Kamis, Maret 23

Jasa pembuatan taman hias Jakarta

Jasa pembuatan taman hias Jakarta

1. Latar belakang
A. situasi usaha tanaman hias

Saat ini di daerah Indonesia khususnya di wilayah perkotaan seperti jakarta, mulai terlihat semakin berkurangnya lahan hijau diakibatkan pembangunan kota yang semakin pesat  tanpa mempedulikan lahan hijau. Hal ini berakibat kepada semakin panasnya suhu di kota jakarta yang seharusnya terkenal dengan suhu udaranya yang panas serta keindahan kotanya yang terkenal dengan slogan kota metropolitan.
            Selain itu, semakin majunya ilmu pengetahuan dibidang teknologi otomotif, berakibat semakin banyak kendaraan yang berlalu lalang di wilayah kota jakarta. Hal ini mengakibatkan semakin banyaknya polusi udara yang diakibatkan oleh karbondioksida sebagai hasil dari system pembakaran kendaraan bermotor.
            Melalui program jakarta Hijau yang di adakan oleh dinas  pertamanan pemprov DKI jakarta yang bagaimana warga Jakarta ingin kota nya bersih dari udara kotor. Pemerintah kota Jakarta berusaha untuk mengembalikan citra kotanya yang terkenal dengan kota metropolitan tanpa udara kotor. Pemprov DKI jakarta menganjurkan kepada setiap warganya untuk menanam / memiliki tanaman minimal satu tanaman setiap rumah. Hal ini dimaksudkan guna mensukseskan program tersebut serta untuk mengembalikan citra kota jakarta yang dijuluki mega metropolitan.
            Akan tetapi, dikarenakan kurangnya lahan untuk melakukan kegiatan tanam – menanam, maka mayoritas warga kota jakarta memilih tanaman dalam pot sebagai alternatifnya. Selain tidak memerlukan lahan yang luas, tanaman hias dalam pot juga dapat digunakan sebagai keindaham rumah (estetika ). Dan dinas pertamanan membuat taman kota di setiap pinggiran kota Jakarta yang dinamakan RPTRA untuk warga Jakarta yang mengisi waktu luang

2.      Visi      :
      Memberikan masyarakat edukasi tentang tanaman hias atau pengetahuan tentang jenis tanaman  yang ada di perumahan.
3.      Misi     :          
      Memberikan layanan dengan kualitas terbaik dan terlengkap di era bisnis online.
4.      Identitas Perusahaan


Nama Bisnis    :           wildani jaya art
Jenis Bisnis      :           jasa pembuatan taman online
Produk Bisnis  :           Menyediakan jasa pembuatan taman hias, relief, air terjun, carport, kolam hias, batu alam, taman minimalist, perawatan taman, cat wost,dll.
Kota Bisnis     :           Jakarta dan sekitarnya
Motto              :           RAMAH dalam pelayanan
                                    JUJUR dalam bekerja
                                    RAPIH dalam penyajian
B.     TUJUAN USAHA
                Bertujuan untuk menciptakan suasana yang asri dan nyaman dalam lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja Anda.

C. Aspek Pemasaran
Produk Yang Dihasilkan

Produk berupa barang yaitu segala jenis tanaman hias. Namun, dalam proses penjualan wildani jaya art menjual jenis tanaman tergantung konsumen apa yang mau di beli tanamanya.
Target Atau Segmen Pasar Yang Dituju

Segmen pasar yang dituju adalah para perumahan yang baru di bangun, gedung perkotaan, taman perkotaan.
Situasi Persaingan

Kami menjalankan usaha ini dengan mengutamakan kejujuran meskipun persaingan sangat sengit / berat antar penjual online shop lainnya. Kami percaya, dengan semakin banyak menghadirkan trend yang baru dengan harga yang miring maka kami dapat terus mampu bertahan dalam dunia bisnis online ini yang semakin ketat dan banyak bermunculan.

Masalah Penetapan Harga

Strategi penetapan harga yang digunakan dengan berbagai faktor penentu, seperti nilai tambah, kendaraan, pembuatan, jenis tanaman. daya beli dll.dengan mempertimbangkan beberapa factor terutama pencariaan jenis tanman yang dicari.
Periklanan dan Promosi

Karena bisnis kami dijalankan oleh keluarga, maka cara mempromosikannya  disekitar kita contohnya pembuatan rumah minimalist, kita tawarkan apa yang kita akan kerjakan pada tetangga sekitar kita Lalu kami juga mempromosikan melalui media elektronik berupa BBM ( Blackberry Messenger ), facebook,  dan social media lainnya.

C.    ANALISIS KEUANGAN  (SARANA DAN PRASARANA)
Berikut ini merupakan analisis keuangan, Modal yang dibutuhkan :
No.
Fasilitas
Banyaknya
Biaya / modal
Ket.
1
Biaya Operasional
     
     Biaya Transport
0

0
perpembuatan
Perminggu
Tergantung jarak tempuh
2
Pohon palem  merah
Palem buaya
1 jenis
1 jenis
150
500.000.00
-
-
Per pohon dalam satu jenis
Total
650.000.00
D.    STRATEGI MARKETING
1.      Jasa pelayanan
·         Penjualan jasa online dan offline
2.      Keunggulan
·         Fasilitas memadai
·         Pelayanan yang ramah
·         Produk berkualitas
3.      Hambatan
·         Banyak orang  yang masih belum mengetahui jasa pembuatan taman.
·         Banyak saingan Online jasa pembuatan taman.
·         Internet sering gangguan sehingga susah untuk berinteraksi dengan konsumen
·         Proses pengiriman yang kadang sering terlambat
E.     RENCANA PRODUKSI DAN OPERASI
                  Untuk rencana sudah ada dalam bidang operasi kami membuka stand  pribadi di daerah Jakarta barat  yakni di Jln. Masjid al falah kembangan utara dan peralatan .
                  gambaran umum tentang jasa pembuatan taman hias: Usaha kami adalah untuk menjual tanaman hias dan jasa pembuatan taman hias yang trend di zaman sekarang ini, serta kami ingin masyarakat untuk dapat lebih mengenal apa si jasa pembutan taman hias itu lebih dekat. Untuk memuaskan konsumen maka kami pun menawarkan banyak produk dengan kualitas pelayanan terbaik.
F.     KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Kesimpulan kami atas usaha “jasa pembuatan tanaman hias” ini adalah :
·         ingin membuat konsumen yang menggunakan jasa kita senang atas apayang kami kerjakan.
·         memberikan produk tanaman hias yang bermutu indah dalam hal estetika.

·         Diharapkan usaha ini nantinya, dapat lebih dikenal tidak hanya di daerah Kota jakarta dan sekitarnya saja, melainkan akan bisa melayani para konsumen yang ada di luar daerah jabodetabek.
G. Kunci keberhasilan


Dalam menjalankan bisnis ini kami mencoba mencari keuntungan dengan mengembangkan seni kami yang suka mengeresikan hal dalam usaha kami. Perjalanan bisnis ini kami jadikan sebuah tradisi di kampong halaman kami dimna kampong kami 90 % perkerja jasa pembuatan tanaman hias. Usaha ini untuk membangunkan ekonomi di kampong kami dan megedukasikan kampong kami kepada masyarakat yang tau mengenaijasa pembuatan tanaman hais.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar