Rabu, Desember 28

Pemograman Web Development


BAB I
GAMBARAN UMUM  USAHA
1.1 Sejarah Usaha
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap komputer baik itu pekerja kantoran maupun pelajar yang dalam kegiatan sehari-hari tidak bisa dilepaskan dari komputer.
Dalam kondisi saat ini, dimana begitu cepatnya transformasi informasi dan juga makin terjangkaunya sarana komunikasi didukung penggunaan internet di masyarakat yang semakin berkembang pesat mendorong individu untuk mempunyai sarana komunikasi tersebut. Dari sedikit penjabaran diatas inisiatif kami muncul untuk membuat toko komputer dengan nama “Planet Komputer”. Ditoko komputer ini , kami melayani servis komputer dan juga laptop. Dan kami juga menyediakan berbagai perangkat , assesoris , dan alat pada perangkat komputer maupun laptop serta menerima jasa desain logo dan web ( sebagai usaha sampingan ).
Untuk memulai sebuah usaha, hal pertama yang pasti dan tidak bisa dilepaskan adalah pengetahuan kita akan peluang pasar dan cara untuk mendapat pesanan (order). Bagaimana peluang pasar yang ada kita serap agar usaha kita dapat mendapat orde dan kepercayaan oleh masyarakat luas, disusul kemampuan kita untuk menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kita mampu bersaing secara sehat dengan mereka melalui harga, pelayanan dan kualitas. Dan, tidak kalah pentingnya untuk mempersiapkan mental, gagal mencoba tidak lebih baik daripada berani mencoba tetapi masih gagal, karena kegagalan adalah sukses yang tertunda.
1.2 Visi Usaha
Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal perlengkapan perangkat keras alat-alat komputer (hardware) serta perangkat lunaknya (software). .
1.3 Misi Usaha
Misi “ Planet Komputer “ untuk mencapai visi di atas adalah :
1. Selalu menyediakan produk terbaik untuk pelanggan.
2. Pelayanan penuh keramahan dan kesopanan.
3. Selalu Up To Date dalam penyediaan produk.
4. Tidak melakukan kecuarangan – kecurangan yang dapat merugikan konsumen.
1.4 Tujuan
Tujuan dari usaha pembukaan Toko Planet Komputer ini adalah :
1. Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
2. Membantu masyarakat agar tertarik untuk mengikuti perkembangan teknologi.
3. Mengurangi tingkat pengangguran.
4. Menjalin persahabatan antara pelanggan (konsumen).
5. Mendapatkan keuntungan atau laba.
1.5  Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis yaitu Bumiayu - Brebes, Jawa Tengah, lokasi ini mudah terlihat dan berada di jalan utama yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar dan merupakan pasar bagi masyarakat setempat yang sangat ramai sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi didukung lagi dengan adanya berbagai instansi pendidikan seperti SD, SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi,
1.6  Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 15m x 10m.
1.7 Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha ini dibuka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00.
1.8 Konsep Promosi
Konsep promosi yang akan kami buat yaitu membuat sebuah banner promosi, mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan, menyediakan brosur promosi dan menggunakan media online seperti Web, Facebook, Twitter, BBM dan lain sebagainya supaya bisa dijangkau oleh masyarakat luas.


BAB II
ANALISIS INDUSTRI
 
2.1. Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal teknologi komputer dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan kebutuhan alat-alat perangkat keras komputer (Hardware & Software) dan laptop beserta accesorisnya di kalangan masyarakat terutama di sekitar Bumiayu pada saat ini sangat besar.
2.2. Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha toko komputer “Planet Komputer” ini masih belum terdapat sebuah tempat usaha jenis tersebut, yang bergaransi resmi dan legal, adanya hanya toko komputer yang tidak memiliki garansi resmi, itu juga jumlahnya hanya sedikit, dan itu yang membuat keluhan masyarakat sekitar. Sehingga mereka yang akan membeli perangkat komputer atau laptop terpaksa harus membelinya diluar kota seperti Purwokerto, Semarang dan Yogyakarta. Maka dari itu kami ingin membangun usaha tersebut dengan bergaransi resmi dan legal serta dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
2.3. Segmentasi Pasar
Planet Komputer membidik pasar dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan serta bergaransi resmi. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha ini cenderung banyak sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha sejenis lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan perlengkapan alat-alat komputer dapat dipenuhi, akan tetapi dengan semakin tinggi perkembangan teknologi, maka kemampuan kami untuk memenuhi kebutuhan pasar semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pasar.


BAB III
DESKRIPSI USAHA

3.1 Produk Yang Ditawarkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan computer atau laptop serta perlengkapan alat-alat komputer dan software lainnya sehingga menghabiskan cukup banyak hardware serta software dalam sehari, belum termasuk aksesoris perlengkapan komputer lainnya yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya diperkantoran yang ingin mengganti hardware yang rusak serta ingin memiliki software penunjang bisnis perkantoran yang terbaru dan para mahasiswa yang tidak bisa dilepaskan dari computer dan laptop.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami tawarkan memiliki beberapa keunggulan:
a. Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan pelanggan dan konsumen,
b. Bermacam-macam merek beserta garansi resmi dari masing-masing merek tersebut.
Kegunaan produk :
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
a. Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
b.  Kualitas produk terjamin
c. Bergaransi resmi

3.2. Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha toko komputer ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Usaha Planet Komputer ini terletak di Jl.Bumiayu, Jawa Tengah dengan lokasi yang sangat strategis karena tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi Planet Komputer sangat lancar karena merupakan jalan utama.
3.3. Tenaga Kerja
Usaha ini dirintis, dimiliki dan dikelola bersama dengan sistem bagi modal yang setiap anggota memiliki tugas masing-masing.
No
Nama
Tugas
1.
Azis Maulana
Ø  Melayani pembeli di toko dan menyesuaikan harga produk
Ø  Mencari supplier
2.
Ade Ariawan
3.
Herda Dwi Meida
Ø  Mencari mitra dan pangsa pasar
Ø  Mengantar order konsumen
4.
Angge Febrian Saputra

BAB IV
RENCANA PRODUKSI

4.1. Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam usaha toko komputer “Planet Komputer”  ini dapat dilihat sebagai berikut : 


4.2 Sumber-Sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber supplier laptop, hardware maupun software dan assesoris komputer, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan bergaransi resmi dan telah teruji kualitasnya, sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.

BAB V
RENCANA PEMASARAN

5.1. Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
CONTOH DAFTAR HARGA KOMPONEN KOMPUTER
NO
NAMA KOMPONEN
NAMA BARANG
HARGA / UNIT (Rp)


1.


Monitor LCD
HP W185q
1.960.000
BENQ G610HDPL
980.000
PHILIPS 191EL15B
1.289.000
SAMSUNG SyncMaster 245BW
5.192.000


2.


Processor
Intel Pentium Dual Core 5400
580.000
Intel Core 2 Duo 7500
1.089.000
Intel Core i3 540
1.054.000
Intel Xeon E5620
3.766.125
AMD Athlon II X2 250
580.800

3.

Notebook
AXIOO Pico PJM812 - Black
2.585.000
HP 110-3014TU Mini - Black
2.674.000
DELL Vostro 1088
6.658.000
ASUS A42F
5.521.000


4.


VGA Card

ATI CLUB3D Radeon HD 5770
1.459.000
ASUS EAH6870/2D125/1GD5
3.129.000
ATI CLUB3D Radeon HD 6850
2.061.000
5.
AntiVirus
Avira 2014
100.000
Avast 2014
100.000
6.
Software
CorelDRAW X6
150.000
Adobe Photoshop CS6
150.000
6.
Mouse
Mouse Acer 100 mA
50.000

5.2 Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang akan kami lakukan yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
5.3 Strategi Promosi
Strategi yang akan kami jalankan pada Planet Komputer ini antara lain :
a. Membuat pamflet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
b. Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
c. Membuat katalog-katalog mengenai yang sedang promo / diskon.

BAB VI
KEUANGAN

6.1 Modal
Modal merupakan hal yang sangat penting saat mendirikan sebuah usaha. Modal awal berguna sebagai sumber keuangan untuk semua keperluan yang dibutuhkan oleh perusahaan saat perusahaan belum memperoleh pendapatan dari sumber lain.
Sebagai modal awal untuk mendirikan perusahaan ini, kami mengumpulkan modal dari uang pribadi kami masing-masing dan pinjaman dari bank.
6.2 Rencana Anggaran Biaya
Berikut ini adalah rencana anggaran biaya yang akan dikeluarkan saat pertama kali usaha didirikan.
Modal Awal
 Jumlah
4 Personal Computer
 Rp 12.000.000
2 buah Printer
 Rp 1.000.000
Renovasi tempat
 Rp 1.500.000
Publikasi
 Rp 1.000.000
Sewa tempat
 Rp 10.000.000
Working capital
 Rp 2.000.000
Tambah daya listrik
 Rp 600.000
Cadangan
 Rp 900.000
Total Modal Awal
Rp   30.500.000



BAB VII
RESIKO

7.1 Evaluasi Resiko
Dalam manajemen kerja harus mengendalikan tiga yakni produk yang dihasilkan, waktu, dan biaya. Dari ketiga aspek tersebut terdapat beberapa resiko, yaitu :
1.  Produk
Produk yang dihasilkan terkadang kurang diminati oleh konsumen. Hal ini disebabkan banyak faktor, antara lain fitur yang ditawarkan kurang memadai, model yang kurang disukai dan lain sebagianya.
2. Waktu
Waktu sangat berpengaruh dalam proyek bisnis komputer. Perkembangan teknologi melaju dengan cepat. Bila dalam pengerjaan proyek memakan waktu terlalu lama, maka akan menyebabkan bisnis menjadi tertinggal karena selera konsumen pun akan berubah mengikuti perkembangan teknologi.
3. Biaya
Biaya juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Biaya yang terlalu banyak dikeluarkan dalam pengerjaan sebuah proyek tentu akan menaikkan harga jual produknya. Harga jual yang relatif tinggi dapat mengurangi minat dan daya beli konsumen.
7.2 Penanggulangan Resiko
       Setelah memperhatikan ketiga aspek resiko tersebut di atas, kita dapat membuat strategi dalam penanggulangannya, yaitu :
1. Mempelajari terlebih dahulu tentang seperti apa spesifikasi dari produk yang diinginkan oleh calon konsumen.
2. Mengatur jadwal dalam pengerjaan proyek sehingga manajemen waktu dapat dimaksimalkan.
3. Menghitung perkiraan biaya yang akan dikeluarkan dalam pengerjaan proyek sehingga anggaran dapat ditekan tanpa mengurangi kualitas dari produk.

BAB VIII
PENUTUP

Demikian proposal pendirian usaha toko komputer “Planet Komputer” ini kami buat. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan,. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.