Jumat, Oktober 14

PT. SEMEN INDONESIA


Ini adalah sejarah singkat dari PT. Semen Indonesia, pada awalnya PT. Semen Indonesia bernama PT. Semen Gresik. Semen Gresik ini adalah perusahaan yang memproduksi semen. 

Perusahaan ini berdiri pada 7 Agustus 1957 oleh Presiden Soekarno di Gresik. Di tahun 1991 perusahaan ini tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya serta menjadi perusahaan BUMN pertama yang go public. Semen Gresik sendiri mempunyai cadangan bahan baku dalam jumlah besar dan kualitas terbaik. Tentunya dapat menjamin kelangsungan produksi semen dalam jangka waktu panjang. Didalam Perusahaan ini memiliki empat merek yakni Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa dan Thang Long Cement yang diproduksi di Vietnam.  
Namun pada Januari 2013, nama PT. Semen Gresik (Persero) Tbk berubah menjadi PT. Semen Indonesia. Pergantian nama itu juga diiringi pergantian logo. Perubahan nama ini diharapkan bisa menyatukan seluruh potensi grup. Di tahun 2013, perusahaan ini memulai pembangunan dua pabrik baru berkapasitas masing-masing tiga juta ton, yakni di Padang, Sumatera Barat, dan Rembang, Jawa Tengah. Selain melakukan ekspansi dalam negeri, Semen ini akan melakukan ekspansi ke luar negeri terutama di kawasan Asia Tenggara.  Penggantian nama tersebut, sekaligus merupakan langkah awal dari upaya merealisasikan terbentuknya Strategic Holding Group yang ditargetkan dan diyakini mampu mensinergikan seluruh kegiatan operasional.
Setelah memenuhi ketentuan hukum yang berlaku, pada tanggal 7 Januari 2013 ditetapkan sebagai hari lahir PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.
Perseroan menggunakan nama Semen Indonesia dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang krusial, mencakup nama tersebut bisa merefleksikan ambisi dari grup, Merangkul karakteristik nasional dari perusahaan yang mencakup ketiga OpCo, Melalui nama tersebut sejarah dan tradisi tetap dihormati, Melalui nama Semen Indonesia, seluruh Opco tetap dapat menggunakan keberadaan merek eksisting secara optimal, mengingat pengenalan merek baru akan sangat menyita waktu dan biaya.
Perseroan juga telah mempertimbangkan bahwa nama Semen Indonesia sangat sejalan dengan sasaran pembentukan Holding dari berbagai aspek, mencakup kemampuan untuk meningkatkan Sinergi, Kemudahan Implementasi, Meningkatkan potensi pemasaran dan pertumbuhan.
PT. Semen Indonesia ini juga berlokasi sangat strategis di Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Vietnam menjadikan Semen Indonesia mampu memasok kebutuhan semen di seluruh tanah air yang didukung ribuan distributor, sub distributor dan toko-toko. Selain penjualan di dalam negeri, Semen Indonesia juga mengekspor ke beberapa negara antara lain: Singapura, Malaysia, Korea, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Kamboja, Bangladesh, Yaman, Norfolk USA, Australia, Canary Island, Mauritius, Nigeria, Mozambik, Gambia, Benin dan Madagaskar.
PT. Semen Indonesia ini pernah mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya yaitu penghargaan PT. Semen Indonesia melalui merk produknya Semen Gresik memperoleh penghargaan Top Brand 2013, Penghargaan Lingkungan Hidup 2013 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan penghargaan lainnya.
Visi dari PT. Semen Indonesia ini adalah menjadi perusahaan persemenan internasional yang terkemuka di Asia Tenggara. Sedangkan misi dari PT. Semen indonesia ini sendiri ada beberapa, diantaranya yaitu mengembangkan usaha persemenan dan industri terkait yang berorientasikan kepuasan konsumen, mewujudkan perusahaan berstandar internasional dengan keunggulan daya saing dan sinergi untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan, mewujudkan tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan, Memberikan nilai terbaik kepada para pemangku kepentingan (stakeholders), Membangun kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia.
Sejalan dengan visi dan misi perusahaan, Perseroan berkomitmen untuk menjadikan GCG sebagai budaya dalam mengelola perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Perseroan menetapkan misi GCG yakni mewujudkan tercapainya kesinambungan perusahaan melalui pengelolaan yang didasarkan pada prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi serta kewajaran dan kesetaraan. Mewujudkan pemberdayaan fungsi dan kemandirian masing-masing organ perusahaan, yaitu Rapat Umum Pemegang Saham, Dewan Komisaris dan Direksi. Dan mewujudkan seluruh organ perusahaan dalam pengambilan keputusan senantiasa dilandasi oleh nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Melalui komitmen yang tinggi dan konsistensi terhadap penerapan tata kelola perusahaan yang baik, Perseroan meyakini akan dapat mencegah praktik-praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta meningkatkan fungsi pengawasan dalam pengelolaan Perseroan. Selain hal tersebut, konsistensi penerapan GCG diharapkan juga dapat meningkatkan kinerja usaha dan pertumbuhan berkelanjutan yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai Perseroan (corporate value) bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.


Daftar Pustaka:







29 komentar:

  1. @A38-TIANA
    Artikel ini kurang memaparkan bagaimana proses PT semen pada tahun 2014 sampai sekarang

    BalasHapus
  2. @38-TIANA
    artikel ini kurang memaparkan bagaimana proses PT semen pada tahun 2014 smpai sekarang

    BalasHapus
  3. Saran : paparkan lagi proses PT semen pada tahun 2014 smpai skrang

    BalasHapus
  4. @A31-Regaya
    Pembahasan yang saya dapat misalkan perusahaan yang tidak hanya mendapatkan keuntungan melainkan juga memperhatikan lingkungan sekitar (ramah lingkungan) dan

    BalasHapus
  5. Saran : paparkan lagi proses PT semen pada tahun 2014 smpai skrang

    BalasHapus
  6. A48-NITA
    Menurut saya artikel ini sudah baik. Namun seharusnya bisa lebih dikembangkan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami lagi.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. @A23-FAJAR
    Dari artikel ini saya mendapatkan informasi yang cukup tentang PT. Semen Indonesia, perusahaan ini memiliki bisi misi yang cukup berpengaruh kepada masyarakat banyak, dan saran dari saya PT. Semen Indonesia ini harus harus bisa memiliki pelayanan yang lebih baik lagi dari sebelumnya

    BalasHapus
  9. A-17-WILMAR
    MENURUT SAYA PERLU DIKEMBANGIN AJA LEBIH BANYAK LAGI TENTANF ARTIKEL INI.DAN KALAU BISA BIKIN MINDMAPPINGNYA JANGAN PAKE ADA GAMBAR MICKEY MOUSE

    BalasHapus
  10. @A36-WILDA menurut saya pada artikel ini kurang lengkap dalam memaparkan perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun. Saran : sejauh ini artikelnya sudah cukup lengkap namun dapat lebih baik lagi jika informasi perkembangan perusahaan ditambah

    BalasHapus
  11. @A36-WILDA menurut saya pada artikel ini kurang lengkap dalam memaparkan perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun. Saran : sejauh ini artikelnya sudah cukup lengkap namun dapat lebih baik lagi jika informasi perkembangan perusahaan ditambah

    BalasHapus
  12. @A19 M.syahril Permana

    Komentar saya mengenai artikel berikut adalah sudah cukup baik dan jelas hanya saja kurang menjelaskan mengenai kondisi perusahaan saat ini hanya menceritakan pada zaman dulu dan penghargaan yang di dapat.

    BalasHapus
  13. @A19 M.syahril Permana

    Komentar saya mengenai artikel berikut adalah sudah cukup baik dan jelas hanya saja kurang menjelaskan mengenai kondisi perusahaan saat ini hanya menceritakan pada zaman dulu dan penghargaan yang di dapat.

    BalasHapus
  14. @A42-GILDA

    Menurut saya, artikel ini sudah lengkap karena menjelaskan tentang sejarah dan visi misi Pt.Semen secara detail. Tetapi mindmap pada artikel ini ada kartun nya jd tidak nyambung dengan Perusahaan itu sendiri. Lebih baik jika mindmap nya ada hubungannya dengan Perusahaannya

    BalasHapus
  15. @A24_AULIA IZZATI SABILAH


    artikel ini sudah cukup di mengerti dengan bahasa yg mudah di
    mengerti, dan dilengkapi oleh mind mapping juga. saran untuk artikel ini. di ringkas lg bagaimana awal sejarah dan perkembangan perusahaan di tahun ini.

    BalasHapus
  16. @A22 Alvian
    Mind map sudah cukup menarik, mampu menarik orang untuk membaca artikel ini. Hanya saja tulisan yg ada pada mind map tersebut terlalu kecil dan padat, akan lebih baik hanya poin inti saja yg masuk pada mind map tersebut

    BalasHapus
  17. @A40-NURUL artikelnya sudah jelas, tapi kalau bisa diringkas lagi dengan bahasa yg mudah dipahami, mindmap nya juga sudah menarik tp kalau bisa gambar kartun nya itu di ganti dengan yang sesuai artikel

    BalasHapus
  18. @18 fikri al kahfi
    artikelnya sudah jelas cuman kurang dperjelaskan penghargaan dalam pt tersebut

    BalasHapus
  19. @18 fikri al kahfi
    artikelnya sudah jelas cuman kurang dperjelaskan penghargaan dalam pt tersebut

    BalasHapus
  20. A03_Yosua Albert
    Komentar: Penulisan artikel yang rapi dan jelas

    Saran : Diberikan kesimpulan pada setiap konten

    BalasHapus
  21. A03_Yosua Albert
    Komentar: Penulisan artikel yang rapi dan jelas

    Saran : Diberikan kesimpulan pada setiap konten

    BalasHapus
  22. @A37-KHADAFI. Komentar: mindmap sangat menarik dan jelas. Tapi gambar seperti anak-anak (gambar mickey mouse) kurang cocok dan tidak sesuai atau tidak ada hubungannya dengan perusahaan, penjelasan sudah lengkap. Over all bagus. Saran: gambar mickey mouse sebaiknya diganti. Makasih :)

    BalasHapus
  23. @43-ANIDA

    artikelnya sudah lengkap mungkin bisa dipersingkat lagi. Mindmapnya pun sudah cukup menarik tapi kalo bisa backgroundnya atau temanya disesuaikan dengan jenis artikelnya.

    BalasHapus
  24. @B34-varkhan.
    menurut saya artikel sudah baik dan lengkap. Saran saya agar mindmap nya lebih dirapihkan dari segi tampilan dan gambarnya lebih di sesuaikan.

    BalasHapus
  25. @B15-HASRIA
    artikel ini cukup menarik dan mudah untuk dibaca sehingga pembaca dengan melihat brand tersebut dapat lebih semangat untuk mengetahui isi artikelnya.
    terimakasih

    BalasHapus
  26. @B18-MELIANA
    Pendapat saya tentang artikel ini cukup menarik dan lengkap, dalam pembuatan mind mapnya juga menarik.

    BalasHapus
  27. @B33-DIMAS

    Komentar: tidak ada mindmap, tidak ada visi misi, Selebihnya sudah bagus

    Saran: buatlah minmap, visi misi perusahaan kurnag spesifik penjelasannya

    BalasHapus
  28. @b19-ferza mahardika :

    Artikel ini cukup jelas dan di mengerti oleh saya sebagai pembaca... Pembuatan mind mapnya juga unik dan terkesan menarik..

    BalasHapus
  29. @b19-ferza mahardika :

    Artikel ini cukup jelas dan di mengerti oleh saya sebagai pembaca... Pembuatan mind mapnya juga unik dan terkesan menarik..

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.