Jumat, Januari 13

Proposal Rencana Usaha "Sign de Brand"

        I.            Latar Belakang

                Merupakan rahasia umum bahwa angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat seiring berjalannya waktu, tentunya kami merupakan salah satu orang yang tidak ingin merasakan dampak dari peristiwa tersebut. Dengan kata lain, membuka usaha adalah salah satu jalan yang menurut saya paling meyakinkan, selain terhindar dari dampak PHK masal, juga dapat membantu menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Dengan berwisausaha juga, penghasilan yang akan di peroleh sangat lebih menjamin. Untuk itu, dibukalah “Sign de Brand”, sebuah usaha yang kami dirikan dan bergerak dibidang tekstil siap pakai, untuk saat ini kita masih fokus untuk memproduksi bantal yang dapat dicustom.
                Semua orang, dan semua kalangan tentunya menginginkan ruangannya dan rumahnya tampak cantik sesuai perspektifnya masing – masing, dengan mewujudkan gambar dan warna yang sesuai dengan keinginan konsumen, tentunya mereka akan selalu puas, karena hasilnya 99% sesuai dengan yang mereka bayangkan.

     II.            Target Pasar

                Target pasar kami adalah semua kalangan tanpa terkecuali, mulai dari mereka yang baru lahir sebagai hadiah sampai bahkan untuk mereka para lansia.
   III.           
           Memulai usaha inipun perlu memperhatikan beberapa faktor, seperti:

·         Modal
Selain bermodalkan ide dan uang, berdirinya perusahaan inipun bermodalkan niat yang baik dan kesungguhan untuk menjalankannya
·         Pemasaran
Teknik pemasaran yang kami gunakan adalah teknik pemasaran terampuh yaitu melalui promo – promo dan juga media social.
·         Kualitas
Jangan khawatir dengan kualitas bantal sofa kami, karena konsumen dapat memilih material sesuai dengan keinginannya, begitupun dengan desainnya.

  IV.            Keuntungan Bisnis

Keuntungan dari bisnis ini adalah sebetulnya tidak memerlukan modal yang banya, ata bahkan bisa tanpa modal. Karena para konsumen, seperti yang kita ketahui pada sistem pre-order, akan mentransfer harga total sesuai pesanannya kemudian baru akan diproses pesanannya.


     V.            Kendala Bisnis

Kendala dalam bisnis inipun seringkali mereka (para konsumen) menginginkan foto mereka untuk dijadikan gambar pada bantal pesanannya, namun resolusi gambar yang dikirim sangat kecil.
Adapun kendala dari dalam perihal menjahit sarung bantalnya, sulit menemukan penjahit dengan harga jasa yang sesuai budget kami

  VI.            Strategi Pemasaran

·         Orang Terdekat

Yang merupakan awal dari strategi pemasaran kami adalah, menargetkan orang – orang terdekat untuk memesan produk kami, selanjutnya mereka akan memberikan testimoni kepada rekan – rekan mereka tentang produk kami.
·         Online (Media Sosial)
Tidak dapat dipungkiri bahwa social media merupakan cara paling ampuh untuk menggaet para konsumen, dengan cara menampilkan gambar gambar yang terpercaya dan cantumkan harganya. Maka semua orang akan mengetahui produk kita.

VII.           Kunci Sukses

Kunci sukses yang terus kami jaga dengan baik adalah “fokus”, fokus dengan apa yang kami produksi, fokus dalam segi kualitas dan pelayanan kami yang sangat ramah dan cepat. Atau dengan kata lain, kunci sukses dari produk kami adalah memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing.

VIII    Analisa Ekonomi

·         Modal / 4 bantal sofa:

1 meter print tekstil = Rp. 80.000 (cukup untuk 4 buah bantal sofa bagian depan)
1 meter bahan polos = Rp. 17.000 (cukup 4 buah bantal sofa bagian belakang)
Benang jahit besar = Rp. 5000
4 buah Resleting jepang = Rp. 6000
Bantal sofa polos = Rp. 30.000
Total                                                      = Rp. 138.000 (per 4 bantal sofa, jika jahit sendiri)

Biaya jahit 4 sarung bantal = Rp. 60.000
Total                                                      = Rp. 198.000 (per 4 bantal sofa, jika jahit di tukang)


·         Laba / 4 bantal sofa:
Harga jual 1 bantal sofa = Rp. 80.000
Harga jual 4 bantal sofa = Rp. 320.000

Laba / 4 bantal (jika jahit sendiri) = Rp. 320.000 – Rp. 138.000 = Rp. 182.000
Laba / 4 bantal (jika jahit tukang) = Rp. 320.000 – Rp. 198.000 = Rp. 122.000

·         Asumsi Penghasilan / bulan:

200 bantal / bulan = Rp. 182.000 x 50 = Rp. 9.100.000 (Jika jahit sendiri)
200 bantal / bulan = Rp. 122.000 x 50 = Rp. 6.100.000 (jika jahit di tukang)

   IX.            Kesimpulan

Usaha “Sign de Brand” kami dirikan sebagai solusi untuk menyematkan diri dari dampak kenaikan angka pengangguran yang ada di Indonesia, agar kami bisa bisa “survive” pada masa krisis yang sedemikian rupa ini. Semaksimal mungkin “Sign de Brand” akan melayani keinginan konsumen dalam mewujudkan hasil desain sesuai dengan keinginan mereka, walaupun adanya beberapa kendala usaha. Berbagai nilai tambah dari perusahaan kami akan kami jadikan kunci sukses perusahaan. Dengan laba 6 – 9 juta rupiah perbulan, akan terus kami tingkatkan kualitas kami dan selalu menciptakan inovasi – inovasi kreatif untuk para konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar