Jumat, Januari 13

BISNIS PLAN HER FLORIST STORE



BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Hobi yang ditekuni dengan cermat bisa mendatangkan uang jika pandai melihat celah,hobi dapat menjadi lahan bisnis yang sangat potensial.Salah satu diantaranya yaitu hobi memelihara dan merangkai bunga.
HER FLORIST merupakan sebuah flower shop yang bergerak di bidang usaha tanaman khususnya bunga hidup dan bunga kertas dengan kelebihan memiliki varian bunga yang banyak serta dapat custome bentuk sesuai yang diinginkan customer untuk bunga kertas (contoh : membentuk sebuah karakter animasi) dan memiliki ketahanan yang lama serta packagin yang menarik dalam bentuk bucket dan box flower.

TUJUAN USAHA
·         Untuk menjadikaninovasi baru dalam berbisnis bunga secara instan dan mudah
·         Dapat melangsungkan usaha tanaman hias dengan menjaga kepercayaan dari konsumen.
·         Dapat menjadi sumber penghasilan bagi orang lain dilingkungan sekitar.


MANFAAT USAHA
·         Tanaman hias banyak diminati.
·         Dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain dilingkungan sekitar.

MANFAAT EKONOMIS
  • Menghasilkan pendapatan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
  • Membantu perekonomian orang-orang dilingkungan sekitar.

BAB II
TARGET PASAR
Sasaran untuk Target pasar HER FLORIST STORE yaitu seluruh masyarakat umum, seperti pelajar, mahasiswa, maupun orang dewasa.

BAB III 
Memulai Bisnis
           Untuk Memulai Bisnis bunga atau florist menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :

Skill dan pengetahuan
Alasan saya untuk mengembangkan bisnis ini dikarenakan pada awalnya saya hobi merangkai bunga dan ikut serta membantu  teman saya untuk mendekor rangkaian bunga di berbagai event. Dengan mempunyai karya yang cukup untuk merangkai bunga. Kemudian saya memutuskan untuk merangkai lalu memposting di social media. Kemudian teman saya ber komentar pujian dan pertanyaan, kemudian pun saya menjawab ini merangkai desain sendiri. Pada sampai akhirnya, dengan beberapa banyak pesanan kita memulai dari situ dan kita kembangkan lagi melalui jejaring sosial. Sehingga banyak pemintaan dari pelanggan.

Kerjasama / jaringan
Sampai sekarang ini saya belum mencoba untuk mencari atau bergabung dengan jaringan manapun dalam konteksnya luas dan besar untuk melakukan kerjasama dalam memasarkan usaha ini. Saya hanya memasarkan ini secara langsung maupun di internet seperti blog , ataupun sosial media yang saya miliki.
Tenaga Kerja
Untuk tenaga kerja yang saya butuhkan itu ada 3 orang

Kualitas
  • Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
  • Bermacam-macam variant jenis bunga

Trending Topik
  • eksis di internet,
  • hobi yang menghasilkan,
  • bisnis kreatif.
BAB IV
KEUNTUNGAN BISNIS BUNGA ATAU FLORIST
Bentuk dan variasi florist yang unik tentunya akan menarik banyak pembeli yang ingin memiliki florist box ini. Saat ini bisnis florist sangat diminati namun tingkat produksi nya rendah. Oleh karena itu saya memanfaatkan bisnis ini untuk menjadi peluang dikarenakan pesaing juga masih terbilang rendah.
BAB V
KENDALA BISNIS BUNGA ATAU FLORIST
Kendala yang mungkin akan saya hadapi adalah waktu, karena saya masih kuliah, dan tidak bisa fast respon ketika ada customer yang memesan dan bertanya untuk order.

BAB VI
STRATEGI PEMASARAN
Untuk memperluas jaringan pemasaran produkini, Biasanya saya memasarkan produk saya dengan via sosial media seperti Line, Facebook, Instagram, Bbm dan juga Twitter untuk memasarkan produk saya. Pemasaran nya juga bisa lewat orang lain (word of mouth) dengan testimoni konsumen yang membeli lalu memberitahukan kesannya kepada teman-temannya sehingga membuat temannya penasaran untuk melihat lihat barang yang saya jual
BAB VII
KUNCI SUKSES
·                                 Menjaga kualitas
·         Jangan pernah malu dalam memasarkan produk.
·         Selalu update barang barang apa saja yag sedang tren.
·         Jangan malu untuk bertanya dan belajar dari orang lain yang sudah sukses


BAB VIII
PERENCANAAN KEUANGAN
Biaya Produksi (Alat)
No.
Nama Barang
Harga
1
cutter
Rp.   7.000
3
gunting
Rp.   5.000
4
solatip
Rp.   3.000

Total
Rp.   15.000
Biaya Produksi (Bahan)
No.
Nama Barang
Harga
1
Bunga hias
Rp.   30.000/25 batang
2
box
Rp.   25.000
4
plastik
Rp.   10.000
5
pita
Rp.    7.000
TOTAL

Rp. 72.000



Pengelolaan Keuangan

Pendapatan bulan pertama = Jumlah x harga
= 30 x Rp. 100.000
= Rp. 3.000.000
Keuntungan bulan pertama = Jumlah harga – modal awal
= Rp. 3.000.000 – Rp. 87.000
= Rp. 2.913.000


BAB IX
PENUTUP
Demikian proposal ini saya buat untuk memenuhi tugas kuliah. Semoga bisnis plan ini bisa benar-benar menjadi bisnis yang bagus untuk saya sebagai usaha rumahan. Karena bisnis ini menghasilkan keuntungan yang sangat besar untuk saya. Untuk bisa menjalankan bisnis ini maka dari sekarang saya akan menabung untuk mengumpulkan modal guna mendirikan usaha lain yang lebih besar dengan sungguh-sungguh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar