Minggu, Januari 8

“SHOPPEE YOLKOYZ”

PERENCANAAN USAHA
“SHOPPEE YOLKOYZ
Seiring kemajuan Usaha Kegiatan Menengah (UKM) pada masa kini yang mulai di pandang oleh masyarakat, sehingga hal ini tentunya memberikan dampak yang besar bagi perkembangan ekonomi Indonesia, dan juga pada zaman sekarang ini dengan kemajuan tekologi membuat usaha mudah untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja yang membuat saya berfikir bahwa ini adalah peluang yang sangat tepat untuk menjadi wirausahawan.
Walaupun masih banyak UKM yang mengalami kendala seperti permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis, dan lain-lainnya, dan walaupun terjadi krisis global yang sempat meggoyangkan perusahaan perusahaan besar di sekitar kita namun usaha kegiatan menengah (UKM) tidak terpengaruh sehingga sebagian masyarakatpun memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif.
Konsumen
Target pasar saya adalah kalangan remaja sampai dewasa, usaha saya adalah berjualan action figure dari jepang dan juga barang-barang cosplay.

Memulai Bisnis SHOPPEE YOLKOYZ
1.       Skill dan pengetahuan tentang barang barang yang banyak disukai orang-orang sangat dibutuhkan dalam memulai bisnis seperti ini, dan lagi keahlian dalam memilih produk dan memasarkan nya menjadi kunci sukses dalam berwirausaha.
2.       Kerjasama, membangun mitra kerjasama dengan orang-orang sekitar dan yang terdekat untuk memperluas area wirausaha.
3.       Selalu jaga kualitas produk yang akan di pasarkan, apakah ada kecacatan atau tidak.
4.       Selalu ikuti tren yang sudah booming akhir-akhir ini, yang dapat meningkatkan pemasaran produk sehingga tidak kalah dengan pesaing lain.
Keuntungan Bisnis
Tidak dapat di pungkiri berbagai macam barang barang seperti figure jepang (figma, nendoroid, pvc, gunpla, dan lain-lainnya) dan juga barang barang keperluan cosplay (costume, wig, aksesoris) banyak sekali dicari oleh orang orang pecinta jejepangan.
Kendala Bisnis
kendala bisnis yang biasanya saya hadapi adalah waktu, karena saya masih kuliah, dan tidak bisa fast respon ketika ada customer yang bertanya (harus menunggu saya selesai kelas terlebih dahulu)
Strategi Pemasaran
Biasanya saya memasarkan produk saya dengan via sosial media seperti Line, Facebook, Instagram untuk memasarkan produk saya. Pemasaran nya juga bisa lewat orang lain (word of mouth) dengan testimoni konsumen yang membeli lalu memberitahukan kesan nya kepada teman-teman nya sehingga membuat teman nya penasaran untuk melihat lihat barang yang jual.

Kunci Sukses
·         Jangan pernah malu dalam memasarkan produk.
·         Selalu layani customer dengan ramah.
·         Selalu update barang barang apa saja yag sedang tren.
·         Jangan malu untuk bertanya dan belajar dari orang lain yang sudah sukses
Analisa Ekonomi
Modal awal saya tidak ada karena saya adalah wholesaler yang hanya memasarkan produk yang sudah ada di supplier berupa ready stock maupun membuka pre order barang yang customer ingin beli di web jepang maupun china
Laba bersih setiap itemnya sebesar Rp 10.000 ~ Rp 50.000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.