Kamis, Maret 23

BISNIS PLAN USAHA PISANG COKLAT.


Hasil gambar untuk piscok
BISNIS PLAN USAHA PISANG COKLAT.
Bisnis pertumbuhan usaha kecil dan menengah (ukm) belakangan ini semakin menjamur di indonesia. Dalam hal ini sangat memberikan dampak yang positif untuk perkembangan perekonomian termasuk diindonesia sendiri. Karna tidak bisa dipungkiri keberadaan ukm mempercepat naiknya perekonomian di indonesia.
Walaupun tidak bisa dipungkiri masih banyak usaha kecil yang mengalami kendala yaitu seperti dalam permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis dan sebagainnya,  seperti yang saya alami saat melakukan bisnis usaha kecil yaitu kendalanya ada pada tiga hal tersebut. Namun  ukm  yaitu merupakan suatu usaha yang tidak mudah terpengaruh dengan krisis global yang biasanya mengganggu perusahaan besar.  Karna bukti inilah yang membuat saya menjalankan atau memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai jalan pintas atau alternatif untuk menambah penghasilan setiap bulannya dan bisa membantu orang tua.
A.    KONSUMEN.
Target pasar saya adalah semua kalangan seperti anak-anak, remaja sampai ibu-ibu rumah tangga bisa menikmati pisang coklat yang saya jual, karna bisa untuk oleh-oleh maupun cemilan di rumah, meraka bisa membeli satuan maupun pesan dengan partai besar.
B.     MEMULAI BISNIS PISANG COKLAT.
Untuk menjalankan peluang bisnis ini yang harus saya siapkan seperti modal utama saya adalah niat dan skill yang saya miliki , menjalin hubungan baik dengan warung-warung yang saya titipi pisang coklat yang saya buat , memilih bahan-bahan yang berkualitas dan harga yang sangat teerjangkau, teliti dalam memilih bahan yang akan digunakan seperti memilih bahan pisang dan kulit lumpia  yang berkualitas baik, memperhatikan dari segi rasa agar konsumen tidak kecewa.

C.    KEUNTUNGAN BISNIS PISANG COKLAT.
Walaupun sekarang sudah banyak makanan beraneka ragam seperti kue cubit makaroni dan sebagainya , namun cemilan pisang coklat masih banyak penggemarnya dan masih banyak yang minat untuk membeli untuk sarapan pagi maupun untuk kudapan dan untungnya sangat lumayan dan banyak juga sekarang diluaran sana yang menjual berbagai macam pisang coklat , di karenakan keuntungannya sagat lumayan.
D.    KENDALA BISNIS PISANG COKLAT.
Kendala yang saya hadapi yaitu seperti saat dagangan tidak semua habis terjual dan masih sisa lumayan banyak, dan kendala lainnya seperti sudah bikin banyak warung yang biasanya saya menitipkan dagangan tutup. Dan harus bersangin dengan penjual makanan lainnya .
E.     STRATEGI PEMASARAN.
Rencana saya dalam memperluas pemasaran makanan saya mungkin saya akan mengikuti semacam bazar makanan dan memberikan sample pisang coklat yang saya buat kewarung-warung di dekat sekolahan agar mau saya ajak kerjasama.
F.      KUNCI SUKSES.
Sebagai pelaku ukm saya menerapkan kunci sukses terhadap diri saya seperti percaya diri dengan usaha yang akan saya lakukan atau yang akan saya jalankan, tidak perlu takut dengan pesaing dan tantanganyang nantinya akan datang. Harus mempertahankan kualitas dari produk yang saya akan jual nantinya.
G.    ANALISIS EKONOMI.
Asumsi
-          Memproduksi pisang coklat 150 biji seharinnya.
-          Proses produksi pisang coklat dilakukan di rumah tidak menyewa tempat.



Modal awal
-          Peralatan kotak kue (@ Rp 12.000 x 4 buah)                           Rp. 48.000.00
-          Plastik                                                                                        Rp. 6.000.00
-          Bahan produksi (pisang, coklat, minyak goreng, kulit lumpia) Rp. 87.000.00
-          Total                                                                                           Rp. 141.000.00
Biaya produksi perminggu.
-          Bahan baku (minyak goreng, coklat, kulit lumpia, pisang, plastik) Rp. 231.000.00
-          Biaya transport                                                                                  Rp. 50.000.00
-          Total                                                                                                  Rp.281.000.00
Omset perharinya
-          Penjualan pisang coklat Rp.2000 x 150                                             Rp.300.000.00
Laba bersih perminggun.
-          Rp.300.000.00 – Rp.281.000.00                                                       Rp.19.000.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar