Jumat, Desember 16

SLemon

Bisnis Plan

BAB I PENDAHULUAN
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam minuman herbal, dari yang murah hingga sampai yang mahal.
Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan kesegaran untuk membuat tubuh kembali beraktivitas.
SLemon merupakan salah satu minuman yang dikenal memiliki beberapa khasiat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh. Jeruk lemon atau dikenal juga dengan nama jeruk sitrun merupakan salah satu jenis jeruk yang biasa digunakan untuk campuran berbagai olahan makanan dan minuman. Lemon memiliki nama latin Citrus limon dan termasuk dalam keluarga Rutaceae. Banyak orang yang salah mengira bahwa lemon sama dengan jeruk nipis, padahal keduanya berbeda. Namun, keduanya sama-sama biasa digunakan sebagai campuran bahan untuk minuman kesehatan. Seperti lemon dengan air hangat dan madu dipercaya sebagai ramuan yang dapat melangsingkan tubuh. Seperti jenis jeruk lainnya, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu terdapat pula kandungan vitamin B5, vitamin b3, vitamin b1 dan b2, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, gula, karbohidrat, serat, lemak dan protein.
Dengan khasiat yang begitu banyak dan dapat menyegarkan tubuh serta harga jual yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya. Keberadaan SLemon sebagai salah satu minuman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, sehingga produk ini memang layak dipasarkan dan dikenalkan menjadi salah satu produk herbal di Indonesia.


BAB II KONSUMEN/ TARGET PASAR
SLemon adalah sari buah jeruk lemon murni yang kami produksi sendiri. Sehingga kami menjamin kualitas bahan baku jeruk kami benar-benar segar / fresh. Lemon yang kami pasarkan murni 100% tanpa bahan campuran apapun sehingga aman dan banyak manfaatnya. Untuk memilih target konsumen ada konsepnya, yaitu menggunakan STP (Segmentasi, Targeting, dan Positioning). STP dari minuman ini yaitu :
Segmentasi :
§  Geografis: Kota-Kota Besar di Indonesia
§  Demografis:
-          Gender: Perempuan dan Laki-laki
-          Usia: 4 Tahun Keatas
-          SSE: Semua Kelas Sosial
Targeting:
Pasar sasaran SLemon adalah anak-anak, mahasiswa, semua pekerja, ibu-ibu dan bapak-bapak lansia, kelas menengah keatas, sedang dan kebawah. SLemon akan berlokasi  di tempat yang terjangkau dan banyak dikunjungi oleh semua orang.
Postioning:
“Sehat dan Cantik dengan Sari Lemon”

BAB III BAGAIMANA MEMULAI BISNIS
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
3.1 Skill dan Pengetahuan
Terdapat beberapa bentuk pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan, yaitu : pengetahuan mengenai usaha yang akan dirintis dan pengetahuan akan lingkungan usaha di sekitarnya yang akan mempengaruhi kegiatan wirausaha, pengetahuan tentang peran dan tanggung jawab, pengetahuan tentang kepribadian dan tanggung jawab, dan pengetahuan yang terkahir adalah pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis. Modal utama Anda adalah skill dan pengetahuan tentang perkembangan minuman lemon  yang saat ini laris manis di pasaran. Untuk itu Anda harus jeli melihat perubahan minat konsumen melalui koran, majalah, internet, maupun mengamati perkembangan minuman herbal yang sedang digemari masyarakat luas.
Dengan adanya pengetahuan tersebut, maka seorang wirausaha dituntut untuk bisa kreatif dan inovatif yang tercermin dalam:
•   Kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start-up).
•   Kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative).
•   Kemampuan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity).
•   Kemampuan dan keberanian untuk menanggung resiko (risk bearing).
•   Kemampuan untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya.
3.2 Kerjasama/Jaringan
Untuk mempertahankan bisnis, salah satu strategi yang harus dibangun adalah dengan mengembangkan/memperkuat jaringan ( networking ) usaha.  Dimana kita harus dapat bersinergi, berkolaborasi dan saling menjalin kemitraan dengan usaha lain, baik yang sejenis maupun usaha yang berbeda dengan tujuan untuk memperbesar akses dan penting bagi peningkatan kualitas layanan dan produktivitas usaha dengan berbagai kemungkinan yang dapat dijalankan sekaligus dikerjasamakan. Menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan yang Anda gunakan.
3.3 Tenaga Kerja
Tenaga kerja merupakan salah satu faktor penting dalam berwirausaha. Tenaga kerja ikut menentukan tercapainya tujuan dan proses kegiatan usaha untuk mencapai keberhasilan yang telah ditetapkan wirausaha didalam perusahaannya. Tanpa adanya tenaga kerja yang berkualitas tidak akan ada proses kerja didalam perusahaan. Carilah tenaga kerja yang benar-benar kreatif dan memiliki skill bagus dalam hal meracik minuman herbal. Bila perlu lakukan seleksi ketat sebelum akhirnya menentukan tenaga kerja yang Anda gunakan.
3.4 Kualitas
SLemon adalah sari buah jeruk lemon murni yang kami produksi sendiri. Sehingga kami menjamin kualitas bahan baku jeruk kami benar-benar segar/fresh. Lemon yang kami pasarkan murni 100% tanpa bahan campuran apapun sehingga aman dan banyak manfaatnya. Selalu lakukan pengontrolan (quality control) pada produk SLemon yang telah diproduksi, hal ini penting agar kualitas produk Anda tetap terjaga dan tidak kalah bersaing dengan produk minuman herbal lainnya yang ada di pasaran.
3.5 Trending Topic
Dengan sedikit kreatifitas dan cerdas melihat tren yang ada, kita bisa memanfaatkan trend yang ada untuk memperkenalkan usaha kita lebih luas lagi. Saya mengibaratkan seperti yang dapat kita lihat dari fenomena trending topic di Twitter. Perhatikan perkembangan trend dunia minuman herbal di luar negeri agar produk-produk yang Anda ciptakan tidak ketinggalan jaman dan laris manis diserbu konsumen. 

BAB IV KEUNTUNGAN BISNIS
Tak bisa dipungkiri bahwa sampai kapanpun minuman herbal masih terus digandrungi para konsumen dari berbagai kalangan. Karena banyak produk kesehatan dan kecantikan yang pada kenyataannya malah membahayakan. Maka dari itu minuman herbal yang berbahan dasar lemon ini bisa menjadi solusi dalam menjaga kesehatan dan kecantikan secara alami. Peluang inilah yang dimanfaatkan sebagian besar pelaku usaha sehingga mereka bisa meraup untung besar setiap bulannya melalui minuman herbal yang memiliki nilai jual cukup tinggi.
Selain minat konsumen perorangan yang masih sangat tinggi, saat ini banyak restoran atau tempat makan yang mulai memanfaatkan sari lemon sebagai salah satu bahan campuran dalam minuman. Kondisi ini tentunya menjadi peluang besar bagi para produsen SLemon, sebab permintaan konsumen tidak hanya dari perorangan saja namun juga bisa melayani pesanan masal dari instansi tertentu.
Dampak positif yang ditimbulkan oleh usaha SLemon adalah:
·         Pendayagunaan tenaga kerja lokal (menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar)
·         Memberikan contoh nyata cara melakukan wirausaha terhadap warga sekitar
·         Memperkenalkan minuman sehat dengan bahan dasar lemon
·         Keuntungan dalam bisnis minuman SLemon ini yakni merupakan minuman dari bahan alami yang digandrungi banyak orang.

BAB V KENDALA BISNIS
Beberapa kendala yang sering dihadapi para pelaku usaha minuman sari lemon yaitu ketersediaan bahan baku yang sering terlambat. Bila permintaan sedang naik, persediaan bahan baku pun cenderung sulit ditemukan sehingga mengakibatkan adanya kenaikan harga.
Kendala bisnis SLemon, seperti:
·         Kenaikan mendadak harga bahan-bahan mengakibatkan perusahaan mengalami penurunan omzet
·         Produk baru dapat dengan mudah mendapatkan saingan serupa. Tantangan utama akan datang dari usaha-usaha yang memiliki modal lebih besar, dimana mereka dapat melakukan pembelian bahan-bahan secara lebih murah dengan grosir
·         Berkurangnya minat pasar apabila tidak dilakukan inovasi yang terus-menerus.

BAB VI STRATEGI PEMASARAN
Untuk memperluas jaringan pemasaran produk SLemon, Anda bisa melakukannya dengan mengikuti berbagai macam pameran UKM yang sering diselenggarakan instansi pemerintahan maupun swasta. Melalui kegiatan tersebut, Anda bisa mengenalkan produk-produk unggulan kepada masyarakat luas, menambah jaringan bisnis, dan memperbesar peluang pasar yang dimiliki.
Selanjutnya Anda juga bisa menitipkan produk SLemon yang dihasilkan ke toko-toko minuman herbal. Sedangkan untuk memperluas jangkauan pasar, Anda bisa memanfaatkan media massa seperti memasang iklan di majalah, koran, atau memanfaatkan internet marketing sebagai solusi tepat pemasaran UKM.
Strategi pemasaran yang akan dilakukan mencakup sebagai berikut:
·         Bagi konsumen dengan pembelian diatas 10 bungkus akan mendapatkan diskon-diskon atau free ongkos pengiriman.
·         Memasukkan merk SLemon  ke dalam daftar sponsor pertandingan olah raga lokal, misalnya, acara 17 Agustus-an.
·         Setiap beberapa periode, melakukan kerja sama dengan para distributor untuk melakukan sales blitz, yaitu penawaran contoh gratis di pusat-pusat keramaian.
·         Melakukan pendekatan dan negosiasi dengan manajemen pusat perbelanjaan / jajanan agar diijinkan menempatkan beberapa kopi selebaran iklan. Untuk hal ini bisa dilakukan langsung atau bekerja sama dengan distributor dan pemasok yang sudah ada saat ini.
Strategi penetapan harga produk SLemon  adalah:
·         Melakukan analisa daya beli terhadap distributor antara satu daerah dengan daerah lain, sehingga diperoleh harga yang sesuai.
·         Memberikan nilai tambah terhadap produk apabila tidak dapat bersaing secara harga dengan kompetitor yang sepadan

BAB VII KUNCI SUKSES

Kunci sukses yang utama dari SLemon ini adalah, memberikan pelayanan yang memuaskan dan respon yang cepat karena SLemon ini lebih mengutamakan konsumen sebagai raja. Lalu juga kami selalu menanggapi pertanyaan-pertanyaan konsumen tentang apa saja yang bersangkutan dengan SLemon ini. Fokus terhadap satu usaha terlebih dahulu. Belajar dengan hal-hal baru mengenai suatu hal atau konsep bisnis.
Sebagai pelaku UKM ada dua kunci sukses yang perlu Anda terapkan. Pertama, pupuklah mental juara dalam diri Anda dan jadilah pemenang dalam setiap tantangan yang ada. Jangan pernah takut dengan persaingan yang ada di depan Anda, karena dalam setiap tantangan ada peluang baru yang bisa Anda manfaatkan. Kedua, teruslah kreatif dan inovatif untuk menghadapi gempuran persaingan pasar minuman herbal yang semakin pesat. Bila kualitas produk SLemon yang Anda hasilkan tetap terjaga, maka para competitor pun akan kesulitan dalam menduplikasi produk Anda.

BAB VIII ANALISA EKONOMI
7.1 Asumsi
·         Produksi SLemon sebanyak 250 bungkus
·         Proses produksi dilakukan di rumah, tanpa menyewa tempat usaha
7.2 Modal Awal
Modal Awal
No
Uraian
Satuan
Quantity
Harga
Total
1
Pisau
Unit
10
10.000
100.000
2
Mesin Pres Plastik
Unit
5
200.000
1.000.000
Total Modal Awal
1.100.000

7.3 Biaya Penyusutan
Peralatan mengalami penyusutan, setelah masa pemakaian sebagai berikut :  
Modal Awal
No
Uraian
Total
1
Pisau : 1/12 bulan x Rp.100.000
8.400
2
Mesin Pres Plastik : 1/36 bulan x Rp.1.000.000
27.800
Total Biaya Penyusutan
36.200

7.4 Biaya Produksi Perbulan
Biaya Produksi Perbulan
1
Lemon
10.000.000
2
Plastik pembungkus
1.000.000
3
Stiker Brand
1.000.000
4
Gaji Tenaga Kerja (5 Org)
2.500.000
5
Promosi
500.000
6
Biaya transportasi dan jasa pengiriman barang
1.000.000
7
Biaya Listrik
500.000
8
Biaya Penyusutan Peralatan
36.200
Total
16.536.200

7.5 Omset Perbulan
Penjualan SLemon : @ Rp.80.000 x 250 bungkus = Rp.20.000.000
7.6 Laba Bersih Perbulan
Rp.20.000.000 – Rp.16.536.200 = Rp.3.463.800

BAB IX PENUTUP
  • KESIMPULAN
Pada dasarnya minuman SLemon ini adalah minuman kesehatan dengan harga yang merakyat dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja, dari anak-anak sampai orang tua. Apalagi pembuatannya dibuat secara higienis dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.
  • SARAN
Dapat memberikan gambaran tentang bidang usaha yang nanti nya akan memberi jaminan sukses dalam penjualannya atau peluang usaha yang dapat ditekuni sebagai usaha sampingan selain itu juga memberi kita pelajaran untuk berwirausaha.
  • PENUTUP
Demikian perencanaan bisnis ini saya buat untuk memenuhi tugas kuliah. Semoga langkah ini dapat memberikan pengalaman baru dan bermanfaat untuk semua orang. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat dan rahmat-Nya. Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar