Jumat, Januari 13

Bisnis Plan (Rekord Art)

BAB 1
Pendahuluan
1.1 Latar belakang
REKORD ART merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa dokumentasi event, meliputi: dokumentasi pernikahan, dokumentasi event formal ataupun nonformal dan lain-lainnya.

REKORD ART menawarkan harga yang relatif tidak mahal dan tentunya dengan kualitas yang sangat baik dengan fotografer dan videografer yang sudah mahir di bidangnya.


1.2 Tujuan
- Membuat event anda menjadi sebuah kenangan yang bisa di kenang dalam bentuk foto dan video
- Membuat video yang berkualitas dan enak di lihat

1.3 Manfaat
Agar setiap orang yang sudah membuat event dengan sedemikian rupa tidak hanya bisa di kenang didalam hati saja, namun juga bisa di lihat berulang-ulang kali dengan media foto dan video.

BAB II
Target Pasar
2.1 Konsumen
Target pasar atau konsumen yang ingin diincar yaitu seluruh masyarakat umum, baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa dan manula sekalipun. Karena tidak ada batasan usia untuk orang membuat event.

BAB III
Memulai Bisnis
3.1 Skill dan pengetahuan
Alasan saya untuk mengembangkan bisnis ini dikarenakan memang sudah banyak sekali usaha yang berdiri di bidang jasa dokumentasi dengan berbagai macam range harga dan juga berbagai macam paket. Saya beserta tim mungkin tidak menawarkan layanan yang tidak jauh berbeda dengan jasa doumentasi pada umumnya

3.2 Kerjasama atau jaringan
 Sampai saat ini kami sudah berkerja sama dengan beberapa Wedding organizer, event organizer dan juga make up artist dikana mereka menawarkan paket yang berisi jasa dokumentasi pula, maka dari itu mereka membutuhkan kerjasama pula dengan kami yang menawarkan jasa dokumentasi.


3.3 Tenaga Kerja
Tenaga kerja yang kami terjunkan langsung ke lapangan adalah tenaga kerja yang sudah terlatih dan mahir pada bidangnya. Biasanya kami mengambil tenaga kerja lulusan jurusan broadcasting atau sejenisnya yang tidak jauh dari teknis kamera dan fotografi. Maka dari itu kami menjamin hasil yang bagus karna semua tenaga kerja kami sudah sangat terlatih dan berpengalaman.

3.4 Kualitas
Selain dari karyawan kami yang terlatih, yang membuat kualitas kami terlihat bagus adalah yaitu memang karna kami menggunakan prangkat produksi seperti kamera dan juga alat-alat penunjag lainnya yang berkualitas tinggi yang tentunya sangat berpengaruh terhadap hasil gambar yang kami ambil. Kualitas gambar 4K dan di dukung dengan editor yang mahir dalam meng-edit video untuk terlihat sangat menarik.

3.5 Trending Topic
Jasa kami belum menjadi trending topic karna memnag kami baru memulai sekitar 2 sampai tiga bulan sampai hari ini. Pengiklanan intensif  kami lakukan hampir setiap hari yang di lakukan oleh marketing kami. Media promosi yang paling sering kami gunakan adalah Instagram, facebook dan yautube.

BAB IV
Keuntungan Bisnis
Keuntungan dari bisnis ialah saya medapatkan banyak link yang tentunya memperluas kerjasama kepada beberapa pihak. Kemudian kami juga membuka lapangan pekerjaan untuk orang yang mahir di bidang kamera.

BAB V
Kendala Bisnis
Kendala yang didapat dalam usaha ini mungkin lebih ke pemasarannya, karena saya sendiri belum memiliki jaringan yang luas sehingga pesanan pun masih standar dan belum sangat banyak. Kendala selanjutnya adalah ketika klien menemukan harga yang lebih murah pada saat proses negosiasi.

BAB VI
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran REKORD ART yaitu yang pertama menggunakan video-video menarik yang kami upload di di media sosial yang kami punya. Kemudian juga dengan membagikan kartu nama yang biasanya kami letakan di penyambutan tamu pernikahan pada saat kami sedang bertugas di lapangan.


BAB VII
Kunci Sukses
Kunci sukses yang selalu terapkan itu ialah pantang menyerah walaupun terkadang bisnis yang dijalankan sedang sepi atau tidak ada yang memesan. Protes dan makian dari klien yang tidak puas dengan hasil yang kita buat, jadikan sebagai motivasi untuk membangun mental dan juga membiasakan kerja dengan teliti.



BAB VIII
Analisa Ekonomi
8.1 Asumsi

No
Kegunaan
Rincian
       
Modal awal
Rp15.000.000,00
       
Biaya penyusutan
       
Biaya produksi perbulan
Tergantung paket yang di pesan
       
Omset perbulan
Paling kecil dalam satu bulan 2 juta
       
Laba bersih perbulan
jika 3 paket video dan foto dalam 1 bulan,
3 x 2.500.000 = 7.500.000

BAB IX
Penutup
Jadi REKOR ART mendapatkan order bisa dari kami langsung ke klien atau dari wo dan eo yang kami ajak kerjasama. Laba bersih yang kami terima setiap bulannya paling kecil adalah Rp. 2.500.000 jika hanya ada 1 job dalam satu bulan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar