Januari 01, 2017

Bisnis Plan FUJIJU Healthy Juice

Bisnis Plan FUJIJU Healthy Juice 

BAB 1
Pendahuluan
1.1 Latar belakang
FUJIJU Healthy Juice merupakan salah satu produk minuman sehat yang merupakan kombinasi antara buah-buahan dan sayuran, sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian kita.

FUJIJU dapat menjadi solusi untuk kebutuhan nutrisi buah dan sayur sehari-hari, terutama yang memiliki aktifitas yang padat. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak mngkonsumsi sayur dan buah.


1.2 Tujuan
- Membuat produk yang sehat dan mudah di dapat
- Mendukung pola hidup sehat

1.3 Manfaat
Agar masyarakat dapat menyeimbangkan padatnya aktifitas dengan nutrisi yang di dapat dari luar. Selain itu juga mendukung salah satu program pemerintah yaitu Indonesia sehat 2020.

BAB II
Target Pasar
2.1 Konsumen
Target pasar atau konsumen yang ingin diincar yaitu seluruh masyarakat umum, baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa dan manula sekalipun. Karena tidak ada batasan usia untuk mengkonsumsi buah dan sayur.

BAB III
Memulai Bisnis
3.1 Skill dan pengetahuan
Alasan saya untuk mengembangkan bisnis ini dikarenakan saya tidak terlalu suka mengkonsumsi sayuran. Pada akhirnya ibu saya membuat satu jus yaitu campuran antara bayam, strawberry, yogurth dan madu. Setelah saya mengkonsumsi jus tersebut saya tidak berfikir bahwa jus tersebut merupakan campuran bayam. Akhirnya saya memutuskan untuk menjadikan jus tersebut sebagai bisnis. Selain menghasilkan keuntungan, saya juga bisa berbagi manfaat dengan orang lain.

3.2 Kerjasama atau jaringan
 Sampai saat ini saya belum mencoba untuk mencari atau bergabung dengan jaringan manapun untuk melakukan kerjasama dalam memasarkan FUJIJU ini, maksudnya jaringan yang dalam konteksnya luas dan besar. Saya hanya memasarkan FUJIJU ini secara langsung maupun d internet dan ada teman saya yang membantu memasarkannya atau dapat disebut dia itu reseller, tapi untuk jaringan khususnya saya belum mencoba untuk saat ini, mungkin nanti saya akan mencoba agar bisnis ini dapat berkembang dengan cepat.


3.3 Tenaga Kerja
Saya tidak menggunakan tenaga kerja, saya membuat jus ini sendiri dan terkadang dibantu ibu saya. Mungkin nanti jika usaha ini terus berkembang dan pesanan terus banyak, saya akan mengambil tenaga kerja.

3.4 Kualitas
Kualitas FUJIJU Healthy Juice ini selain sehat juga menyegarkan karena FUJIJU Healthy Juice ini dibuat dengan bahan-bahan yang segar dan alami. FUJIJU Healthy Juice ini sama sekali tidak menggunakan pengawet, pewarna dan bahan kimia lainnya, sehingga kualitasnya sudah tidak diragukan lagi

3.5 Trending Topic
Produk jus ini belum menjadi trending topik yang besar karena produk ini baru dipasarkan dari mulut ke mulut saja, sehingga belum heboh di sosial media.

BAB IV
Keuntungan Bisnis
Keuntungan dari bisnis ialah saya bisa membeli keperluan pribadi saya dengan uang hasil kerja sendiri dan juga dapat berbagi manfaat dengan orang lain.

BAB V
Kendala Bisnis
Kendala yang didapat dalam usaha ini mungkin lebih ke pemasarannya, karena saya sendiri belum memiliki jaringan yang luas sehingga pesanan untuk jusini pun masih standar dan belum sangat banyak. Dan juga kendalanya kalau yang membeli menggunakan via online itu terkadang membuat khawatir dalam perjalanan menuju konsumen tersebut karena tidak dapat bertahan lama.

BAB VI
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran FUJIJU Healthy Juice yaitu yang pertama menggunakan packaging yang menarik, supaya orang yang baru melihat bentuknya atau kemasannya sudah ingin membeli karena packagingnya yang bagus. Kemudian menawarkan harga yang standar tetapi rasanya sangat berkualitas dengan harga yang tidak semahal lainnya.


BAB VII
Kunci Sukses
Kunci sukses yang selalu terapkan itu ialah pantang menyerah walaupun terkadang bisnis yang dijalankan sedang sepi atau tidak ada yang memesan, dan selalu melihat atau mencontoh orang-orang yang sukses usahanya dibidang kuliner untuk menjadi acuan atau motivasi saya agar bisa seperti mereka. Dan yang terpenting selalu berdoa dan mau berusaha unuk bangkit jika usaha yang digeluti terpuruk atau jatuh



BAB VIII
Analisa Ekonomi
8.1 Asumsi

No
Kegunaan
Rincian
       
Modal awal
Rp100.000
       
Biaya penyusutan
       
Biaya produksi perbulan
Biaya produksi ini tergantung berapa pesanan yang dibutuhkan.
       
Omset perbulan
1 bulan bisa 10 sampai 15 botol
       
Laba bersih perbulan
jika 15 botol,
15 x 25.000 = 375.000

BAB IX
Penutup
Jadi FUJIJU Healthy Juice ini merupakan salah satu solusi hidup sehat, selain sehat juga menyegarkan karna mengandung yogurt, buah buahan segar dan sayuran. Dan juga produk ini bebas bahan pengawet dan pewarna sehingga aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Dengan harga Rp 25.000 saja, kita dapat mengkonsumni banyak vitamin dan nutrisi yang lengkap. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar