Kamis, Maret 23

Bisnis Plan Es Kul kul




@D10-Arum

Pendahuluan
Ide ini berawal dari kecintaan saya terhadap es. Hampir semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai es. Es merupakan salah satu minuman bernuansa dingin dan memberikan efek kesegaran.
Es dapat diolah menjadi beragam bentuk dengan keistimewaannya masing- masing. Salah satu macamnya adalah “ Es Kul kul ”.
Banyak hal yang membuat Es Kul kul menarik perhatian para pecinta kuliner, hal pertama selain harganya yang bisa terjangkau, Es Kul kul adalah makanan olahan yang bahan baku dasarnya berasal dari buah - buahan. Namun, seiring berjalannya waktu, saya jarang sekali menemukan pedagang es kul kul tersebut.
Oleh sebab itu, saya berencana memunculkan kembali usaha pisang cokelat tersebut yang sekarang sudah sulit untuk dicari oleh masyarakat. Peluang usaha di bidang ini cukup menjanjikan karena melihat dan mendengar dari pembicaraan keluarga dan teman-teman mengenai es kul kul tersebut sangat banyak diminati.


Konsumen
Target pasar yang saya tuju adalah anak – anak dan para remaja, karena menurut saya mereka termasuk golongan konsumtif yang lebih memilih makanan ringan untuk menemani aktifitas sehari – hari. Lalu saya dapat menggunakan media promosi seperti social media, sehingga dapat menjangkau mereka dan juga lebih hemat dalam biaya.

Memulai Bisnis
1.      Merubah mindset atau pola berpikir dengan memiliki visi jauh kedepan tentang apa saja yang kita ingin capai, sehingga kita dapat membuat rencana untuk membuka usaha kecil terlebih dahulu.

2.      Memiliki skill dan pengetahuan tentang perkembangan usaha dibidang kuliner yang saat ini laris di pasaran. Sehingga kita dapat mengamati perkembangan minat konsumen baik melalui koran, majalah, internet.

3.      Menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku agar mau memberikan penawaran harga yang lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan yang digunakan.

4.      Mengedepankan kualitas rasa yang ditawarkan dan menciptakan produk – produk inovasi terbaru agar konsumen tidak merasa bosan dan tidak kalah bersaing dengan produk lainnya yang ada di pasaran.

Keuntungan Bisnis
            Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupannya sehingga tak bisa dipungkiri lagi bahwa sampai kapanpun manusia akan terus mengkonsumsi makanan atau minuman. Oleh sebab itu makanan ataupun minuman dapat memiliki nilai jual yang cukup tinggi, maka kondisi inilah yang dimanfaatkan untuk meraup keuntungan sebanyak – banyaknya bagi para produsen makanan.

Kendala Bisnis
            Yang menjadi kendala bisnis bagi kami para produsen makanan ialah ketersediaan bahan baku yang terlambat. Selain itu kita juga harus bersaing dengan produk – produk lain yang memiliki harga relatif lebih murah dari harga yang kita tawarkan serta kita juga harus terus membuat inovasi – inovasi terbaru agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk es kul kul yang kita jual.

Strategi Pemasaran
            Untuk melakukan pemasaran dari produk es kul kul ini, saya akan memanfaatkan melalui jalur media baik secara online maupun offline, seperti memasang tanda “jualan es kul kul” di depan rumah saya atau memanfaatkan internet marketing dimana hal ini dapat menambah jaringan bisnis dan memperbesar peluang pasar yang dimiliki.

Kunci Sukses
            Kunci sukses dalam menjalankan usaha ada empat. Pertama tekun dan bekerja keras sehingga jika kita menemui kegagalan jangan langsung berputus asa akan tetapi sebagai pelajaran untuk memperbaiki usaha kita. Kedua berteman dengan siapa saja agar kita dapat memperluas jaringan bisnis yang kita miliki. Ketiga terus berfikir kreatif dan inovatif agar dapat menciptakan produk – produk baru yang tidak kalah dalam persaingan pasar. Keempat berdoa apabila kita sudah menjalankan semua kunci sukses maka jangan lupa berdoa mengharap ridho dari – Nya, karena dengan berdoa maka jalan usaha kita akan dimudahkan.

Analisa Ekonomi

Asumsi
-          Produksi es kul kul sebanyak 10 buah
-          Proses produksi dilakukan dirumah, tanpa menyewa tempat usaha

Biaya Produksi
Buah Pisang                                                                Rp 15.000,00
Stik Es krim                (1 bungkus)                              Rp   5.000,00
Coklat Batangan         (@ Rp 10.000,00 x 3)              Rp 30.000,00
Kacang Tanah             1/2 kg                                      Rp 15.000,00
Mentega                                                                     Rp   7.500,00
Gas Elpiji                    3 kg                                         Rp 20.000,00  +

Total                                                                         Rp 117.500,00

Omset per bulan
Penjualan es kul kul : @ Rp 5.000,00 x 10 = Rp 50.000,00 per hari
30 hari x Rp 50.000,00 = Rp 1.500.000,00

Penutup
       Diharapkan usaha ini dapat berjalan dengan semestinya sehingga dapat memajukan usaha kecil menengah serta menciptakan lapangan kerja baru bagi semua orang. Jangan lupa untuk berdoa dan kerja keras dalam menjalankan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar