mono Indonesia merupakan satu-satunya produsen styrene di Indonesia  yang menguasai pasar hingga 80%. PT Styrindo Mono Indonesia mengekspor produknya ke China dan sejumlah Negara di asia tenggara.
Pada tanggal 1 oktober 1993 Barito Pasifik listing dengan mencatatkan penjualan saham perdana (IPO) di Bursa efek Jakarta dan Surabaya (sekarang BEI) dengan kode “BRPT”, dimana dana hasil IPO tersebut digunakan untuk memperluas bisnis industri kehutanan dan menjaga kelangsungan pasokan bahan baku pabrik pengolahan kayu.
PT. Barito Pasifik merupakan salah satu perusahaan yang cukup baik dalam dunia investasi, karena saat ini belum banyak perusahaan kayu yang ada di Indonesia dan juga yang sudah listing di BEI. Hal tersebut sangat baik dimanfaatkan karena belum banyak nya pesaing dalam industry. Dengan terus berinovasi dan  menjaga kualitas produk tidak akan dipungkiri PT. Barito Pasifik akan merajai dunia perkayuan di Indonesia. Hal yang paling menarik perhatian adalah PT Bariot Pasifik ini menerapkan cara pengolahan hutan berkelanjutan sehingga tetap menjaga kelestarian lingkungan sehingga menjaga keseimbangan lingkungan. Banyak sekali perusahaan di bidang industry kayu yang salah menerapkan system keseimbangan lingkungan dan hanya mengambil pohon pohon tanpa melakukan reboisasi sehingga menghancurkan keseimbagan alam. Cara seperti itu tidaklah baik dan jutru akan mendapat kecaman dari banyak pihak. Tetapi PT. Barito Pasifik melakukan tindakan yang sangat baik dengan menjadi Perseroan di salah satu pionir bidang pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI), yang menerapkan cara pengolahan hutan berkelanjutan sehingga tetap ramah lingkungan.
Dengan banyaknya keunggulan dari PT.Barito Pasifik, tidak menutup kemungkinan perusahaan ini sangat baik untuk dijadikan perusahaan tujuan dalam berinvestasi. Bentuk investasi yang sering dilakukan adalah investasi saham dan obligasi. Berinvestasi dalam jenis apapun jika perusahaan menunjukan kinerja yang bagus akan sangat menguntungkan bagi investor. Dalam investasi saham investor akan mendapatkan keuntungan berupa dividend dan capital gain. Dalam melakukan investasi obligasi akan mendapatkan keuntungan berupa bunga obligasi. Membeli saham perusahaan berarti telah menjadi pemilik dari Perusahaan tersebut. tentunya hal ini sangat membanggakan karena telah menjadi pemilik perusahaan di Perusahaan yang berkinerja dengan bagus. Terlebih lagi kini PT. Barito Pasifik telah melebarkan sayapya dengan berkembang pada banyak diservikasi bidang industry sehingga mengindikasi semakin baik kinerja perusahaan.

Sumber

1 komentar:

  1. @B25-Fajar
    Saran :
    Dalam menceritakan sejarah perusahaan sedikit membuat bingung pembaca , kurang improve

    BalasHapus