Kamis, Januari 12

BUSINESS PLAN


BUSSINESS PLAN NKRI KOPI 
(NYERUPUT KOPI RASA INDONESIA)




LATAR BELAKANG
           Saya akan membuat sebuah kedai kopi, dengan seperti itu saya dapat menghasilkan biji kopi yang  saya tanam sendiri, menghasilkan kopi original yang beda dengan yang lain. Dan saya juga dapat memanfaatkan masyarakat yang masih belum mendapatkan pekerjaan agar dapat mengurangi tingkat pengangguran.
Pada saat ini banyak orang yang menginginkan sebuah tempat nongkrong / hangout yang cozy dan sesuai dengan selera mereka, terutama kalangan pelajar atau mahasiswa. Maka dari itu saya akan membuat kedai kopi dengan  pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai minuman ini tidak merasa bosan karena banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai minuman ini, maka saya akan berusaha memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya relatif murah bagi semua kalangan masyarakat.


Analisis Pasar dan Pemasaran
            Suatu tantangan bagi manajemen pemasaran untuk selalu tanggap terhadap perubahan lingkungan pemasaran perussahaan adalah pergeseran selera konsumen, persaingan dan situasi perekonomian. Perusahaan dituntut untuk menilai perubahan lingkungan tersebut sehingga mampu merumuskan strategi pemasaran perusahaan dalam pencapaian tujuan perusahaan itu sendiri.

 Analisis Produksi
Kopi merupakan hasil bumi yang sangat melimpah di Indonesia dan memiliki banyak khasiat bagi mereka yang mengkonsumsinya. Beberapa khasiat kopi adalah mencegah penyakit diabetes hingga 50% dan kopi juga mengandung zat asam klorogenik dan trigonelin yang dapat meningkatkan insulin dan menghambat penyerapan glukosa dalam tubuh. Dan yang biasa orang ketahui adalah kopi dapat menyegarkan tubuh dan tidak mudah mengantuk karena memiliki zat kafein. Oleh karena itu banyak orang yang mengkonsumsi kopi ini, maka dari itu dapat kita manfaatkan selera masyarakat ini untuk menjadi sebuh peluang bisnis yang menguntungkan.


Rencana Pengembangan Usaha
Semua proses produksi telah dilakukan, mulai dari pemilihan biji kopi yg baik dan berkualitas sampai cara pengolahannya, dan sekarang saya akan mencari target pasar. Yang harus diketahui dalam memulai usaha adalah peluang pasar dimana produk ini dapat diterima. Ini adalah kunci penting agar usaha kita dapat berjalan dengan lancer. 
Saya harus menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing dan  mengetahui sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu sisi harga, pelayanan dan kualitas. Saya akan mensurvei dan meniliti pesaing-pesaing saya agar dapat menghasilkan sebuah kopi yang berbeda dengan lainnya, bukan saja berbeda, namun juga lebih enak dan sesuai dengan selera masyarkat. Dan saya akan membangun sebuah kedai kopi ditempat yang cukup ramai dan dilalui banyak orang. Contohnya sekitar kampus atau perkantoran, dengan seperti itu kedai kopi saya akan cepat dikenal banyak lapisan masyarkat.

 Pemanfaatan Teknologi dan Informasi

Dalam bisnis kami, pemanfaatan teknologi dan informasi cukup penting, karena itu bisa membantu perkembangan perusahaan kami baik dari segi promosi maupun produksi. Dari segi promosi TI berperan penting contohnya di dalam dunia internet. Seperti promosi online melalui social media agar mudah menyebar luas.


Analisis keuangan

Rata– rata omset / Outlet / bln                                  : Rp  100.000.000
Bahan Baku ( 40% )                                                  : Rp     40.000.000
Laba Kotor                                                                : Rp     60.000.000
Biaya Operasional, outlet, Gaji Pegawai                  : Rp   9.250.000
Overhead ( listrik, telp, pam )                                   : Rp   3.000.000
Sewa Tempat                                                             : Rp   2.500.000
Langganan Internet                                                    : Rp    750.000
Operasional IT                                                           : Rp    3.500.000
Biaya Penyusutan Alat                                               : Rp    2.500.000  
diambil rata-rataOperasional Lain – Lain                  : Rp   5.000.000

TOTAL                                                                       : Rp 26.000.000
Laba Bersih / outlet                                                 : Rp  34.000.000
BEP / Balik Modal  = 5,8 bulan / 6 bulan


 KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas bahwa Coffee shop harus memiliki keunggulan produk baik, seperti :
·         Seperti citra rasa produk yang dihasilkan, kualitas, mutu produk, keberhasilan
·         Cara penyajian yang lebih unik dan istimewa agar lebih menarik
·         Fasilitas ruang café yang begitu nyaman



Tidak ada komentar:

Posting Komentar