Rabu, Januari 11

Bisnis Plan








UD. TIANA JAYA

JL.KH.Hasyim Ashari, Cipondoh, Tanggerang
Tianajaya123@blog.com | Telp.087782640xxx

Bisnis Plan UD. Tiana Jaya
Sejak beberapa tahun yang lalu banyak pembangunan dilakukan di kota. Saat itu Sebagian alat pembangunannya dibutuhkan oleh banyak pabrik besi dibeberapa kota. Dari kebutuhan pabrik itu, disini kedua orang tua penulis menemukan peluang bagus bagi para pemasok besi tua bekas. Dan memang pada saat itu, sudah ada beberapa pengusaha yang membuka usaha pada jual beli besi tua bekas yang dapat dikatakan perkembangannya cukup pesat.
Sudah puluhan tahun kedua orang tua penulis menggeluti bisnis ini, dan pasti banyak hal yang telah dilewati bersama seperti halnya, kerugian, kurangnya modal, sampai harus berhutang keberbagai pihak. Namun, karena penulis dan kedua orang tua penulis berusaha untuk terus memajukan usaha ini kami  berusaha mencari peluang baru yang ada dipasar. Membangun jaringan dengan pabrik-pabrik diberbagai kota dan berusaha mencari informasi mengenai harga pembelian barang pada pabrik itu.
Karena dalam usaha ini, banyak informasi bahwa usaha seperti ini dibutuhkan keahlian menebak jitu dalam menentukan barang yang akan pemasok beli agar mendapat keuntungan setelah pemasok kirim ke pabrik. Jadi, ketika pemasok membeli dengan harga sekian ketika dijual ke pabrik kita bisa mendapatkan keuntungan yang setimpal dengan usaha kita memproses barang agar dapat diterima oleh pabrik.

Konsumen
Pemasok menargetkan konsumen dengan melihat kebutuhan masyarakat akan bahan-bahan pembangunan di sekelilng mereka. Pemasok juga membuat negoisasi dengan pembangunan yang sedang berjalan mengenai barang dalam pembangunan yang sudah tidak bisa dipakai. Pemasok juga menargetkan konsumen kepada pemilik-pemilik material karena barang yang dibeli dalam usaha penulis ini lebih murah dibanding dengan toko-toko lain.

Memulai Bisnis Besi Tua Bekas
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan terlebih dahulu,
1.       Modal utama dalam bisnis ini adalah keahlian dalam menebak. Banyak pengusaha sukses didaerah Surabaya, Jawa Timur karena mereka bermodalkan keahlian mereka dalam menebak harga dalam membeli barang. Dan memang usaha seperti ini modal utamanya adalah keahlian menebak. Dan pebisnis harus masuk didalam peluang-peluang yang ada.

2.       Menjalin kerjasama dengan pabrik-pabrik atau lapak-lapak yang lebih kecil untuk membuat jaringan baru yang dapat membuat pebisnis mendapatkan barang dengan harga yang sesuai dengan yang diharapkan dan dapat menjual barang dengan keuntungan yang diharapkan pula.

3.       Mencari tenaga kerja yang mampu dalam melakukan pekerjaannya, karena dalam usaha seperti ini diperlukan tenaga kerja yang kuat, dan tidak mudah terkena penyakit.
4.       Melakukan control terhadap harga barang di pabrik dan mengontrol barang apa yang sangat dibutuhkan pabrik agar pebisnis tidak terpatok dengan barang tertentu saja.

Keuntungan Bisnis Besi Tua Bekas
Besi tua tak bisa dipungkiri karena sampai kapanpun banyak masyarakat yang membutuhkan untuk membuat sesuatu didalam rumahnya atau lingkungan sekitarnya bahkan pembangunan besar. Tidak hanya kalangan dewasa tapi kalangan remaja juga terlihat membutuhkan besi tua seperti untuk memodifikasi motornya yang memang sedang trend dikalangan remaja. Dimana mereka bisa mendapatkan alat-alat yang mereka butuhkan dengan harga terjangkau oleh setiap kalangan.
Begitupula dengan toko-toko material, karena didalam usaha penulis, kami tidak hanya menerima besi saja, tapi seperti cat yang masih baru, paku yang masih baru, triplek dan lain-lain. Karena itu banyak pemilik toko material mencari barang-barang yang kurang didalam toko mereka ke lapak usaha penulis. Mereka bisa mendapatkan barang dengan harga terjangkau didalam lapak usaha penulis. Dan kami pun bisa mendapatkan untung seperti yang diharapkan.

Kendala Bisnis Besi Tua Bekas
Dalam berbisnis pasti ada saja kendala-kendala yang harus dihadapi oleh pebisnis. Kendala yang penulis alami ketika berbisnis besi tua bekas dengan kedua orang tua penulis yaitu, harga yang sangat cepat berubah pada pabrik seperti saat murahnya harga barang di pabrik namun kami membeli barang tersebut dengan harga mahal, lalu kurangnya konsumen atau transaksi selama beberapa hari karena harga yang pebisnis berikan sedang tinggi, dikarenakan harga dipabrik berubah-ubah, lalu kendala lainnya adalah adanya pesaing yang membeli barang dengan harga tinggi karena mereka berbuat curang dengan timbangan mereka sehingga konsumen bisa saja beralih kepada pesaing.

Strategi Pemasaran
Untuk memperluas jaringan, pebisnis melakukan penyebaran informasi melalui konsumen yang telah loyal kepada kami. Untuk memberitahu teman atau orag-orang yang ada disekitar mereka bahwa kami menerima barang tertentu dengan harga tertentu. Lalu kami memberikan reward berupa barang kepada konsumen kami yang telah loyal selama bertahun-tahun. Lalu pebisnis melakukan komunikasi dengan berbagai pemasok lain melalui media. Kami juga menerima borongan besi tua bekas dengan harga yang telah disepakati oleh kedua pihak.

Kunci Sukses
Sebagai pebisnis, ada kunci sukses tersendiri yang kami miliki. Pertama, Yang paling ditegaskan oleh kedua orang tua penulis yaitu Tekun, karena jika usaha dibidang ini jika tidak tekun maka usahanya tidak akan berkembang, kedua, harus Ulet. Jika ingin usaha ini berkebag dan maju harus tekun danulet karena usaha seperti ini membutuhkan tenaga ekstra dari usaha-usaha lainnya.


Analisa Ekonomi
Asumsi
-          Menjual barang kepada pabrik setiap bulannya 5ton
Modal awal
Lahan                                                                     Rp. 12.000.000/thn
Truk                                                                        Rp. 180.000.000
Las                                                                          Rp. 1.000.000
Bahan baku pembuatan rumah                        Rp. 10.000.000
Membeli barang dari pemasok lain  Rp. 5.000.000
Total                                                                       Rp. 206.000.000
Biaya Penyusutan
Harga Lahan setiap tahun meningkat              Rp 15.000.000/thn
Service truk                                                           Rp 8.000.000
Tabung las                                                             Rp. 200.000
Perbaikan lahan                                   Rp. 2.000.000
Total                                                                       Rp 25.200.000
Biaya produksi perbulan
Tenaga kerja                                                         Rp 1.500.000/blan
Biaya listrik dan telefon                                      Rp. 1.000.000
Biaya transportasi                                                Rp. 1.000.000
Biaya penyusutan                                                Rp. 25.200.000
                                                                                Rp. 28.700.000
Omset per-pengiriman barang
Penjualan barang 1ton X 63.000                      = Rp 63.000.000
Laba bersih
Rp. 63.000.000 – Rp. 28.700.000                     = Rp. 34.300.000

Penutup

Semoga informasi mengenai bisnis penulis ini bermanfaat bagi pembaca dan semoga pembaca bisa menjalin kerja sama dengan penulis apabila terdapat bisnis yang berkaitan dengan penulis. Jangan ragu untuk memulai usaha kalian. Dan pelajarilah segala sesuatunya daru yang sudah terlewat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.