Kamis, Maret 2

Lima Tips Memulai Usaha

Oleh : Atep Afia Hidayat - Usaha, wirausaha, dagang, bisnis atau apapun namanya merupakan salah satu pilihan kegiatan yang menarik. Bagaimana tidak, dengan usaha akan menghadapi sekian banyak tantangan yang menuntut persiapan fisik, mental dan pikiran yang optimal. Dengan terjun dalam bidang usaha maka segenap potensi diri akan terkerahkan, sangat berbeda jika hanya menjadi pekerja. Lantas, untuk memulai usaha tips apa saja yang harus dijalankan ?


Pertama, untuk memulai usaha diperlukan kesungguhan 100 persen, tidak bisa setengah-setengah. Sebab tingkat kesungguhan yang kurang dari 100 persen tidak akan menghasilkan apapun.

Kedua, untuk memulai usaha diperlukan adanya relasi. Ya, pada dasarnya usaha itu tak lain dari membangun relasi. Oleh sebab itu terlebih dahulu kembangkan relasi dengan siapapun yang akan memperlancar berjalannya usaha. Untuk berlangsungnya usaha dibutuhkan modal, bahan baku, barang modal, karyawan, mitra kerja, pasar, dan sebagainya. Semua hal tersebut akan tersedia jika sebelumnya punya relasi.

Ketiga, untuk memulai usaha diperlukan inspirasi. Lantas darimana didapatkan inspirasi dan kenapa harus ada inspirasi ? Ya, inspirasi merupakan proses awal terjadinya motivasi. Bermula dari gagasan yang didapatkan dari berbagai sumber, kemudian dapat menggerakan keinginan, dan akhirnya berbuah tindakan.

Keempat, untuk memulai usaha diperlukan kreatifitas. Dalam hal ini bisa saja memulai usaha dengan melakukan duplikasi terhadap usaha yang sudah berjalan. Namun tentu saja sangat riskan, sebab tidak ada daya tarik baru yang ditawarkan untuk calon konsumen.  

Kelima, untuk memulai usaha diperlukan modal. Betul bahwa menjalankan usaha bisa diawali dengan modal dengkul. Namun tentu saja  tidak sembarangan "dengkul", yang diperlukan ialah "dengkul" yang produktif.Artinya dengkul yang mau diajak bergerak ke sana ke mari, sehingga terbentuklah sebuah usaha. Bukan "dengkul" yang malas dan statis.

Demikian, lima tips untuk memulai usaha. Hal yang paling penting ialah bertindak, bertindak dan bertindak. (Atep Afia). Gambar: http://www.businesstipstosuccess.com/


Sumber : 

http://www.kangatepafia.com/2014/12/lima-tips-memulai-usaha.html

Artikel Terkait :

Sukses Bisnis dengan Ide Cemerlang

Dunia Usaha yang Kompetitif dan Efisien

Nasib Pengusaha Kecil

Menjadi Negara Agribisnis Terbesar

Perusahaan Indonesia dan Daya Saingnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar