Januari 12, 2017

ChocoCorn Cokro

BISNIS PLAN

I.                  Pendahuluan

Membuka usaha memang menjadi impian banyak orang. Sebab banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapat dari situ. Selain bisa menjadi bos dari diri sendiri jam kerja bisa diatur dengan fleksibel juga potensi penghasilan yang bisa lebih besar dibandingkan bekerja sebagai karyawan.
Membuka usaha sendiri kita tidak hanya membantu diri kita tetapi juga membantu orang lain dengan memberi kesempatan mereka bekerja pada usaha kita.
Seiring dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan industri juga mengalami perkembangan yang semakin pesat, terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha dan pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut.
Salah satu bisnis yang saat ini sedang kami kembang yaitu adalah Coco Corn. Usaha ini sangat besar peluangnya untuk berkembang sebab usaha ini membutuhkan kreatifitas dari segi promosi dan modal yang terbilang agak mahal dengan memakai bahan-bahan khusus yang mudah didapat.
Kesuksesan di bidang ini tergantung pada kemampuan untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan dengan mempertahankan kualitas dan konsistensi. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang memberikan pelayanan maksimal, menggunakan bahan baku yang berkualitas dengan harga yang sesuai. Serta terus membaca peluang yang akan datang sehingga konsumen terpenuhi kebutuhan nya.



II.               Target Pasar (Konsumen)
Target konsumen pada usaha Choco Corn ini adalah semua range umur dari anak-anak, remaja hingga dewasa yang menyukai coklat. kami membuat makanan  ini karena kesukaan yang tinggi akan makanan manis, karna itu kami mencari peluang bisnis yang bias memuaskan masyarakat dengan coklat yang kami buat dan tentunya harganya yang terjangkau.
                     
III.           Memulai Bisnis Choco Corn

3.1                          Keahlian & Pengetahuan

Kemampuan dalam memilih bahan baku terbaik dan kemampuan bernegosiasi dengan distributor maupun konsumen menjadi keunggulan dari kami dan pengetahuan mengenai manajemen bisnis dan mengembangkan bisnis cukup mempuni. Merupakan modal bagi usaha kami untuk terus maju dan berkembang.

3.2                          Jaringan / Kerja Sama

Jaringan merupakan faktor pendukung dalam kelangsungan bisnis sebab memiliki jaringan yang luas dan mampu bekerja sama dengan baik dengan semua pihak merupakan salah satu kunci sukses yang harus dipertahankan.

3.3                          Tenaga Kerja

Kami menjalankan bisnis ini dengan mempekerjakan dua orang pekerja yang merupakan saudara kami yang memiliki kemampuan dalam bidang ini. Selain jujur dan dapat dipercaya karyawan kami cukup memiliki tanggung jawab yang besar dalam pekerjaan nya sehingga proses produksi dapat berjalan sesuai dengan rencana.

3.4                          Kualitas

Kualitas baik menjadi fokus utama bagi kami sebab sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis yang kami jalani. Kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen kepada kami dipengaruhi dari kualitas produk yang kami sajikan. Tidak hanya kualitas pada produk saja yang menjadi fokus utama kami melainkan kualitas kami dalam mempromosikan usaha kami.

IV.           Keuntungan Bisnis Choco Corn

Bisnis baru yang kami jalani ini cukup di minati oleh konsumen khusus nya kaum muda yangmenyukai makanan manis. Peluang ini yang kami manfaatkan untuk mengambil keuntungan di setiap bulannya karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Kondisi ini tentunya menjadi peluang besar bagi kami, sebab permintaan konsumen tidak hanya dari perorangan saja melainkan juga melayani pesanan masal.


V.           Strategi Pemasaran

Memahami keinginan konsumen
Mempelajari kekuatan dan kelemahan kompetitor
Memaksimalkan sosial media yang kami miliki
Aktif melakukan kegiatan promosi yang menarik dan unik
Promosi dan Iklan yang baik sesuai dengan etika
Pelayanan yang ramah agar konsumen merasa nyaman
Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

VI.        Kunci Sukses

1.      Fokus pada bisnis
2.      Terus belajar
3.      Belajar dari pengalaman
4.      Pemasaran yang tepat dan sempurna
5.      Berdoa dan bersedekah


VIII.    Analisa Ekonomi

8.1          Modal Awal
      -    Produksi Choco corn(100 toples)                                            Rp.   3,000,000
     -    Peralatan produksi                                                                      Rp.   2,00,000+
                                                                                                 Total  =    Rp.   3,200,000

8.4           Omset (per bulan)
PenjualanChoco Corn : @ Rp. 45,000 x 100pcs            =    Rp 4,500,000
Laba Bersih (per bulan)
Rp. 4.500,000 Rp. 3,200,000                                         =          Rp 2,200,000

IX.           Penutup

Semoga informasi usaha kecil menengah dengan membuat Choco Corn ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan menjadi salah satu inspirasi bisnis yang bisa dijalankan untuk mendatangkan untung cukup besar setiap bulannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar