Sabtu, Juli 29

Bisnis Sukses Gaya China

 Bisnis Sukses Gaya China


@E04-Hazazi, Proyek C01

 Dalam budaya china, seseorang bisa dikatakan dewasa apabila ia mampu berwirausaha sendiri dan tidak lagi bekerja untuk orang lain. Meskipun usaha kecil, mereka lebih menganggapnya lebih baik daripada kerja kepada orang lain.
China memiliki sejarah dalam budaya berdagang, mengingat sejak zaman kekaisaran china, perekonomiannya digerakan oleh perdagangan.

Dalam hal perdagangan, orang cina menggunakan hubungan saling menguntungkan (mutualisme). Mereka cenderung menghindari untuk membangun usaha yang sama dan memilih mendirikan usaha yang melengkapi (komplementer). Contohnya saat ada usaha penjualan  komputer, Orang cina akan memilih membuka usaha perbaikan dan sparepart komputer.

Orang cina percaya hanya dengan berdagang mereka dapat hidup makmur. Mereka juga sangat menghindari berdagang produk musiman karena akan menimbulkan kendala kesetabilan modal. Selain itu, mereka juga berupaya untuk menumbuhkan rasa percaya pada pelanggan dengan memberikan pelayanan yang baik. Contoh simpelnya adalah mereka menyediakan uang receh untuk kembalian agar transaksi menjadi lebih cepat dan efisien.
Orang cina telah diajarkan berdagang sejak dini, sehingga mereka terbiasa akan tata cara berdagang yang benar. Keuntungan yang mereka dapat juga tidak digunakan untuk kepentingan lain kecuali sebagai modal tambahan dan investasi.
Ada 5 prinsip dasar yang banyak dipegang orang cina. Yakni agresif, jangan melepaskan peluang, berani mengambil resiko, tahan banting, dan jangan menyerah pada nasib.

Demikian sedikit deskripsi tentang cara dagang orang cina yang telah terbukti sukses sejak zaman dahulu.
Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih banyak dan Jangan lupa berbagi.


sumber: http://www.kerjausaha.com/2015/01/prinsip-dan-rahasia-sukses-pedagang-cina.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar