Jumat, Mei 12

@Proyek B05 : Inspirasi Bisnis



Setelah menyimak tayangan video inspirasi bisnis tersebut:

1. Berikan komentar secara langsung (minimal lima komentar/catatan) terhadap tayangan video tersebut;
2. Cantumkan Kode Tugas dibagian atas kolom komentar;
3. Proyek 05 dikerjakan langsung dikelas.

30 komentar:

  1. D14-Herlambang
    1. Tidak ada kata terlalu muda untuk memulai usaha.
    2. Selalu memanfaatkan peluang yang ada.
    3. Mempunyai 2 atau lebih usaha sangat baik untuk menghindari bangkrut, jika mempunyai 2 atau lebih usaha bisa melakukan teknik subsidi silang untuk menopang bisnis satu sama lain.
    4. Gaya pemasaran online sangat efektif di era globalisasi saat ini, karena bisa melayani konsumen dimanapun dan kapanpun.
    5.Jadikan kegagalan sebagai pembelajaran dan batu loncatan untuk menuju kesuksesan.

    BalasHapus
  2. @D37-Hikmatul

    Komentar saya terhadap video tersebut adalah :

    1. Usaha yang niko dan hamzah jalankan, Sangat menginspirasikan yang mana dalam usia muda pun mereka mampu menjadi pengusaha yang sukses
    2. Kegagalan bukanlah satu alasan untuk kita menyerah, justru dengan kegagalan itu lah kita dapat mengetahui letak kelemahan dan kesalahan kita
    3. Hamzah dan niko pun pandai memanfaatkan peluang yang ada
    4. Dan untuk meraih kesuksesan tentu membutuhkan usaha yang keras.
    5. Hal yang paling terpenting adalah kita harus bekerja keras dan tidak mudah menyerah.

    BalasHapus
  3. @D33-Ayu

    1.Hebat banget masih muda sudah sukses berbisnis. Dari sejak kecil udah berjualan. Sampai akhirnya sukses mempunyai usaha sendiri.

    2.salut baget walaupun di cemooh atu digosipin orang masih tetap berjualan dan masih semangat optimis berbisnis.

    3.jualan apa aja yang penting bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup.

    4.jangan takut rugi atau jatuh bangun dalam berbisnis mencoba dan mencoba lagi sampai cocok dengan salah satu bisnis tersebut.

    5. Pernah tertipu tapi tetap terus bagkit walau sesusah apapun.

    BalasHapus
  4. @D49-alif

    1.jangan pantang menyerah jika sudah jatuh jangan menyerah begitu saja
    2.memulai usaha itu tidak ada batasan umur dari kapan kita mulai lebih cepat lebih baik untuk berbisnis
    3.jangan pernah putus asa untuk berbisnis
    4.Walaupun modal sedikit jangan meremehkan itu bisa jadi modal bisnis kita
    5.apa saja yg mau kita usahakan jangan pernah melihat kebelakang atau masa lalu kita yg pernah mungkin gagal dalam berbisnis tetap berusaha

    BalasHapus
  5. @D11-Fauzi

    1. Putri memiliki sifat yang ulet pantang menyerah, dan tidak malu terhadap bisnisnya.

    2. Dalam memulai suatu bisnis, kita harus pandai melihat peluang terhadap target pasar dan kebutuhan / minat masyarakat.

    3. Untuk memulai usaha, tidak juga berasal dari produk sendiri melainkan juga bisa menggunakan produk orang lain untuk dijual dan hasilnya dibagi dua.

    4. Guru yang terbaik dalam menjalani usaha ialah pengalaman, karena pengalaman merupakan proses keberhasilan yang tertunda dan mengharuskan kita untuk bangkit.

    5. Dalam melalui proses kehidupan Allah telah memberikan arah dan jalan untuk kita lalui, tetapi kita masih bisa memilih jalur mana yang akan dilalui untuk kesuksesan selama tidak melanggar syariat dan larangan Allah.

    BalasHapus
  6. D48-Mutiara

    1.umur tidak menjadikan patokan untuk membuka usaha.
    2.peka terhadap segala peluang dan mampu memanfaatkan peluang sebaik mungkin.
    3.jatuh berkalikali tidak menjadikan seseorang untuk berhenti berusaha.
    4.gaya dan cara dalam berbisnis juga harus diperhitungkan untuk menarik konsumen dan belajar lebih lanjut dr orang2 yang lebih dahulh berhasil.
    5. Setiap keuntungan yg didapat hrs pintar2 dikelola agar tidak gelap mata dan bisa untuk mengembangkan usaha lebih sukses.

    BalasHapus
  7. @D08-Hafidz
    Komentar
    1. Sangat menginspirasi untuk menjadi wirausaha diusia muda.
    2. Selalu mencoba usaha untuk menjadi wirausaha yang sukses.
    3. Membuka peluang usaha dari usaha kecil sampai usaha besar.
    4. Selalu belajar dari pengalaman agar bisa menjadi sukses.
    5. Berdoa dan juga berusaha untuk meyakinkan diri kita bahwa kita
    juga bisa mebuka usaha agar bisa menjadi wirausaha yang
    berhasil di masa yang akan datang.
    6. Dan mengajarkan kita untuk tidak merasa
    taku untuk gagal, berani dan memiliki
    mental yang kuat.

    BalasHapus
  8. @D16-Tiara
    Catatan:
    1). Menjadi pengusaha muda memang sulit, tetapi selalu ada jalan keluar bagi setiap orang yang memulai usaha nya dengan sungguh-sungguh.
    2). Berawal dari usahanya yang bangkrut. Putri, nicholas dan hamzah memulai usahanya dengan kegagalan, dan mencoba kembali sampai usahanya sukses sampai saat ini, dan usaha mereka terus berkembang.
    3). Usaha yang dijalankan putri yaitu dibidang minuman, putri mempunyai lahan pertanian kopi sebesar 4 hektar dan mengekspor nya ke luar negeri seperti korea dan china.
    4). Usaha milik nicholas kurniawan dibidang perikanan, nicholas mempunyai usaha ikan hias dan dia mengekspor nya hampir ke semua negara. Negara pertama yang dia ekspor yaitu malaysia.
    5). Dan yang terakhir usaha milik hamzah, hamzah memiliki usaha dibidang pendidikan dan kerajinan, untuk usaha bimbelnya hamzah memiliki pengajar sebanyak 58 orang, dan untuk usaha kerajinannya hamzah menjual kasur atau sofa.

    BalasHapus
  9. @d01-d24 purwanto
    1.Jualan apa aja yang penting bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup.
    2.Hal yang paling terpenting adalah kita harus bekerja keras dan tidak mudah menyerah
    3.Pernah tertipu tapi tetap terus bagkit walau sesusah apapun.
    4..memulai usaha itu tidak ada batasan umur dari kapan kita mulai lebih cepat lebih baik untuk berbisnis
    5.untuk meraih kesuksesan tentu membutuhkan usaha yang keras

    BalasHapus
  10. @D17-zuni

    Komentar :

    1.menurut saya peluang menjual kopi masih sangatlah banyak karna dengan menjual produk tersebut masih banyak warung atau pun restoran masih banyak yang memerlukan bahan kopi
    2.berwirausaha apapun itu tidak perlu lah gengsi asal halal dan walaupun masih kecil kecilan ya seperti video pertama yang awalnya masih menjual produknya dari warung ke warung lama lama merambah lebih banyak
    3.untuk mempunyai usaha yang besar tidak harus langsung diatas biasanya kita mengalami kesulitan dan resiko yang diluar dugaan kita tapi biasanya dengan kita mau memulai lagi akan ada jalan asalkan dengan doa
    4.pada tahun 2011 nicholas sang penjual ikan hias mengembangkan usahanya kembali karena usaha nicholas sempat mengalami bangkrut
    5 .hamzah mempunyai usaha bimbel dan usaha sofa,kasur lipat,bantal .hamzah mempunyai karyawan sekitar 58 .baginya berbisnis dari nol terasa sulit karena dia memikirkn bagaimana caranya untuk memutar uang yang dimilikinya .
    6.untuk sukses itu dimulai bisa diusia belia tidak harus menunggu tua dan dewasa dan memulai usaha itu tidak perlu modal besar karna dengan adanya tantangan dan kemauan akan ada jalannya sendiri

    BalasHapus
  11. @D09-Agung

    1.Banyak pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol dan mereka tidak takut untuk memulai.

    2.Tidak takut berbagi walopun keuangan sudah menipis karena rejeki tidak akan tertukar.

    3.Bila memulai usaha dan kedepannya gagal, jgn takut untuk memulai usaha baru sampai usaha yg di jalanin bisa berjalan dan menghasilkan.

    4.Jangan minder jika diremehkan orang lain, karena kita samasama tidak tau kedepannya usaha itu akan berjalan seperti apa.

    5.Berani bertanya kepada ahli di bidang usaha yg akan jalani, karena mereka sudah merasakan pahit, asam, asinnya kegagalan.

    BalasHapus
  12. @D10-Arum

    1. Dalam berwirausaha umur tidak menjadi masalah, tua ataupun muda asal ada kemauan dan tidak mudah menyerah untuk melakukannya.

    2. Ketika menjalankan sebuah usaha kita tidak perlu takut ataupun malu terhadap produk yang kita jual.

    3. Seorang wirausaha harus pandai melihat dan memanfaatkan peluang yang ada disekitar, sehingga dari peluang tersebut dapat dijadikan ide bisnisnya.

    4. Pengalaman seperti jatuh bangun, susah senang dapat menjadi guru yang terbaik dalam berwirausaha asalkan kita tidak langsung menyerah tetapi bagaimana caranya kita dapat bangkit dan menghadapinya.

    5. Keberhasilan dalam berwirausaha yaitu berani dalam mengambil tantangan dan memanfaatkan peluang, modal bukan menjadi kendala utama, asal ada kemauan disitu ada jalan.

    BalasHapus
  13. D44-Amalia

    Menurut saya, dalam video tersebut kita bisa melihat banyak pelajaran menjadi seorang pembisnis yang sukses.

    Dalam perbincangan sosok perempuan bernama putri, menurut saya ia adalah sosok calon pembisnis yang akan sukses di masa depan karena ia berani memulai bisnis kecil-kecilannya dengan menjual pisang goreng saat masih bersekolah.
    Pengusaha kopi ini awalnya bekerja di marketing suatu perusahaan di jawa timur, ia melihat peluang bahwa usaha kopi adalah sesuatu hal yang dapat menarik perhatian konsumen (masyarakat) kebanyakan, ia menggunakan sistem yang cukup baik untuk proses awal, ia akhirnya memutuskan untuk menjual kopi secara mandiri, ia memiliki beberapa macam kopi sebagai alternatif lain jika kopi yang sebagai peran utamanya tidak laku terjual, akhirnya ia memiliki brand kopi(luwak) tersendiri.
    Putri adalah sosok pembisnis yang pantang menyerah, walaupun ia sudah pernah berada di titik terbawah bisnisnya yaitu tertipu oleh reseller yang bekerjasama dengannya, ia memiliki kerugian hingga ratusan juta rupiah, hingga ia hanya mempunyai uang Rp.1.000, akhirnya ia bisa bangkit dengan meminjam uang ke perusahaan bumn dan berjalan hingga sekarang.
    Menurutnya, kita tidak bisa mengendalikan angin saat di kapal, tetapi kita masih bisa mengendalikan layar kapal, artinya: kita masih bisa berusaha untuk memperbaiki takdir kita walaupun keadaan bisa terlihat sangat tidak memungkinkan. Prinsip inilah yang dipegang teguh olehnya, untuk menyemangati dirinya sendiri untuk membanggakan orang tuanya.

    Dalam perbincangan nicholas, kelahiran 1993, bisnis ikan hias.
    Ia merupakan sosok inspiratif, pemuda ini mempunyai jiwa semangat atau gairah yang tinggi karena ia sangat menyukai apa yang ia lakukan, ia mempunyai kepekaan yang jeli dan melihat bisnis dari sisi kekinian dengan memasarkannya secara online. bisnisnya telah merambah bisnis internasional. ia merupakan siswa yang pandai saat sekolah, namun suatu ketika ia tidak naik kelas saat kelas 2 SMA dikarenakan mengurus bisnisnya yang bisa terbilang sedang krisis, namun ia tetap kekeuh untuk menyelesaikan studynya tanpa harus meninggalkan bisnisnya, ia merupakan sosok yang tidak kapok karena ia berpikir bahwa hal ini justru memacu rasa penasarannya dengan bisnis. ia berorientasi pada tujuannya untuk bisa membiayai kuliahnya nanti di Prasetya Mulya. ia adalah sosok pemuda yang tekun, ulet dan tidak cepat puas, walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa hal yang ia lakukan tidak akan pernah mungkin terlaksana, namun ia tetap percaya diri pada kemampuan dirinya. ia mempunya visi misi bahwa apa yang dilakukannya akan berhasil.

    Dalam perbincangan Hamzah, bisnis bimbel dan bisnis sofabed. ia mengikuti komunitas bisnis dan melakukan action, ia adalah sosok pemuda yang berani mengambil keputusan berbisnis bimbel franchise, ia pernah usaha kuliner namun gagal, iapun terus mencoba bisnis lain dengan mencoba bisnis sofabed dan akhirnya iapun berhasil dengan tekad yang sangat kuat. ia memiliki banyak akal berbisnis, ia mencoba segala hal, bahkan ia pernah menjual makanan saat jam pelajaran kelas, ia mengganggap ini adalah peluang, karena saat sebelum jam istirahat pasti banyak siswa yang kelaparan. ia adalah sosok pembisnis yang berani mengambil resiko, ia berani memiliki perhitungan dan perencanaan yang matang sebelum mengambil langkah, bisnis selalu mempunyai resiko dan harga yang harus dibayar, namun tidak ada keuntungan yang datang tanpa resiko. ia adalah sosok yang bekerja keras, ia berusaha terlampau keras, bahkan ia bisa menyakinkan orang tuanya untuk mensupport bisnisnya dengan meminta orang tuanya untuk meminjamkan uangnya untuk diolah dengan bisnisnya, dan akhirnya ia bisa membuktikan kepada orang tuanya bahwa hal itu dapat terwujud. ia juga memiliki pengethuan dasar-dasar bisnis dengan mau belajar dengan mengikuti seminar atau workshop ataupun pelatihan kewirausahaan. ia juga adalah sosok yang mau belajar dari pengalaman dirinya atau pengalaman orang lain, hal ini merupakan prinsip yang sangat baik, ia memiliki kemauan dan berani mengambil tantangan.

    Sekian...

    BalasHapus
  14. @D46-Adinda

    1. Dalam video diatas mengajarkan bahwa peluang bisnis dapat kita temui dimana saja dan kapan saja.

    2. Semua pebisnis memulai bisnis dari 0 dan mengalami kegagalan tidak hanya sekali saja seperti ketiga orang yang terdapat dalam video tersebut.

    3. Moto hidup sangat memengaruhi semangat dalam berbisnis seperti Niko yang mempunyai moto hidup "Anak kecil aja butuh waktu lama untuk bisa berjalan dan mengalami jatuh sampai berkali-kali" karena dengan moto hidup akan mengingatkan kembali cara untuk meraih sukses

    4. Dalam berbisnis ada baiknya jika menguasai teknik lobi dan negosiasi. Karena berbisnis tidak hanya menjual barang tapi kita perlu membangun kolega lebih agar bisnis tetap eksis di masyarakat

    5. Berbisnis tidak memerlukan modal yang banyak, mulailah berbisnis dari hal yang kecil dan jelilah dalam melihat peluang. Yakin bahwa bisnis dapat berhasil

    6. Manfaatkan lah media online dalam berbisnis. Karena di era globalisasi ini berbisnis menggunakan media online sangat menguntungkan

    BalasHapus
  15. @D42-elfira @Proyek-05
    1. Semua orang pasti memiliki bakat untuk berbisnis, baik bisnis dibidang produk, pendidikan maupun jasa. Dan menjalani bisnis tidak mengenal usia, jenis kelamin, ras dan lain sebagainya. Seperti yang dilakukan oleh beberapa anak muda yang telah menekuni bisnis diusianya yang terbilang masih muda. seperti bisnis ikan hias, berjualan kopi dan berbisnis dibidang pendidikan
    2. Sebuah prinsip yang telah menguatkan hati seorang anak "anak kecil tak mungkin langsung bisa berjalan, pasti mengalami jatuh" dari prinsip inilah anak-anak tersebut berhasil menjadi pembisnis, dimana sebelumnya mereka telah mengalami kegagalan. Namun karna niat yang begitu tinggi, anak-anak berbakat ini berhasil menjadi pembisnis. Ini merupakan sikap yang positif yang tumbuh pada anak dengan usianya yang masih muda. Tidak sedikit yang merendahkan mimpi mereka menjadi seorang pembisnis, banyak teman-teman sebaya mereka yang selalu menjatuhkan mimpi yang ingin mereka capai
    3. Kita sebagai mahasiswa jika memiliki tekad yang kuat, niat yang tulus pasti mampu menjadi seperti seperti mereka, bahkan lebih. Inilah yang patut dicontoh bagi seorang mahasiswa agar tak selalu 'mengerengek' kepada orang tua, dari niko kita bisa belajar bagaimana menjadi pribadi yang mandiri bagaimana menjadi pribadi yang tahan banting, yang tak takut akan kegagalan. Kegagalan sudah pasti ada, tapi bagaimana kita menghadapinyaa.
    4.Sebelum memulai bisnis, kita harus cari tau apa passion yang ada dalam diri kita untuk mengurangi resiko kegagalan, seperti yang dialami oleh niko penjual ikan hias dimana sebelumnyaa dia berjualan mainan, namun karna itu bukan passion dari niko beralihlah dia menjadi penjual ikan hias. Dan pilihlah usaha yang berbeda dari biasanya, karna jika kita ingin hasil yang biasa/rata-rata/cukup, ikutilah arus kehidupan tapi jika kita ingin hasil diatas rata-rata. Beranilah melawan arus kehidupan.
    5. Jangan cepat merasa puas. Ini juga harus dipelajari oleh kita sebagai mahasiswa yang ingin menjadi pembisnis yang sukses. Para pembisnis muda ini, tak pernah merasa puas, setiap keberhasilan yang diraih tidak mengehentikan mimpinya untuk menjadi pengusaha yang sukses. Terus menggali, terus mencari dimana peluang-peluang emas agar dapat diraih. Dari pembisnis muda ini kita bisa mengambil intisari bahwa kesuksesan dapat diraih oleh siapapun tanpa melihat latar belakang

    BalasHapus
  16. @D41-Ervina

    @D41-Ervina

    1. Bisnis bisa diawali dari pengalaman. Terkadang seseorang bisa mengawali bisnisnya berdasarkan pengalaman pribadi, entah hanya menjadi konsumen lalu menjadi produsen maupun di tipu oleh kolega , yang membuat kita menjadi lebih selektif dalam memilih partner.
    2. Tekad yg kuat adalah salah satu kunci sukses dari keberhasilan sebuah usaha. Seseorang yang memiliki tekad yang kuat untuk berwirausaha akan selalu menyikapi kegagalan dengan tenang, dan tidak mudah menyerah.
    3. Seseorang yang memiliki jiwa wirausaha akan selalu melihat peluang dimanapun ia berada.
    4. Kegagalan akan menguji kita sampai kepada titik kesuksesan. Jangan hanya terpaku pada sebuah kegagalan, terus mencoba sampai mendapatkan hasil yang terbaik.
    5. Berani mengambil resiko , berani merugi di awal untuk mendapatkan keuntungan dikemudian hari. Berani berbeda untuk menentang arus keadaan.

    BalasHapus
  17. @D43_Dian, @Proyek_05

    Menurut saya dari cerita inspirasi putri tersebut, bahwa berbisnis bisa dimulai dari mana saja salah satunya bisa dari hal kecil dan juga tidak perlu dahulu mempunyai brand bisa dengan cara awal menjual barang orang lain, dari situ kita bisa belajar dan ngambil celah untuk membuat brand baru untuk perusahaan kita sendiri, dengan bekerja keras dan bekerja sungguh sungguh apapun yang kita inginkan pasti akan tercapai,dalam berbisnis banyak sekali hal hal yang mebuat kita down salah satunya cerita dari putri pernah tertipu oleh benerapa orang bahkan sampai ratusan juta tetapi putri tetap tidak putus asa dan tetap bangkit untuk bisa kembali kemasa masa jaya karna keyakinan dan sungguh sungguhlah yang bisa meyelamatkan diri sendiri, putri punya satu kata-kata inspirasi yaitu kita tidak bisa mengarahkan angin tapi kita bisa mengarahkan layar , kita itu masih bisa melaluinya untuk lebih bisa.

    Nicolas 20th usaha ikan hias :

    Menurut saya dari kisah nicolas dengan usaha ikan hias sangat menginspirasi :
    1. Kita bisa memanfaatkan media sosial yang ada untuk memasarkan usaha kita sendiri bisa dibilang media masa sangat berpengaruh dengan penjualan yang kita lakukan.
    2. Usaha bisa dimulai dari kecil seperti nicolas yaiti dari kelas 1sd dengan berjualan mainan dengan mengambil mainan ditoko mainan dikarenakan dahulu nicolas tdk bisa membeli mainan dari situ nicolas menogsiasi sengan penjual mainan yg akhirnya nicolas menjual dahulu baru bisa membeli mainan.
    3. Dalam usaha harus terus berjuang walaupun sulit
    4. Jangan pernah takut untuk maju, jadikan omongan orang menjadi dorongan untuk lebih maju
    5. Apapun yang kita inginkan dengan niat tulus pasti akan ada jalan untuk sukses.

    Hamzah Izul, 19th usaha pendidikan (bimbel) dan sofa dll..

    1. Kita harus pandai dala marketing demi bersaing dengan pengusaha lain, dengan membuat inofasi2 baru agar bisa trs bisa berjalan lancar, kita bisa memulai usaha dari kecil karena peluang bisnis bisa datang kapan saja dan dimana saja.

    2. Jika kita ingin berhasil dalam usaha kita harus menabrak arus jangan takut untuk gagal karna kegahalanlah awal untuk sukses. Kegagalan jangan membuat kita putus asa bahkan tetap menjadi dorongan.


    3. Memulai usaha tidak harus mempunyai modal besar dengan niat yang matang akam mendatangkan sukses untuk masa depan.

    BalasHapus
  18. @D21-Putri

    Putri pengusaha kopi
    1. Saya salut dengan pengusaha kopi putri karena berawal dari kegagalan menuju keberhasilan iya terkena tipu tetapi tetap berusaha semaksimal mungkin untuk usahanya
    2. Saya salut dengan putri meskipun dengan duit sedikit berbagi dengan pengemis
    3. Saya salut dengan putri meski orang tua sudah meninggal ia tidak pernah putus asa dengan usaha kopi yang dijalankan

    Niko pengusaha ikan
    1.) saya salut dengan niko waktu masih kecil dia berjualan apa saja untuk kehidupannya
    2.) dengan memasarkannya ikan secara online menurut saya hal yang menarik karena dengan begitu usaha niko berkembang
    3.) saya salut dengan niko kegagalan banyak sekali dialami tetapi niko tidak pernah kapok dengan usahanya dan selalu berusaha
    4.) saya salut dengan niko juga ia bayar kuliah dengan uang yang dihasilkan dari usahanya
    5.) saya salut dengan niko banyak orang yang meremehkan usahanya tetapi niko tidak pernah mendengarkannya dan tidak peduli dengan omongan orang lain dan membuat usahanya semakin berkembang.

    Hamzah pengusaha bimbel .
    1.) hamzah memulai usahanya sejak sd saya salut dengan hamzah
    2.) saya salut dengan hamzah dengan sukses diusia muda dan sudah mempunyai 58 karyawan
    3.) hamzah sempat jatuh bangun dengan usahanya restoran dan berkembang saat usaha berjualan kasur lipat .
    4.) saya salut dengan hamzah berjualan apa saja untuk membangun usahanya
    5.) hamzah berjualan apa saja untuk bisnis yang dijalankan meski banyak kegagalan
    6.) Hamzah keberhasilan keberhasilan dengan usahanya yaitu bimbel, usaha kasur dan bantal
    7.) hamzah ingin berkembang lagi dan hebat lagi dengan bermain arus usahanya

    BalasHapus
  19. @D18-Devi
    Komentar :

    1. Jika gagal coba lagi, gagal lagi coba lagi sampai berhasil seperti nicholas dan hamzah

    2. Keberhasilan muncul setelah kegagalan

    3. Pandai mencari peluang

    4. Hamzah membuktikan kepada orang tuanya kalau dia bisa dan tidak akan terus terusan membuat orang tuanya kecewa

    5. Rejeki bisa datang darimana saja dan kapan saja

    BalasHapus
  20. @D20_garnis
    1.bisnis apapun yg ingin kita mulai jika kita mau dan berusaha insya allah berhasil
    2. ikan saja mampu berjuang hidup apapun kendalahnya knp kalian tidak bisa bangkit kembali dalam usaha
    3. kegagalan membuat nyerah tapi tidak buat NIKO usaha muda yg gagal 3x tetep bangkit dan bangkit dan tidak menyerah
    4. keberanian HAMZAH mengambil keputusan walapun tidak tahu usahanya lancar atau tudak , good buat HAMZAH
    5. dari tontonan ini membuat kita terbuka bahwa bisnis tidak harus takut tapi dicoba dan mencoba

    BalasHapus
  21. @D25-Rifqi

    1. Niat dan rajin membantu proses bisnis jadi lebih lancar dan semangat.

    2. Pengalaman di dalam bidang bisnis yang dikerjakan.

    3. Bergerak fleksibel dalam usaha bisnis agar bisa melebarkan jaringan bisnis.

    4. Kreatif! Paling penting dalam berbisnis

    5. Mengetahui pasarnya, agar bisa tahu target pasar yang ingin dituju. Apakah mengikuti pasar atau pasar bisa diciptakan.

    BalasHapus
  22. 1. Selalu memanfaatkan peluang bisnis yang ada dimanapun dan kapanpun
    2. Memulai bisnis itu tidak diukur dari umur. Kita bisa memulai bisnis dari kita kecil agar ketika sudah besar nanti kita sudah mempunyai pengalaman dlm membuka usaha sendiri
    3. Pernah merasakan tertipu dan rugi tetapi itu menjadikan motivasi untuk bangkit dan berhati2 dalam segala hal
    4. Ketiga pengusaha diatas pernah mengalami kebangkrutan Putri, nicholas dan hamzah memulai usahanya dengan kegagalan lalu mencoba kembali sampai usahanya sukses sampai saat ini dan berkembang baik
    5. Intinya kita harus bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan dan capai.

    BalasHapus
  23. D45-Destria

    wirausahaan muda : Putri (usaha kopi), Nicholas (usaha ikan hias), Hamza Izul (usaha pendidikan dan kerajinan)

    1. Sukses di usia muda bukan lah hal yang mustahil, tetapi jika fokus dengan apa yang di tekuni maka rasa mustahil itu akan hilang.
    2. Memulai usaha bukan hanya dari modal yang besar namun usaha yang sesungguhnya berasal dari besarnya rasa kemuan dan keinginan serta dengan konsisten.
    3. Usaha pasti memiliki kegagalan maka dari itu jauhkan rasa putus asa dan gampang menyerah terhadap diri kita, berusaha optimis dan yakin terhadap tujuan.
    4. Banyak peluang yang di ambil dari setiap usaha namun bagaimana kita melihat peluang tersebut dan memanfaatkan nya agar menjadi besar.
    5. Bergabung dengan komunitas usaha dan sharing terhadap pengalaman dan usaha merupakan salah satu kunci cepat untuk mendapatkan kesuksesan
    6. Dan berinovasi merupakan salah satu hal yang harus di tingkatkan pada usaha kita agar terus maju dan berkembang.

    BalasHapus
  24. @D23-izoel
    1. Berbisnis kopi dengan modal sedikit sangat menjanjikan.

    2. Kopi yang disajikan atau dijual sangat menarik dan dapat bersaing dengan kopi kopi yang lainnya

    3. Berjuang dalam berbisnis dan belajar dari kegagalan adalah kunci dari sebuah kesuksesan dalam berbisnis.

    4. Ide kreatif dalam berbisnis pendidikan dan berbisnis kreatif menjafi satu.

    5. Banyak anak muda yang berbisnis berhenti di tengah jalan cuma karna modal.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. @d22-Pribadi

    1. Kisah yang sangat inspiratif buat kita para pemula dalam berwirausaha untuk memulai berwirausaha

    2. Di usia yang terbilang muda sudah dapat me-manage perusahaan kopi yang cukup sukses

    3. Sifat gigih dan pantang menyerah dari sodari Putri patut di acungi jempol dan patut untuk di tiru agar dapat meraih kesuksesan seperti itu

    4. Sebagai generasi muda harus kreatif dalam melihat peluang bisnis yang dapat berkembang di masyarakat dan berguna untuk semua

    5. Selalu berinovasi dalam berwirausaha agar usaha dapat terus berkembang dengan baik

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. @D01,evans

    menurut saya video tersebut :

    1. sangat memberikan inspirasi bagi kaum pemuda,karena dijaman era globalisasi ini kebanyakan kaum pemuda tidak sangat berani untuk memulai usaha,karena pemikiran orang yg berusaha terkadang belum berani karena belum memiliki modal untuk memulai usaha tersebut
    2.harus berani memulai untuk usaha tanpa memikirkan hambatan kedepannya,karena kita harus berani ambil resiko dalam memulai usaha,tidak hanya memikirkan kendala,hambatan,resiko dll.jika kita terlalu memikirkan hal tersebut maka kita selalu takut untuk memulai usaha tersebut
    3.memiliki ide-ide kreatif dan mempunyai inovasi dalam menciptakan dan melihat peluang,sehingga usaha yg kita jalankan selalu berkembang
    4.sebagai seorang pengusaha kita harus memiliki sifat gigih dan ulet dalam menjalani bisnis yg kita jalankan,sama seperti mba putri tersebut dalam memanajemen bisnis kopi tersebut.
    5.belajar dari kegagalan,karena kegagalan itu adalah sebuah langkah untuk menuju kesuksesan

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. @D50-wildani

    A. Mengenal bisnis ta harus di patokan dengan usia
    B. Ketika merintis bisnis dan kemudian jatuh lalu kemudian bangkit itu yg di katakan jiwa orang berbisnis
    C. Memiliki ide yg cermelang dengan mengkreatifkan sebuah bisnis yg jadikan sebuah peluangang dalam merintus bisnis
    D. Mempunyai inovasi yg tiada abis nya untuk mempublikasikan bisnis tersebut
    E. Dan dari video tersebut saya kagum karena walaupun mereka memiliki uang yg sedikit tapi mereka tetap saling berbagi

    BalasHapus