Selasa, Januari 10

Bisnis Plan

BISNIS PLAN USAHA COKLAT
PENDAHULUAN
Pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia semakin hari semakin pesat. UKM ini tentunya sangat berdampak positif bagi perekonomian Indonesia dan membantu memberikan lapangan pekerjaan, yang tentunya dapat mengurangi kemiskinan di Negara kita.
UKM merupakan salah satu kegiatan industry yang  tak terpengaruh dengan krisis global di dunia. Sehingga ini merupkan salah satu motivasi dimana banyaknya masyarakat yang memilih untuk membuka UKM.
LATAR BELAKANG USAHA
Chocolate Ball adalah usaha kuliner yang bahan bakunya cokelat, karena cokelat dapat membuat releks pada otak dan tubuh, Menurut ilmuan, apabila cokelat di konsumsi secara teratur dengan jumlah yang normal dapat menurunkan tekanan darah. Cokelat mengandung alkaloid – alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan – kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Cokelat yang paling disarankan untuk kesehatan adalah “Dark Chocolate” , cokelat jenis ini dapat menangkal pembentukan radikal bebas yang ada di dalam tubuh, karena Dark Chocolate memiliki kandungan anti oksidan. Saya memilih usaha ini karena coklat merupakan salah satu yang sangat di gemari dari semua kalanga.
Chocolate Ball ini menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman :
Meal :
·         Bola coklat
·         Cake choco
·         Choco corn
·         Choco Sticky
·         Pudding
Drink :
·         Hot Choco
·         Cold Choco
·         Choco bland 
Farian rasa dari cokelat ini juga banyak, seperti :
·         Dark choco
·         Choco Milk
·         Choco mint
·         Choco berry
·         etc
Visi​:
- Untuk memvariasikan makanan unik
- Ingin memperdalam ilmu bisnis kuliner
- Menjadikan pemuda untuk lebih kreatif dalam berwirausaha
Misi​:
- Menghasilkan usaha yang berinovasi
- Menciptakan keuntungan yang baik
- Menyediakan pelayanan yang optimal
- Selalu memberikan kenyamanan dan keamanan untuk pelanggan.
TARGET PEMASARAN
Target dari usaha ini adalah dari semua kalangan anak – anak ataupun dewasa, karena harga yang di tawarkan dari usaha ini sangat terjangkau, dan kemasan yang di sajiikan juga sangat menarik, serta selalu ada inovasi baru untuk membuat pelanggan tidak bosan dengan menu – menu yang ada.
MEMULAI BISNIS
-          Skill dan pengetahuan, untuk memulainya tentu dibutuhkan adanya skill dalam membuat olahan coklat ini dengan menarik serta pengetahuan tentang coklat yang akan di sajikan seperti apa
-          Membuat kerjasama, adanya kerjasama dengan orang lain, seperti pemasok bahan baku dapat memberikan biaya bahan baku yang lebih murah tanpa mengesampingkan kualitas yang ada.
-          Tenaga kerja, apabila usaha sudah cukup besar maka dapat memulai untuk mencari tenaga kerja yang kompeten.
-          Control system, selalu melakukan control terhadap semua divisi, agar dapat meminimalisir kesalahan – kesalahan yang ada.
-          Inovasi, berikan inovasi – inovasi dalam bisnis ini, agar dapat bersaing dengan para pesaing yang ada, dan tidak mengalami kerugian yang besar.
KEUNTUNGAN BISNIS COKLAT
Keuntungan dari bisnis ini, dapat memberikan laba yang sangat baik, karena sampai kapanpun, coklat akan terus diminati, coklat ini dapat diolah untuk berbagai macam jenis makanan, dan coklat pun bisa menjadi menu andalan untuk acara party.
KENDALA BISNIS COKLAT
Setiap bisnis pasti memiliki kendala – kendala, kendala utama bisnis coklat yang dapat ditimbulkan dalam pengembangan usaha ini adalah               :
-          Modal yang tidak mencukupi, karena seiring berjalannya waktu dalam memngembangkan usaha.
-          Peralatan usaha yang kurang lengkap, jika usaha sudah memulai ketahap ke lebih besar lagi.
-          Pemasaran dalam promosikan bisnis yang kurang meluas, apabila ingin membuat usaha tersebut lebih besar.
-          Permintaan dalam pesanan coklat lebih banyak di event – event tertentu (hari ulangtahun, valentine, dll).
Untuk itu, dalam memecahkan masalah tersebut dapat dilakukan seperti :
-          Menambah modal, seperti meminjam kepada bank, atau membuat kerjasama untuk meringankan modal yang lebih besar.
-          Apabila usaha sudah lebih besar, maka perlatan usaha harus di tambah atau di upgrade kapasitas dari peralatan – peralatan tersebut.
-          Agar usaha yang dijalankan, promosi juga harus lebih luas lagi, seperi memasang iklan di media TV/radio, social media, atau papan reklame.
-          Mengehindari dari pesanan yang hanya di hari – hari tertentu, jadi harus lebih bisa menarik pelanggan dengan cara membuat menu yang dapat disajikan setiap harinya seperti snack coklat, atau minuman coklat, dan strategi pemasaran yang lebih kreatif.
STRATEGI PEMASARAN
Untuk meambah minat pembeli, tentunya ada strategi yang harus di terapkan,diantaranya :
-          Promosikan produk di media social yang ada, membuat pamvlet/brosur
-          Mengikuti kegiatan seperti pameran UKM atau bazzar kuliner
-          Mendistribusikan tester ke tempat lain
-          Memberikan harga – harga promosi, untuk menarik perhatian pelanggan untuk datang.
KUNCI SUKSES
Kunci sukses dalam berbisnis apapun bidang usahanya adalah :
1.       Memiliki keberanian dalam memulai
2.       Komit terhadap bisnis yan telah di mulai.
BIAYA OPRASIONAL
Biaya Oprasional dan Bahan Baku
Rp
Coklat ( 3kg x 30.000)
90.0000
Bahan pelengkap 
250.000
Peralatan pembuat kue
150.000
Kemasan produk
200.000
Biaya tak terduga
500.000
TOTAL
1.190.000

Omzet penjualan
Rp
Harga pernjualan coklat
15.000
Pendapatan dalam sebulan
(15.000 x 25 hari)
375.000
Di atas adalah merupakan perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk pemula bisnis coklat, dengan bahan bahan yang mudah di dapat, dan peralatan yang tentunya ada dirumah. Apabila bisnis sudah mulai berkembang, maka peralatan serta bahan – bahan pembuat coklat harus lebih lengkap dan di upgrade kapasitasnya.
PENUTUP
harapan saya, semoga bisnis ini adalah awal dimana saya bisa mencapai kesuksesan, Untuk itu saya mulai mengumpulkan modal untuk memulai bisnis tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar