Kamis, Maret 23

Bisnis Plan Butik Charissa ( Cha Olshop)

 

1. Latar belakang
A. Fashion
Fashion adalah salah satu kebutuhan pokok manusia selain pangan dan papan. Fashion dibutuhkan oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Di era modern ini, banyak orang yang menggemari fashion dan selalu up to date  mengikuti tren perkembangan fashion.
Sehingga fashion secara tidak langsung dapat menjadi suatu ciri gaya hidup modern. Maka, saat ini fashion banyak hadir dan mudah dijumpai di toko-toko, mall, butik dan pasar. Penggemar fashion cukup banyak, terutama para wanita. Namun dengan perkembangan teknologi banyak wanita yang mulai tertarik untuk belanja secara online karena berbagai alasan; misalnya lebih praktis, karena kesibukannya, mereka jarang memiliki waktu untuk shopping  ke mall / toko.
Atas pemikiran tersebut kami menghadirkanonline shop yang dapat membuat para wanita bisa shopping kapan saja dan di mana saja  dengan menyediakan  fashion wanita yang tidak kalah menarik dengan produk-produk yang ada di pasaran.
Tentang harga kami juga tidak kalah dengan pasaran. Harga yang kami tawarkan sesuai dengan kantong pelajar/mahasiswa serta ibu rumah tangga
           Fashion sangatlah penting bagi kalangan muda yang ingin tampil modis,dan tidak menutup kemungkinan juga bagi para orang tua yang ingin tampil modis dan rapi.
            Kemajuan dunia fashion memungkinkan bisnis fashion tidak akan pudar untuk zaman sekarang. Berbagai macam merek, dan bentuk yang banyak di hasilkan para desainer sehingga menarik banyak sekali peminat. Dari pakaian yang bentuknya  lucu, elegant, dan mewah tergantung selera dari konsumen. Mengikuti trend, sekarang banyak sekali pakaian yang harganya cukup terjangkau, dan ada pun yang mahal.
            Untuk menyemarakkan dan mendukung dunia fashion pada zaman ini, saya ingin menampilkan fashion yang tidak popular di kalangan muda tapi pun di kalangan tua.
2.      Visi      :
      Memberikan masyarakat wawasan dan ilmu pengetahuan tentang fashion yang modern.
3.      Misi     :          
      Memberikan layanan dengan kualitas terbaik dan terlengkap di bisnis online
4.      Identitas Perusahaan
Nama Bisnis    :           Charissa OLShop
Jenis Bisnis      :           Penjualan pakaian online
Produk Bisnis  :           Menyediakan pakaian yang murmer dan terupdate
Kota Bisnis     :           Tangerang
Motto              :          
RAMAH dalam pelayanan
                                    JUJUR dalam bekerja
                                    RAPIH dalam penyajian
B.     TUJUAN USAHA
Tujuan dari didirikannya Charissa OLShop adalah :
1.      Menjadikan bisnis online pakaian terpercaya di Kota Jabodetabek dan luar jabodetabek
2.      Memberikan layanan terbaik bagi konsumen
3.      Membantu pengetahuan tentang fashion bagi kalangan muda maupun kalangan tua
4.      Memberikan produk-produk terbaik untuk digunakan konsumen
C. Aspek Pemasaran
Produk Yang Dihasilkan
Produk berupa barang yaitu segala fashion wanita. Namun, dalam proses produksi Clarissa Shop tidak membuat barang itu sendiri namun melakukan kerjasama dengan supplier tangan pertama dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran. Di sini kami menyediakan produk fashion seperti:
  1. Pakaian : dress, hem, kaos, hotpant, celana panjang, rok, tanktop, jaket, sweater, dll.
  2. Aksesoris : hiasan rambut, gelang, kalung, cincin, tas, dompet, topi, syal, dll.
  3. Sepatu : sandal, kets, heels, flats shoes, boots, wedges, dll.
Target Atau Segmen Pasar Yang Dituju
Segmen pasar yang dituju adalah para wanita yaitu pelajar/mahasiswa, pegawai, dan masyarakat umum dari kalangan manapun dapat dari kalangan bawah hingga atas karna barang yang kami jual harganya terjangkau, yaitu melalui media online / sosial.
Trend Perkembangan Pasar
Usaha online shop kami yang bernama Clarissa Shop, didalamnya kami tidak hanya menyediakan barang fashion yang murahan, akan tetapi juga menyediakan produk yang berkualitas. Selain itu kami juga menyediakan tidak hanya produk jadi dari supplier namun juga produk handmade dari supplier.
Situasi Persaingan
Kami menjalankan usaha ini dengan mengutamakan kejujuran meskipun persaingan sangat sengit / berat antar penjual online shop lainnya. Kami percaya, dengan semakin banyak menghadirkan trend yang baru dengan harga yang miring maka kami dapat terus mampu bertahan dalam dunia bisnis online ini yang semakin ketat dan banyak bermunculan.
Masalah Penetapan Harga
Strategi penetapan harga yang digunakan dengan berbagai faktor penentu, seperti nilai tambah, positioning, competitor, daya beli dll.dengan mempertimbangkan beberapa faktor, terutama kenaikan bbm, dan harga jual dari supplier. Harga yang ditetapkan diusahakan berada jauh di bawah harga pasar atau kompetitif sehingga dapat menarik minat pembeli. Harga yang kami tawarkan berkisar antara:
  • Pakaian : Rp 40.000,00 – Rp 150.000,00
  • Aksesoris : Rp 8.000,00 – Rp 100.000,00
  • Sepatu : Rp 50.000,00 – Rp150.000,00
Periklanan dan Promosi
Karena bisnis kami dijalankan oleh mahasiswa, maka cara mempromosikannya teman disekitar kita contohnya teman kampus, teman sekolah dulu dan orang sekitar lingkungan kita.  Lalu kami juga mempromosikan melalui media elektronik berupa BBM ( Blackberry Messenger ), facebook, twitter instagram dan social media lainnya.Dan dengan mengadakan event – event menarik pada waktu tertentu seperti bila konsumen membeli barang dalam jumlah banyak kami akan memberikan diskon 10% atau kami akan memberikan free ongkir. Untuk awal pembukaan kami selama 1 minggu akan memberikan free ongkir ke seluruh Indonesia. Dan khusus untuk wilayah Jabodetabek kami akan memberikan free ongkir selama 1 bulan.
Jam Operasi Usaha
Usaha ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB s.d. 21.00 WIB selama hari Senin – Minggu kecuali hari libur nasional.
C.    ANALISIS KEUANGAN  (SARANA DAN PRASARANA)
Berikut ini merupakan analisis keuangan, Modal yang dibutuhkan :
No.
Fasilitas
Banyaknya
Biaya / modal
Ket.
1
Biaya Operasional
     Biaya Internet
     Biaya Transport

50.000
20.000
Perbulan
Perminggu
2
Alat tulis kantor
a.      ATK (Pelastik, Lakban)
b    Buku Tulis
      Laptop
      Smartphone
1pack
1pack 
1 buah
1 buah
30.000
50.000
-
-
dipakai jangka lama
Total
150.000


D.    STRATEGI MARKETING
1.      Jasa pelayanan
·         Penjualan baju online
2.      Keunggulan
·         Fasilitas memadai
·         Pelayanan yang ramah
·         Produk berkualitas
3.      Hambatan
·         Banyak orang  yang masih belum mengetahui dan mempercayai online shop
·         Banyak saingan Online shop dengan harga yang lebih murah
·         Internet sering gangguan sehingga susah untuk berinteraksi dengan konsumen
·         Proses pengiriman yang kadang sering terlambat
E.     RENCANA PRODUKSI DAN OPERASI
                  Untuk rencana awal kami akan membuka kantor pribadi di rumah kami sendiri yakni di Jln. Abdullah 1 Komplek Kehutanan Ciledug Tangerang. Dengan modal dan peralatan yang kami telah sediakan tadi. Kemudian untuk proses awalnya kami akan beroperasi selama 7 hari ( Seminggu ).
                  Sketsa umum tentang Online Shop kami : Usaha kami adalah untuk menjual pakaian-pakaian yang trend di zaman sekarang ini, serta kami ingin masyarakat untuk dapat lebih mengenal fashion lebih dekat. Untuk memuaskan konsumen maka kami pun menawarkan banyak produk dengan kualitas terbaik dan diberikan diskon untuk setiap pembelian. Serta layanan yang akan kami berikan yakni merupakan layanan terbaik, seperti motto kami yakni RAMAH, JUJUR dan RAPIH.
F.     KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Kesimpulan kami atas usaha “Charissa OLShop” ini adalah :
·         Usaha Charissa  OLShop ini sangat menguntungkan, seiring dengan perkembangan zaman masyarakat lebih mudah memiliki pakaian yang lagi trend dimasa sekarang ini.
·         Dikarenakan banyak produk yang akan kami dagangkan, masyarakat bisa lebih mudah untuk memilih pakaian yang akan mereka beli
·         Dengan komitmen untuk ramah dalam pelayanan, maka para konsumen akan mendapatkan layanan terbaik dalam proses pembelian di online shop kami.

Rekomendasi kami atas jenis usaha penjualan pakaian online shop adalah :
·         Diharapkan usaha ini nantinya, dapat lebih dikenal tidak hanya di daerah Kota Tangerang dan Jakarta saja, melainkan akan bisa melayani para konsumen yang ada di luar daerah Tangerang dan Jakarta.

·         Bisa memberikan wawasan atau pengetahuan tentang jenis-jenis fashion yang ada. Agar masyarakat awam pun dapat lebih tahu tentang fashion yang lagi trend di zaman sekarang.

G. Kunci Sukses

Dalam menjalankan bisnis ini kami mencoba mencari keuntungan dengan
mengembangkan hobi kami yang suka shopping. Perjalanan bisnis ini kami jadikan awal pembelajaran untuk memulai usaha secara mandiri serta dapat membantu perekonomian keluarga. Adapun segi keuntungan yang kami peroleh dari penghasilan bersih cukup memuaskan sehingga mungkin bisnis online ini dapat menjadi prospek usaha kami dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar