Senin, Januari 9

Bisnis Plan GN Flower






I.        PENDAHULUAN

I.1     Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari begitu banyak momen indah yang sering kita lewati, tak jarang banyak yang menginginkan momen ini menjadi tidak terlupakan. Dari sisi itulah peluang bisnis tercipta, begitu banyak orang yang mencari cara untuk memeriahkan momen-momen indahnya dengan berbagai kreatifitas mulai dari dekorasi, buah tangan dan lain sebagainya.

Dengan mengandalkan kreatifitas tanpa batas, serta keterampilan yang dipunyai terciptalah buket bunga yang siap bersaing dipasaran, dengan keunggulan yang tidak kalah dengan produk sejenis dipasaran. Gn Flower memberanikan diri untuk terjun langsung menarik perhatian konsumen hingga pelanggannya.

Gn Flower  adalah  nama brand dari jenis usaha yang dikembangkan dari keterampilan dalam bentuk kerajinan tangan, dimana saat ini sangat laris manis dipasar.Usaha ini menghasilkan produk buket bunga dengan bahan kain flanel, yang dapat dijual dan dipasarkan secara luas.

Selain bahan yang mudah didapatkan, kualitas, dan keindahannya tidak kalah dengan buket bunga pada umumnya. Hal inilah yang menjadi keunggulan buket Gn Flower.Yang lebih menarik lagi buket bungan di Gn Flower menambahkan aksen boneka pada setiap buket bunga yang dipesan, agar lebih terlihat menarik, lucu dan menggemaskan.

Gn Flower  ini tidak hanya di khususkan untuk para kalangan mahasiswa yang ingin memeriahkan sidang ataupun wisuda sebagai buah tangan, tetapi untuk acara ulang tahun, pernikahan sampai peringatan hari-hari penting bagi pelanggan, dapat dibuat sesuai dengan keinginan pelanggan atau pemesan.

Dengan harga yang sangat masuk di kantong Mahasiswa, Target konsumen yang direncanakanpun beragam, karena usaha ini dapat masuk ke semua kalangan dengan harganya yang cukup terjangkau dan memiliki banyak pilihan design yang memuaskan.

I.2     Visi:
Menciptakan Buket Bunga yang Menarik, Inovatif, dan Terkemuka

I.3     Misi:
-Dapat diandalkan dalam pembuatan design yang menarik
-Mengutamakan kualitas produk
-Pemanfaatan waktu yang singkat dalam pembuatan.

II.      TARGET PEMASARAN
Gn Flower dapat diterima disemua kalangan mulai dari menengah kebawah hingga menengah keatas tapi lebih khusus membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak memberatkan.

Tapi Pada prinsipnya Untuk memberikan kesan tebaik terhadap momen pelanggan kami senantiasa memberikan pelayanan terbaik dan design yang memuaskan, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami.

III.   MEMULAI BISNIS
III.1       Skill dan pengetahuan
Kemampuan dalam memilih bahan terbaik dan kemampuan bernegoisasi dengan distributor maupun konsumen menjadi keunggulan dari kami dan pengetahuan mengenai manajemen bisnis dan mengembangkan bisnis usaha kami untuk terus maju dan berkembang.

III.2     Kerjasama / jaringan
Sampai saat ini saya belum mencoba untuk mencari atau bergabung dengan jaringan manapun untuk melakukan kerjasama dalam memasarkan buket bunga ini, maksudnya jaringan yang dalam konteksnya luas dan besar. Saya masihn memasarkan ini secara langsung dengan teman dan promosi melalui internet .

III.3    Tenaga Kerja
Saya belum menggunakan tenaga kerja .Mungkin nanti jika usaha ini terus berkembang dan pesanan terus banyak, saya akan mengambil tenaga kerja agar tidak kesusahan.

III.4    Kualitas
Gn Flower menjual beraneka macam buket bunga yang berkualitas serta sesuai dengan keinginan pelanggan. Dengan kualitas yang terbaik dan harga yang murah meriah, Pelanggan dapat memberikan kesan yang tidak terlupakan dalam momen terindah.

III.5    Trending Topik
·         Menghasut orang lain,
·         Eksis di internet,
·         Hobi yang menghasilkan,
·         Bisnis kreatif.
                                    
IV.    KEUNTUNGAN BISNIS
Buket bunga dengan kualitas dan design terbaik berbahan kain flanel saat ini masih cukup terbatas, sehingga membuka peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan memuaskan keinginan pelanggan dari model hingga warna yang dapat dipilih langsung pelanggan membuat Gn Flowe lebih diminati. Selain itu keuntungan lainnya adalah:
·         Pengalaman
·         Kepercayaan
·         Finansial
·         Networking semakin luas
·         Melatih kepekaan

V.      KENDALA BISNIS
Kendala bisnis yang akan dihadapi adalah waktu, dengan berprofesi sebagai seorang mahasiswi membuat saya membutuhkan waktu untuk menyesuaikan kegiatan saya dengan bisnis yang saya jalani, selain itu modal dan promosi yang masih sekedarnya. Membuat usaha saya mungkin saja akan sedikit lambat berjalan, selain itu terdapat beberapa kendala lainnya:
-          Tidak terjadimya penjualan
-          Keuntungan yang tidak mencukupi
-          Pemasok yang berbiaya tinggi

VI.    STRATEGI PEMASARAN
VI.1Riset Pasar
Sebelum melakukan usaha baik produksi ataupun kegiatan lain, terlebih dahulu melakukan pengamatan pasar. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui keadaan pasar yang berkaitan dengan produk, harga produk, dan pesaing disekitar lingkungan.

VI.2Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan yang dilakukan ialah dengan mencatat segala jenis aktifitas dan kendala-kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha ini. Kritik dan saran dari pelanggan akan sangat mendukung kemajuan usaha ini.

VI.3Survei Bahan Baku
Bahan baku sangat penting dalam pembuatan buket ini, karena produk ini sangat mengutamakan kualitas selain design, bahan baku yang dapat tahan lama juga penting, maka dari itu kami membagi tugas untuk survei  pasar maupun minimarket yang menjual bahan baku tersebut.

VI.4Lokasi Pelaksanaan
Pelaksanaan lokasi kami pertama kali adalah mahasiwa universitas Mercu Buana, dan dikembangkan di sekitar rumah yaitu Kota Tangerang

VI.5Pemasaran
-          Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan disebar kepada target konsumen.
-          Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum
-          Memasarkan produk kami lewat radio
-          Mengikuti berbagai macam event yang dikunjungi banyak orang juga bisa sebagai ajang promosi buket bunga yang efektif untuk mengenalkan produk

VII.      BIAYA DAN PELAKSANA KEGIATAN

Adapun perincian langkah-langkah pengembangan distributor Buket Bunga adalah sebagai berikut :
-          Membuat desain buket bunga yang menarik dan berbeda beda sesuai target pasar
-          Menjalin hubungan dengan pelanggan
-          Memasarkan kepada teman-teman terdekat agar dapat dipromosikan
-          Merubah main set bahwa buket bunga tidak bertahan lama
-          Memuaskan pelanggan dengan keindahan yang dihasilkan serta kualitas buket bunga yang tahan lama

A. Anggaran Biaya

Biaya operasional perbulan
Nilai
Kain Flanel
(Rp 22.000/meter x 3 meter)
Rp 66.000
Kain Pembungkus
(Rp 40.000+Rp 20.000)
Rp 60.000
Lem Tembak
(Rp 3000 x 5)
Rp 15.000
Steples + isi
Rp 20.000
Busa
Rp 20.000
Biaya tak terduga
Rp 50.000
 Total
Rp 231.000
                                                                
Omset perbulan
Nilai
Harga jual Buket bunga
Rp 75.000
Penjualan rata rata dalam satu bulan
(Rp 75.000 x 5)
Rp 375.000
Laba Bersih perbulan
(Rp 375.000 – Rp 231.000)
Rp 144.000

B. Jadwal Kegiatan
    Berikut timeline pelaksanaan kegiatan :
NO
Tahapan Kegiatan
Bulan Ke-
1
2
1
Riset Pasar
2
Menyiapkan Bahan Baku
3
Produksi, pemasaran & penjualan
4
Evaluasi









VIII.         KUNCI SUKSES
1.selalu Inovasi dan kreatif
2. Menciptakan loyalitas kepada pelanggan
3. berpikir yang luas
4. menjaga kualitas

IX.    PENUTUP
Semoga bisnis plan ini bisa benar-benar menjadi bisnis yang bagus buat saya sebagai usaha rumahan. Karena bisnis ini menghasilkan keuntungan yang cukup besar buat saya. Untuk bisa menjalankan bisnis ini maka dari sekarang saya akan menabung untuk mengumpulkan modal guna mendirikan usaha lain yang lebih besar dengan sungguh-sungguh.


CEK 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar