Kamis, Januari 12

Business Plan; Fruity Chocolate

FRUITY CHOCOLATE
Jl. Bakti 
Kel. Kebon Bawang Kec. Tanjung Priok 
Jakarta Utara 14320
email; heyfebsss@gmail.com

BUSINESS PLAN “FRUITY CHOCOLATE”
Sejak beberapa bulan belakangan ini, jajanan atau cemilan ketika zaman tahun 1990an kembali di gandrungi oleh para anak-anak remaja di Jakarta. Yakni “Fruity Chocolate” yang artinya beberapa jenis buah-buahan yang di celupkan coklat cair. Namun, berbeda dengan tahun 1990an pada era sekarang justru lebih kreatif lagi, dimana buah yang sudah dicelupkan coklat tidak langsung begitu saja di sajikan. Melainkan ditambahkan kembali topping-topping yang sudah disediakan.
Maraknya jajanan yang beragam dan banyak digandrungi oleh anak muda. Maka, membuat penulis menjadi ingin mencoba usaha ini dengan bermodalkan niat dan tekad. Pada usaha ini penulis berfokus untuk menjual fruity chocolate saja, namun tidak semua jenis buah penulis jual hanya beberapa saja. Misalnya pisang, papaya, melon, kiwi, dan mangga.

KONSUMEN
Pada usaha dibidang ini, penulis memfokuskan kepada anak-anak dan juga remaja namun tidak menutup kemungkinan juga ditawarkan kepada orang tua. Penulis sengaja menargetkan konsumennya anak-anak juga remaja karna anak-anak seusia 6 tahun – 20 tahun sedang senang-senangnya mencari jajanan yang beda dan jarang ditemui. Oleh karena itu penulis menargetkan mereka dengan jajan fruity chocolate yang beda dengan yang lain.

MEMULAI BISNIS
Ketika kita ingin memulai bisnis di bidang apapun kita harus memiliki beberapa syarat, misal:
·         Skill dan Pengetahuan, dimana ini sangat penting jika kita ingin membuka peluang bisnis. Kita harus memiliki skill dalam membuat barang yang kita jual menarik, beda. Serta memiliki pengetahuan yang luas, misalnya tentang target pasar, tentang barang yang akan dijual, strategi pasar dan sebagainya.
·         Memiliki jaringan luas dan kerja sama, jadi di usaha ini penulis membutuhkan buah setiap harinya dan akan membelinya dalam jumlah banyak. Jika kita sudah memiliki jaringan atau kerja sama yang baik maka akan lebih mudah, misal biayanya bisa lebih murah karna sudah berlangganan atau bisa diantar barangnya tanpa perlu kita yang ke toko buah.
·         Kualitas, dimana setiap pengusaha harus memikirkan kualitas bagi barang barang yang dijualnya, agar memuaskan pembeli.

KEUNTUNGAN BISNIS
Keuntungan yang didapat dari usaha ini ialah mempromosikan jajanan atau cemilan zaman dulu menjadi digandrungi kembali dengan lebih modern dan inovatif. Serta memotivasi para anak muda untuk membuka usaha dengan sekreatif mungkin.
KENDALA BISNIS
Kendala bisnis yang kemungkinan terjadi, bersaing dengan jajanan yang lebih menarik lagi. Misal kue cubit, seblak, atau pancong. Serta pemasok buah yang mungkin adanya tergantung musim.

STRATEGI BISNIS
Dalam hal ini strategi bisnis yang dilakukan oleh penulis yakni dengan menggunakan social media. Dimana social media lebih memberikan peluang yang cukup banyak dibandingkan membuka kedai. Pertama, dalam memasarkan produk penulis akan memasarkan melalui social media yakni Instagram, Facebook, dan Web Blog. Kedua, melalui teman ke teman dan lingkungan sekitar rumah saja. Kenapa demikian? Karna untuk langsung membuka kedai itu terlalu cepat, jajanan kecil seperti ini akan lama untuk beradaptasi kepada orang sekitar jadi peluang untuk laku terlalu sedikit jika langsung membuka kedai.

KUNCI SUKSES
Kunci sukses dalam menjalani sebuah usaha atau bisnis yakni jujur dan harus ditekuni, memiliki kesabaran dalam menghadapi naik turunnya usaha, serta ikhlas. Yang artinya, berjualan sesuai hobi dengan hati yang senang tanpa terlalu memikirkan keuntungan yang banyak.

BIAYA KEUANGAN
A.    Biaya bahan baku
No
Bahan
Harga
1
Coklat Batangan
Rp    60.000
2
Nyam Nyam
Rp       5.000
3
Choco Crunch
Rp       5.000
4
Oreo
Rp   105.000
5
Ceres
Rp       5.000
6
Susu
Rp      20.000
7
Buah-buahan
Rp    200.000

Total
Rp    400.000

B.     Biaya peralatan
No
Alat
Harga
1
Gelas Plastik
Rp       8.500/pak
2
Plastik
Rp     15.000/pak
3
Stick Ice Cream
Rp       3.000/pak

Total
Rp      26.500

DAFTAR HARGA


KESIMPULAN
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa usaha dalam bidang kuliner khususnya jajanan atau cemilan sangat memiliki peluang yang cukup besar. Dimana dengan harga yang terjangkau mereka sudah bisa menikmati perpaduan rasa yang beraneka ragam. Dengan proposal ini, saya yakin banyak konsumen yang tertarik dan penasaran bagaimana rasa cemilan yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.