Minggu, Januari 8

RVshopp_

RENCANA BISNIS
“RVSHOPP_”

I.                   LATAR BELAKANG
Saat ini semakin ketat persaingan dalam dunia usaha atau bisnis. Tetapi persaingan tersebut justru akan memberikan hal positif pada perekonimian Indonesia karena secara tidak langsung suatu usaha atau bisnis akan mengurangi jumlah pengangguran yang kita tahu saat ini jumlah pengangguran di Indonesia sendiri sangatlah besar. Bisnis usaha menengah ataupun atas pasti akan melibatkan masyarakat di sekitar tempat usaha itu sehingga pengusaha dapat merekrut pegawai dari dalam daerah tersebut.
Tapi terkadang dalam menjalani suatu bisnis akan ada kendala-kendalanya, misalnya modal, perhitungan yang matang, ataupun cara pemasaran. Tetapi pada era modern ini tidak perlu mengkhawatirkan bagaimana cara pemasaran dari suatu produk karena pada era sekarang jaringan internet sudah tersebar luas dimana-mana sehingga akan memudahkan pengusaha untuk pemasaran ( via online ). Disamping pemasarannya yang relatif mudah, tentunya bisnis via internet akan memudahkan konsumen dalam membeli sebuah produk tanpa harus keluar rumah atau harus ke mall.
Pada hal ini saya akan menjalankan sebuah ide bisnis yang tentunya menarik yaitu bisnis tas totebag dan slingbag. Mengapa saya memilih ide bisnis ini? karena saat ini tas sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat baik untuk sekolah, kuliah atau untuk sekedar jalan-jalan (hangout).

II.                TARGET PASAR
Target pasar yang saya bidik adalah wanita perempuan atau ibu-ibu yang suka jalan-jalan atau sekedar buat koleksi. Saya bisa juga menitipkan tas ini pada toko atau kios yang banyak dikunjungi oleh pembeli sehingga produk tas saya akan semakin bisa meluas dipasaran.

III.             MEMULAI BISNIS
Memulai Bisnis Tas Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
1.      Skill dan pengetahuan
Pengetahuan tentang usaha yang saya jalani itu harus lebih fokus pada barang yang saya jual bagaimana agar para konsumen banyak yang meminati barang saya
2.      Kerjasama / jaringan
Untuk kerja sama saya bisa bekerja sama dengan olshop-olshop ternama atau besar dengan kata lain menjadi reseller mereka
3.      Tenaga Kerja
Untuk tenaga kerja yang saya butuhkan itu ada 4 orang
4.      Kualitas
·         Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
·         Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
·         Hasil jaitan sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
5.      Trending Topik
1. menghasut orang lain,
2. eksis di internet,
3. hobi yang menghasilkan,
4. bisnis kreatif.

IV.             KEUNTUNGAN BISNIS TAS
Tas yang unik tentunya akan menarik banyak pembeli yang ingin memiliki tas ini. Saat ini nilai jual tas tergolong tinggi. Tapi, konsumen akan bosan dengan model tas yang hanya begitu-begitu saja. Pastinya konsumen akan mencari tas yang unik dan menarik. Tas slingbag dan totebag inilah jawaban dari semua itu. Saat ini tas slingbag atau totebag banyak di minati masyarakat Indonesia.

V.                KENDALA BISNIS TAS
Kendala yang mungkin akan saya hadapi adalah waktu, karena saya masih kuliah, dan tidak bisa fast respon ketika ada customer yang memesan dan bertanya untuk order.

VI.             STRATEGIS PEMASARAN
Untuk memperluas jaringan pemasaran produk tas ini, Biasanya saya memasarkan produk saya dengan via sosial media seperti Line, Facebook, Instagram, Bbm dan juga Twitter untuk memasarkan produk saya. Pemasaran nya juga bisa lewat orang lain (word of mouth) dengan testimoni konsumen yang membeli lalu memberitahukan kesannya kepada teman-temannya sehingga membuat temannya penasaran untuk melihat lihat barang yang saya jual

VII.          KUNCI SUKSES
1.      Selalu Inovasi dan kreatif
2.      Menciptakan loyalitas kepada pelanggan
3.      Berpikir yang luas
4.      Menjaga kualitas
5.      Jangan pernah malu dalam memasarkan produk.
6.      Selalu update barang barang apa saja yag sedang tren.
7.      Jangan malu untuk bertanya dan belajar dari orang lain yang sudah sukses


VIII.       ANALISA EKONOMI
Modal awal saya tidak ada karena saya adalah reseller yang hanya memasarkan produk yang sudah ada di supplier berupa ready stock maupun membuka pre order barang yang customer ingin beli di RVshopp_. Laba bersih perbulannya kurang lebih Rp 1.750.000.

IX.             PENUTUP
Semoga bisnis plan ini bisa benar-benar menjadi bisnis yang bagus buat saya sebagai usaha rumahan. Karena bisnis ini menghasilkan keuntungan yang sangat besar buat saya. Untuk bisa menjalankan bisnis ini maka dari sekarang saya akan menabung untuk mengumpulkan modal guna mendirikan usaha lain yang lebih besar dengan sungguh-sungguh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar