Jumat, Maret 17

Bisnis Plan: Pempek Berkah


@47-Amirul
            Pada zaman sekarang, dalam persaingan dan pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di indonesia belakangan ini cukup pesat. Tentunya sangat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia pada umumnya.

Kenyataannya keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.
            Meskipun sampai hari ini masih banyak para pelaku UKM yang mengalami beberapa kendala usaha, seperti permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis, dan lain sebagainya. Namun pada dasarnya UKM merupakan salah satu kegiatan industri yang tahan banting dan tidak terpengaruh adanya krisis global yang beberapa waktu lalu sempat menumbangkan beberapa perusahaan besar di sekitar kita. Bukti inilah yang menjadi motivator bagi sebagian masyarakat sehingga akhirnya mereka memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif tepat untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.
                                                                       
Target Konsumen
Pasar yang kami bidik adalah kalangan anak-anak, remaja, sampai dewasa maupun instansi-instansi yang menyukai makanan khas palembang ini sebagai hidangan ynag akan di sajikan bagi perusahaan mereka. Biasanya para produsen pempek skala rumah tangga lebih senang menerima pesanan dalam jemlah banyak untuk beberapa model pempek. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya produksi dan mempercepat proses pengerjaan.

Permulaan Pempek Berkah
            Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang saya siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
1.    Modal utama saya adalah pemahaman akan skill dan pengetahuan saya tentang perkembangan yang pas pada trend mode pempek yang saat ini laris manis di pasaran. Untuk itu saya harus jeli melihat peluang dan perubahan minat dari konsumen melalui media koran, majalah, internet, maupun mengamati perkembangan film kartun yang sedang digemari masyarakat luas.
2.    Menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku ikan yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas produksi yang saya gunakan.
3.    Lebih mementingkan tenaga kerja yang jujur, kreatif, dan memiliki komitmen dalam hal berkerja.
4.    Kualitas rasa yang ditawarkan membutuhkan pengontrolan pada produk pempek yang telah di produksi, hal ini penting untuk penunjang kualitas cita rasa produk agar tetap terjaga dan tidak kalah bersaing dengan produk pempek lainnya yang ada di pasaran.

Keuntungan bisnis Pempek
Makanan adalah kebutuhan pokok manusia. maka dari itu, sampai kapanpun makanan masih terus diminati para konsumen dan instansi dari berbagai kalangan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela menyisihkan uangnya hanya untuk makan makanan yang mereka sukai. Peluang inilah yang dimanfaatkan sebagian besar pelaku wirausaha.

Kendala Bisnis Pempek
            Kendala yang sering dihadapi para pelaku wirausaha boneka yaitu keterbatasan dan ketersediaan bahan baku yang sering terlambat. Ketika permintaan pempek sedang melonjak naik, persediaan bahan baku pun cenderung sulit ditemukan sehingga mengakibatkan adanya kenaikan harga pada bahan dasar pempek yaitu ikan tenggiri.
Strategi Pemasaran
            Untuk permulaan dari pempek berkah ini, pemasaran masih melalui penitipan produk ke toko-toko makanan, dan supermarket terdekat. Wirausaha kami melakukan promosi produk di media massa seperti iklan di media sosial masih dilakukan guna menunjang terjualnya produk pempek berkah.
Analisa Ekonomi
Asumsi
-       Produksi pempek sebanyak 300 buah
-       Proses produksi dilakukan di rumah, tanpa menyewa tempat usaha
Modal Awal
Mesin blender (@ Rp 450.000,00 x 2 buah)                                      Rp 900.000,00
Etalase                                                                                                Rp 1.000.000,00
Peralatan produksi (gunting, pisau, panci, dll)                                   Rp 1.500.000,00+
Total                                                                                                    Rp 3.400.000,00

Biaya produksi per bulan
Bahan baku (ikan tenggiri, tepung sagu, minyak goreng)                 Rp 3.000.000,00
Gaji tenaga borongan (Rp 150.000,00 x 3 orang)                             Rp 350.000,00
Biaya listrik dan telepon                                                                      Rp 200.000,00
Biaya promosi                                                                                     Rp 200.000,00+
Total                                                                                                    Rp 3.750.000,00

Omset per bulan
Penjualan pempek : @ Rp 12.000,00 x 1.000 buah              =          Rp 12.000.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 12.000.000,00 - Rp 3.750.000,00                                     =          Rp 8.250.000,00

Return of Investment (ROI)
(modal awal + biaya produksi) : laba bersih per bulan                      ± 2 bulan

Kunci Sukses

Komitmen, Fokus, dan Konsistensi pada kualitas cita rasa pempek berkah, ingin terus berinovasi terhadap UKM jenis makanan khas palembang ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar