Kamis, November 3

Berau Coal Energy

Pertama didirikan pada tanggal 07 September 2005, perusahaan ini menggunakan PT Risco. Berau Coal Energy memiliki kantor pusat di Jakarta, tepatnya berlokasi di Sampoerna Strategic Square, North Tower, Lantai 15 dan 16, Jl. Jend. Sudirman Kav. 45, Jakarta 12930, Indonesia.
Perusahaan ini mempunyai induk usaha, yaitu Vallar Investments UK Limited, dan memiliki induk utama yaitu, Asia Resource Minerals plc (dahulu Bumi Plc). Kedua induk merupakan perusahaan asal Inggris. Namun saham terbesar  Asia Resources Minerals plc dengan total 94,19 % dipegang oleh Asia Coal Energy Venture Limited.
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, BRAU bergerak di bidang perdagangan, pertambangan, perkebunan, konstruksi, real-estate, agrikultural, percetakan, industri, transportasi dan jasa. Namun demikian BRAU kegiatan usaha utama yang dilakukan ialah menjadi perusahaan induk dari entitas anak yang beroperasi dalam bidang batubara. Merek nya yang menjadi andalan ialah Ebony, Mahoni-B, Agathis dan Sungkai.
PT. Berau Coal Energy Tbk. (BRAU) beroperasi dalam eksplorasi, pengembangan, penambangan, pemasaran, perdagangan dan pengangkutan batubara di Kalimantan. BRAU tercatat di Bursa Efek Indonesia di tahun 2010 pada Papan Utama. Perusahaan didirikan pada tahun 2005 dan berpusat di Berau, Kalimantan Timur dengan kantor perwakilan yang terletak di Jakarta, Indonesia.
Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 06 Agustus 2010, BRAU dinyatakan efektif oleh Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham BRAU (IPO) kepada masyarakat sebanyak 3.400.000.000 dan memiliki nominal Rp.100,- per sahamnya, ditambah dengan penawaran Rp400,- per sahamnya. Melalui prestasi BRAU ini lah, kehadiran perusahaan batu bara ini semakin di kenal, bahkan di kancah dunia.
NILAI BRAND:
  • Semangat yang eksponensial, menjadikan kami untuk senantiasa inovatif, berorientasi ke masa depan dan proaktif.
  • Transformasi yang eksponensial, menjadikan kami terus menjadi yang terdepan, profesional dan progresif.
  • Kami adalah perusahaan terpercaya, berfokus kepada pelanggan dan terus untuk menjalankan kepatuhan demi tercapainya manfaat yang eksponensial.

Kode Etik PT. Berau Coal

Pelaksanaan kode Etik 
Semua manajemen dan karyawan Perusahaan wajib mentaati Kode Etik ini setiap saat selama melakukan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis Perusahaan. Pelanggaran Kode Etik termasuk:
  • Pelanggaran langsung dari ketentuan dalam Kode Etik;
  • Tidak melaporkan pelanggaran yang diketahui atau dicurigai;
  • Merugikan dengan cara apapun pihak yang melaporkan pelanggaran yang diketahui            atau dicurigai; dan/atau
  • Tidak mau bekerjasama dengan penyelidikan Perusahaan terhadap kemungkinan                pelanggaran Kode Etik ini.
Apabila merasa ragu-ragu terhadap tanggungjawab dan kewajiban yang berhubungan dengan Kode Etik ini, manajemen dan karyawan wajib meminta saran kepada Penasehat Umum.
Struktur Kode Etik
Kode Etik ini terdiri dari empat bagian, masing-masing berhubungan dengan area kegiatan dan tanggungjawab:
  1. Kode Etik Bisnis
  2. Lingkungan Kerja
  3. Mitra Usaha
  4. Masyarakat dan Lingkungan
Untuk tiap bagian terdapat Panduan Prinsip dan Pernyataan Kode Etik yang disertai penjelasan garis besar. Kode Etik adalah berbasis prinsip dan tidak berisi panduan atau instruksi mengenai praktek tertentu. Kami saat ini sedang mengkaji kebijakan dan praktik, termasuk yang sudah dijalankan dalam Perusahaan, untuk memastikan konsistensi Kode Etik ini.
Mengungkapkan Kekhawatiran
Semua karyawan diminta melaporkan dan mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap semua pelanggaran terhadap Kode Etik ini yang dicurigai atau diketahui dan harus melakukannya dengan niat baik, adil, jurur dan rasa hormat.
Pihak manajemen lini bertanggungjawab untuk menindaklanjuti, dan melaporkan ke atas bila diperlukan, semua kekhawatiran yang muncul.
Tak seorangpun yang mengungkapkan kekhawatiran harus merasa takut atau merasa dirugikan karena telah melakukan hal tersebut.

1. Kode Etik Bisnis

Prinsip Panduan: kami berkomitmen melaksanakan bisnis dengan cara yang terbuka, jujur dan beretika, hal ini penting bagi reputasi kami dan dalam usaha membangun kepercayaan dan penghormatan dari pemangku kepentingan utama kami.
Pernyataan Kode Etik (dengan penjelasan garis besar)
Kami tidak mentolerir penyuapan dalam bentuk apapun.
Penyuapan adalah kegiatan menawarkan, menjanjikan atau memberikan uang atau manfaat lain kepada orang lain dengan maksud mendorong untuk melakukan perbuatan yang tidak pantas. Kami berkomitmen melakukan bisnis dengan cara terbuka, jujur dan beretika dan taat kepada semua hukum lokal dan internasional yang berlaku yang berhubungan dengan penyuapan dan korupsi.
Kami tidak terlibat dalam kegiatan pencucian uang.
Pencucian uang adalah kegiatan yang berhubungan dengan uang yang didapat secara melanggar hukum.
Kami tidak menerima atau memberikan hadiah dan hiburan yang dapat mempengaruhi penerima secara tidak pantas.
Kami menghargai upaya membangun hubungan bisnis yang kuat, tetapi dalam melakukan hal tersebut kami tidak akan menawarkan atau menerima hadiah atau hiburan yang dapat menimbulkan risiko mempengaruhi pihak tertentu secara tidak pantas. Hal ini berlaku untuk pembayaran langsung atau keuntungan lain, termasuk penyediaan barang atau jasa, kesukaan atau hiburan pribadi.
Kami selalu waspada terhadap potensi konflik antara kepentingan pribadi dan kepentingan Perusahaan.
Konflik kepentingan muncul ketika kepentingan pribadi mempengaruhi, atau dipandang mampu mempengaruhi pertimbangan seseorang, bahkan secara tidak sadar, untuk menyimpang dari kepentingan perusahaan.
Kami memastikan bahwa semua informasi keuangan dan non-keuangan yang dihasilkan dan disimpan dalam perusahaan adalah lengkap dan akurat.
Standar praktek ini diperlukan untuk memenuhi persyaratan hukum dan peraturan, memenuhi tanggungjawab kami kepada pemangku kepentingan dan memungkinkan kami membuat keputusan mengenai bisnis kami.
Kami memberikan informasi akurat dan tepat waktu kepada pemangku kepentingan eksternal.
Ini adalah kewajiban hukum dari sebuah perusahaan publik. Adalah penting untuk menghindari kerusakan atau mempertaruhkan integritas atau reputasi Perusahaan. Semua informasi harus disiapkan dan dilaporkan sesuai dengan Kebijakan Pengungkapan Perusahaan.
Kami melindungi Perusahaan dari penggunaan yang tidak semestimnya terhadap informasi rahasia yang disimpan dalam Perusahaan.
Informasi rahasia termasuk informasi yang tidak dapat diakses setiap orang yang berhubungan dengan kegiatan kami, hasil usaha atau rencana yang dapat mempengaruhi tingkat daya saing atau berisi nilai harga yang sensitif (contohnya, informasi orang dalam). Informasi jenis ini tidak boleh diungkapkan keluar Perusahaan atau dengan cara yang tidak pantas dalam Perusahaan. Informasi rahasia tidak boleh dipakai untuk keuntungan pribadi oleh siapapun. Panduan mengenai informasi yang sensitif terhadap harga terdapat dalam Kebijakan Pengungkapan Perusahaan.
Kami mengharapkan karyawan kami melindungi dan menggunakan aset Perusahaan secara pantas.
Kami mengharapkan aset Perusahaan digunakan hanya untuk kepentingan bisnis. Pengambilan tidak sah dari peralatan, bahan-bahan atau sumberdaya lainnya dianggap sebagai pencurian. Menejemen dan karyawan bertanggungjawab untuk memastikan aset Perusahaan dipakai secara pantas setiap waktu.

2. Lingkungan Kerja

Panduan Prinsip: Mencapai standar tinggi kesejahteraan pribadi, termasuk penyediaan lingkungan kerja yang aman dan baik, adalah tujuan utama keberhasilan bisnis kami.
Pernyataan Kode Etik yang Diharapkan (dengan penjelasan garis besar)
Kami berkomitmen menciptakan lingkungan yang aman dan sehat bagi semua karyawan dan kontraktor.
Kami tidak mengompromikan nilai-nilai kesehatan dan keselamatan kami dengan keuntungan atau produksi. Kami menjunjung tinggi prinsip bahwa bekerja dalam lingkungan yang sehat dan aman adalah syarat utama sebuah pekerjaan.
Setiap individu bertanggung jawab untuk menjalankan dan mengkomunikasikan kebijakan kesehatan dan keselamatan di setiap setiap waktu dan di setiap kesempatan.
Kami tidak mentolerir perilaku yang tidak pantas atau pelecehan.
Perilaku tidak pantas adalah perilaku yang tidak sesuai dengan budaya dan norma hukum yang berlaku secara umum.
Pelecahan muncul ketika seseorang merasa terancam atau tersakiti oleh perbuatan orang yang lain.
Kami menjunjung tinggi keberagaman, keadilan dan rasa hormat dalam lingkungan kerja kami.
Kami melarang keputusan diambil berdasarkan hal-hal yang tidak terkait dengan kinerja pekerjaan. Ini termasuk ras, suku, warna kulit, jenis kelamin, agama, asosiasi pribadi, asal negara, umur, kecacatan, keyakinan politik, status pernikahan, orientasi seksual, tanggungjawab keluarga.
Kami mengharapkan semua keputusan yang terkait dengan pemilihan dan keberlanjutan suplier, demikian juga pengembangan dan peningkatan karyawan didasarkan oleh evaluasi yang sesuai.
Kami menghormati privasi dan kerahasiaan pribadi.
Kami tidak mengungkapkan informasi pribadi terkait dengan individu kecuali diharuskan oleh hukum, untuk memenuhi kewajiban sebagai pemberi kerja atau menjalankan kepentingan bisnis sah kami, atau dimana dengan jelas ijin dari individu yang bersangkutan telah diberikan.
Kami berkomitmen mengembangkan karyawan kami dan memberikan penghargaan berdasarkan keberhasilan dan capaian.
Pengembangan karir dilakukan melalui pelatihan, mobilitas dan dukungan terus menerus.
Penghargaan karyawan kami harus sepadan dengan kontribusi mereka terhadap keberhasilan kami.

3. Mitra Bisnis

Prinsip Panduan: kami akan menjaga standar kode etik bisnis kami dalam berhubungan dengan semua mitra usaha, untuk mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dan melindungi reputasi kami.
Pernyataan Kode Etik yang Diharapkan (dengan penjelasan garis besar)
Kami berbisnis secara sah dan wajar setiap saat.
Kami menghormati semua persyaratan hukum dan praktik yang terkait, termasuk pengawasan bisnis yang diterapkan oleh otoritas internasional, baik di negara tempat kami menjalankan operasi maupun negara-negara lain yang menjadi bagian dari rantai bisnis kami dalam mendapatkan penyediaan material dan pengiriman produk.
Kami tidak memenangkan atau berusaha untuk mempertahankan hubungan bisnis apapun melalui kegiatan ilegal atau yang melanggar perjanjian kontrak.
Hubungan dengan pelanggan dan suplier harus adil dan jujur, dalam batasan komersil dan sesuai dengan perjanjian kontrak dan hukum dan peraturan yang berlaku.
Kami mengharapkan semua kontraktor, perantara dan agen yang bertindak mewakili Perusahaan untuk mematuhi prinsip-prinsip Kode Etik kami.
Pemilihan, berkontrak dengan dan manajemen pihak ketiga dan/atau agen yang bertindak atas nama Perusahaan harus menghindari hal-hal yang tidak pantas yang dapat merusak reputasi kami dan menjadikan Perusahaan atau individu karyawan menghadapi sanksi hukum atau lainnya.

4. Masyarakat & Lingkungan

Prinsip Panduan: Melindungi dan menjaga masyarakat dan lingkungan tempat kami beroperasi adalah hal yang mendasar untuk mempertahankan ijin kami untuk beroperasi dan sebagai bisnis yang lestari.
Pernyataan Kode Etik yang Diharapkan (dengan penjelasan garis besar)
Kami berkomitmen mengembangkan standar tertinggi perlindungan dan pengelolaan lingkungan.
Kami tidak mengkompromikan nilai-nilai lingkungan hidup demi keuntungan atau produksi.
Keputusan strategis dan operasional kami didasarkan oleh praktik-praktik lingkungan hidup internasional terbaik untuk industri energi dan pertambangan, sebagai tambahan dari persyaratan dan harapan lokal.
Kami menjunjung tinggi hak asasi manusia di wilayah dimana kami dapat memberi pengaruh dan dampak.
Standar kami berdasarkan konvensi internasional yang diakui mengenai hak azasi manusia termasuk Deklarasi Hak Asasi Manusia PBB.
Kami akan bermitra dengan, dan mengembangkan, masyarakat di sekitar wilayah operasi kami untuk mencapai manfaat bersama jangka panjang.
Hubungan dengan masyarakat yang erat yang menghasilkan advokasi yang baik memungkinkan kami melanjutkan dan memperluas operasi kami. Termasuk dalam hal ini adalah masyarakat lokal, regional, nasional dan global.
Kami ining mempertahankan kerlibatan proaktif dan konstruktif dengan masyarakat lokal yang terpengaruh oleh kegiatan operasi kami, dan berinvestasi untuk membantu mereka berkembang secara berkelanjutan.
Kami akan berkontribusi terhadap pengembangan sosial ekonomi.
Kontribusi ekonomi kami terdiri dari pembayaran pajak, royalti dan pembayaran lain serta donasi. Kami selalu transparan dalam hal kontribusi kami dan manfaatnya.
Kami akan aktif berpartisipasi dalam wacana global seputar pengelolaan lingkungan hidup dan sosial.
Kami ingin menerapkan praktik terbaik. Menginvestasikan waktu dan sumberdaya kami untuk mendukung inisiatif-inisiatif lokal, nasional dan/atau internasional akan memungkinkan kami berkontribusi terhadap pengembangan praktik-praktik terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.