Selasa, Desember 27

Ayam Kremes Sambal Jablay (Bisnis Plan)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Haus Nasionalisme, merupakan bisnis distro online yang menawarkan pakaian dengan desain gambar dan teks unik yang dapat menunjukkan identitas kita sebagai warga Indonesia serta mengobarkan rasa nasionalisme kita. Pemilihan nama dan kepanjangan Lest Look & Wear (L2&W) memiliki maksud yang pertama, ditijau dari kepanjangannya, adalah desain yang khas tentang Indonesia yang dapat mengobati rasa haus nasionalisme warga Indonesia.
Maksud kedua, ditinjau dari singkatannya yang artinya  “lakukan di rumah” ini merujuk pada cara pemesanan yang sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah masing-masing konsumen, yaitu dengan mengakses web blog dan memesannya secara online. Selain kemudahan untuk mengakses Lest Look & Wear (L2&W) juga menawarkan pakaian dengan desain menarik bagi para konsumen yang ingin mengenakan pakaian dengan menunjukkan ke-Indonesia-annya dan rasa cinta tanah airnya. Sebagai upaya memperluas jangkauan konsumen maka Lest Look & Wear (L2&W) akan bekerjasama dengan distro-distro di daerah Indonesia untuk menitipkan produk.
            Keunggulan produk-produk Lest Look & Wear (L2&W) dengan menjaga elemen-elemen utama yang di tawarkan di Lest Look & Wear (L2&W), antara lain:
·         Bahan pakaian yang berkualitas tinggi dan nyaman dipakai.
·         Jahitan pakaian yang rapi.
·         Metode pemasaran yang unik.
·         Desain kaos yang bagus dan dibuat dalam jumlah terbatas.
·         Jaminan mutu dan kejujuran bisnis online.
            Tahap awal dari bisnis ini adalah membuka tempat utama produksi dan penyimpanan dalam rumah sendiri di Jl.Jeruk purut Jakarta Selatan dan menjualnya dengan online dan dari mulut ke mulut.

Identifikasi Peluang Bisnis
               Kaos merupakan barang-barang produk distro yang menjadi menu wajib untuk memunuhi style sandang rakyat Indonesia, para pemuda khususnya. Trend tingkat perekonomian Indonesia yang semakin baik menjadikan daya beli masyarakat semakin meningkat pula, sehingga masyarakat mulai beranjak memilih barang dengan desain dan style yang menarik.
               Pakaian yang bertuliskan dan bergambar tentang tempat serta sesuatu yang khas negara lain sering dijumpai di pasar dalam negeri, seperti kaos dan topi dengan tulisan  New York, LA, Sydney, Texas, dan lain-lain. Warga Indonesia sangat sulit untuk mencari pakaian dengan desain gambar dan teks mengenai negara sendiri, Indonesia, kecuali di tempat wisata dan stadion olahraga. Maka dari itu terobosan pakaian Lest Look & Wear (L2&W) dengan desain gambar dan teks mengenai sesuatu yang khas dari Indonesia akan sangat laku di negerinya sendiri dan dapat mengobati rasa “haus nasionalisme” warga Indonesia.


Penjelasan Produk
               Produk yang akan ditawarkan oleh Lest Look & Wear (L2&W) adalah pakaian dengan desain gambar dan teks mengenai Indonesia. Sebagai awal berdirinya akan diproduksi adalah Kaos dan Sweter hodie.
               Kaos adalah jenis pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Kaus oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Bahan yang digunakan untuk membuat kaus oblong Lest Look & Wear (L2&W)adalah cotton combed yang nyaman digunakan. Kaos akan diproduksi dengan ukuran S, M, L, dan XL, untuk ukuran HS, XXL, serta XXXL dapat dipesan khusus dan menunggu pemesanan hingga 10 unit dengan desain yang sama.
Tujuan
Tujuan dalam membangun bisnis terbagi menjadi dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus, antara lain sebagai berikut:
Tujuan umum :
·         Membuat pakaian dengan tema Indonesia yang unik dan menarik
·         Mendapatkan keuntungan dari bisnis ini
Tujuan Khusus :
·         Meningkatkan rasa kecintaan para masyarakat pada Indonesia
·         Menarik perhatian masyarakat dengan desain unik serta teks yang menambah rasa nasionalisme yang terdapat pada kaos
·         Memberikan pilihan kaos dengan desain yang kental akan budaya khas Indonesia
·         Mengobati rasa haus nasionalisme yang selama ini semakin terasa menurun dari masyarakat Indonesia
 Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari bisnis Lest Look & Wear (L2&W)ini adalah sebagai berikut:
·         Sebagai ajang promosi tempat-tempat serta budaya khas Indonesia pada masyarakat lewat desain kaos ini
·         Menjadi ajang menunjukkan nasionalisme dengan memakai kaos yang berdesain khas budaya Indonesia
·         Sebagai penawar dominasi pakaian dengan desain yang khas luar negeri


BAB II
ANALISA SWOT
Keunggulan produk (Strength) 
·         Desain yang unik                                                                          
·         Terbuat dari bahan yang nyaman                                                 
·         Teks dengan kata-kata yang menarik tentang Indonesia             
·         Gaya jaman sekarang                                                                   
Kelemahan (Weakness) 
·         Modal yang dibutuhkan cukup besar                                           
·         Tempat pemasaran                                                            
·         Peralatan yang kurang memadai                                                  
·         Pengalaman bisnis yang kurang                                                   
Opportunities 
·         Bahan-bahanya mudah di dapatkan                                             
·         Cara pemesanan yang mudah dilakukan lewat internet               
·         Banyaknya konsumen karena cocok untuk semua usia                
·         Banyak distro dan tempat pemasaran yang bisa diajak berkerja sama
·         Banyak anak muda yang mencari kaos dengan desai
unik dan  menarik                                                                            
Threat
·         Adanya pesaing usaha serupa                                                      
·         Ketidakpercayaan konsumen akan bisnis online                          
·         Produk baru yang belum dipatenkan, ada tindakan plagiat   
      

BAB III
PERENCANAAN BISNIS

  DISTRIBUSI PRODUK
Dikarenakan masih tahap awal memulai bisnis ini serta sifat bisnisnya online, saya belum berencana untuk membuka sebuah kios khusus untuk pemasaran produk. Saya berencana membuka pusat Lest Look & Wear (L2&W) di Jeruk Purut Jakarta Selatan untuk proses produksi dan penyimpanan. Pemasaran akan dilakukan dengan cara menjual ataupun dari mulut ke mulut Selain itu produk Lest Look & Wear (L2&W)juga bisa dipesan secara online, dan untuk melihat produk-produknya dapat dilakukan di web blog resmi yang akan segera di-release dan dipublikasikan sejalan dengan produk awal.
 PENGEMASAN
Produk ini akan dikemas dengan plastik pembungkus kaos agar tetap rapi dan teratur sampai di rumah serta dibungkus lagi kresek yang bergambarkan logo Lest Look & Wear (L2&W)

LOKASI USAHA
Lokasi usaha direncanakan di rumah yang beralamatkan Jl. Jeruk Purut Jakarta Selatan sebagai tempat proses produksi dan penyimpanan produk. Tempat pemasaran dibagi menjadi dua, yang pertama di dunia maya, yaitu terpusat pada web blog resmi Lest Look & Wear (L2&W). Untuk tempat pemasaran yang kedua adalah dari mulut ke mulut dari orang ke orang. 
 Pasar yang dituju
:
1.      Segmen1: Pasrah/introvert Wall Flower
2.      Segmen2: Gaul Glam/ The Networking Pleasure Seeker
3.       Segmen3: Orang Alim/ Confident establish.
4.      Segmen4: Anak Nongkrong/ The change expect Lad

Pelaku konsumen sasaran:
Majunya teknologi, terutama IT (information technology) yang mempunyai indikasi meningkatnya aktivitas manusia di dunia maya/internet. Begitu pula dengan sasaran konsumen Lest Look & Wear (L2&W)yang sering beraktivitas di jejaring sosial sampai melakukan transaksi secara online
Salah satu periaku konsumen di Indonesia khususnya anak muda sekarang adalah berbelanja mengikuti perkembangan model masa kini. Tempat berbelanja umumnya adalal di Mall, Distro, dan Pasar. Perilaku konsumtif masyarakat indonesia merupakan salah satu cirri masyarakat Indonesia yang mudah menerima produk baru yang dikeluarkan.
Berbelanja di Distro sudah merupakan kebiasaan dari anak muda baik di daerah perkotaan maupun daerah pedesaan. Salah satu kebiasaan anak muda untuk mengikuti perkembangan jaman dengan membeli barang bermerk.
BAB IV
   Tingkat persaingan
Tingkat pesaing yang ada cukup banyak mengingat banyaknya produsen kaos di daerah Indonesia, selain itu bisnis online semakin berkembang dan pengusaha bisnis online juga semakin banyak.

MODAL
Untuk spesifikasi harga yang  disurvei :
-   Kaos reglan :
1  kaos reglan M katun Combed : Rp 29.500
1 kaos reglan L katun combed : Rp.34.000
1 kaos reglan XL katun combed : Rp.36.000
1 kaos reglan XXL katun combed : Rp.40.000

-   Jaket Hoody :
1  jaket bahan hoody L: Rp 80.000
1 jaket bahan hoody M : Rp 80.000

KEUNTUNGAN                   

Perkirann dalam satu barang kaos reglan maupun sweater hoody lumayan buat sehari-hari  Dalam baju reglan dari harga : reglan Rp29.500 – Rp 40.000 bisa menjual Rp 70.000 per barang maka dapat Rp 30,000 - Rp 40.000.
Dan dalam sweater hoody dari harga Rp 80.000 bisa menjual Rp100.000 hingga Rp110.000 maka keuntungan yang diperoleh Rp20.000 - Rp30.000

BAB V
KESIMPULAN

Dari pembahasan yang telah dijelaskan diats dapat diambil kesimpulan bahwa usaha baju Lest Look & Wear (L2&W) ini dapat membuka peluang usaha yang cukup besar dengan memperkuat konsep dan pemasaran yang akan dilakukan agar usaha ini lebih maju dan lebih besar lagi. Dan dengan konsep pemasaran yang saya jelaskan diatas akan menjadi konsumen merasa puas dan pensaran dengan barang-barang yang terbaru lagi.

            


Tidak ada komentar:

Posting Komentar